Blog

Dapatkan update terbaru terkait industri fintech, produk Xendit dan dapatkan tips untuk mengembangkan produk Anda.

7 Cara Meningkatkan Arus Kas Bisnis Anda

diaz
Oktober 19, 2022
 •  5 min read

7 Cara Meningkatkan Arus Kas Bisnis Anda

Meningkatkan arus kas sangat penting dalam keberlangsungan bisnis, terutama karena ancaman resesi ekonomi yang terus berlanjut.

Meningkatnya dampak Covid-19 dan inflasi yang berkelanjutan membuat banyak konsumen dan sektor bisnis berhati-hati terhadap apa yang mereka belanjakan. Sebuah laporan dari Nasdaq mengungkapkan bahwa sebagian besar mata uang Asia melemah di tengah kekhawatiran adanya resesi.

Dalam iklim ketidakpastian ini, sangatlah penting untuk mempertahankan arus kas tetap positif supaya Anda tetap dapat melakukan kewajiban berbisnis dan menempatkan bisnis pada posisi yang lebih kuat untuk mengatasi tantangan di masa depan.

Langkah-langkah dalam Meningkatkan Arus Kas

Langkah-langkah dalam Meningkatkan Arus Kas

Pada tingkat yang paling dasar, meningkatkan arus kas adalah menghasilkan lebih banyak uang daripada yang Anda belanjakan. Untuk melakukannya dengan sukses, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana Anda bisa  mengelola piutang dan pengeluaran. Berikut, beberapa Langkah untuk meningkatkan arus kas yang bisa Anda lakukan:

1. Membuat perencanaan

Langkah terpenting untuk peningkatan arus kas adalah dengan melakukan perencanaan bisnis dengan akurat. Mulailah dengan menganalisis tagihan, piutang, dan pembayaran Anda sebelumnya. Lalu buat perkiraan berdasarkan data historis tersebut.

Supaya berhasil, pastikan Anda memiliki catatan keuangan Perusahaan yang up-to-date. Buat catatan pembayaran tentang pengeluaran rutin, pembayaran klien, dan pengeluaran lainnya sehingga Anda bisa membandingkannya dengan pengeluaran mendatang lainnya. Buatlah prioritas dan rencana keuangan Anda secara tertulis untuk membantu anda membuat keputusan di masa mendatang.

Misalnya, prioritas bisnis yang paling umum adalah meningkatkan penjualan. Untuk mencapainya, mungkin Anda bisa  mengalokasikan pendanaan Anda untuk tim penjualan, pemasaran, dan produk.

2. Meninjau Arus Kas Secara Teratur

Untuk bersiap menghadapi keadaan yang tak terduga dan ketidakpastian ekonomi, Anda harus meninjau data, estimasi, dan arus kas setidaknya sebulan sekali untuk mendapatkan gambaran tentang kesehatan keuangan bisnis Anda. Cepat mengambil pendekatan yang proaktif memungkinkan Anda untuk bisa mengatasi pengeluaran dan tagihan berlebih. Sehingga, Anda dapat bertahan dari periode bisnis yang kurang baik maupun periode bisnis musiman yang merugikan secara finansial.

3. Lancarkan Proses Pembayaran 

Salah satu langkah penting untuk meningkatkan arus kas adalah meningkatkan piutang Anda dan selesaikan pembayaran invoice tepat waktu. Keterlambatan pembayaran bisa menempatkan bisnis Anda ke arus kas negatif. Karena itulah, tujuan utama dari ini adalah dengan mempercepat waktu pembayaran.

Salah satu cara untuk mendapatkan pembayaran tepat waktu dari pelanggan adalah dengan menawarkan diskon bagi mereka yang membayar lebih awal. Anda mungkin juga ingin menawarkan opsi pembayaran yang fleksibel untuk membuat pembayaran tagihan lebih nyaman.

Namun, pelanggan yang melakukan pembayaran dengan cepat tidaklah cukup. Untuk beberapa metode pembayaran (misalnya e-wallet, pembayaran melalui gerai ritel, kartu kredit, dll.), diperlukan waktu beberapa hari untuk dana masuk ke akun Anda. Sungguh disayangkan karena dana yang masuk seharusnya bisa digunakan untuk keberlangsungan arus kas bisnis Anda.

Anda seharusnya memiliki solusi untuk permasalahan ini. Salah satu contohnya adalah dengan menggunakan fasilitas Early Settlement yang bisa mengurangi waktu pemrosesan dan memungkinkan perusahaan menerima dana secara instan, bisa segera ditarik, dan dengan biaya ringan yang telah disepakati. Xendit bekerjasama dengan partner berlisensi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk memfasilitasi sistem ini. Silakan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Tingkatkan arus kas dengan early settlement xendit

4. Kelola Hutang Usaha 

Mengelola pembayaran hutang sangatlah penting untuk dilakukan diantara pembayaran lain supaya tagihan bisa cepat berkurang. Caranya adalah dengan memfasilitasi tim keuangan Anda untuk menggunakan software khusus dalam mengelola dan memprioritaskan pengeluaran yang paling penting. 

Anda juga bisa mempertimbangkan untuk melakukan negosiasi dengan vendor dan partner bisnis untuk memperpanjang tenggat waktu piutang, sehingga Anda memiliki waktu tambahan untuk mendapatkan profit dari bisnis Anda. 

5. Gunakan fasilitas Invoice Financing

Invoice Financing bisa membantu Anda untuk tetap menjalankan bisnis. Ada banyak alasan kenapa Anda membutuhkan hal ini, dimana pendanaan bisnis diperlukan baik itu untuk meluncurkan produk baru, merekrut karyawan profesional, membeli peralatan, membuat project baru, dan lain sebagainya.

Jika Anda memiliki tujuan untuk mengekspansi bisnis anda dengan agresif, Invoice Financing mungkin bisa menjadi solusinya. Biasanya, Invoice Financing sangat membantu di model perusahaan bisnis B2B yang memiliki masa tunggu pembayaran yang cenderung lama, biasanya hingga 90 hari.

Melalui Invoice Financing Anda bisa menggunakan invoice yang Anda berikan kepada pelanggan, untuk diteruskan kepada lembaga pembiayaan pihak ketiga. Merekalah yang nanti akan menghitung persentase dana talangan yang akan Anda dapatkan sebagai pengganti pembayaran yang tertunda oleh pelanggan. Hal ini tentu lebih efektif mempercepat pendanaan bisnis sambil menunggu pembayaran dari pelanggan Anda.

Cara kerja invoice financing

Ada banyak pilihan pembiayaan Invoice Financing di luar sana, tetapi tidak semuanya sama. Beberapa ada yang memiliki suku bunga tinggi, sementara yang lain mungkin tidak sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda saat ini atau malah dapat menimbulkan risiko bagi bisnis Anda.

Inilah sebabnya mengapa penting untuk memilih opsi pembiayaan yang bereputasi baik dan memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Xendit, bekerjasama dengan mitra yang berlisensi dan diawasi ketat oleh OJK, menyediakan opsi Invoice Financing, dengan fasilitas yang cepat dan fleksibel dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Silakan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

6. Pangkas Pengeluaran yang Tidak Perlu

Pemangkasan sangat diperlukan untuk mengurangi pengeluaran yang tidak dibutuhkan. Walaupun penambahan tersebut berjumlah kecil, namun hal ini dapat bertambah seiring berjalannya waktu dan menyebabkan masalah arus kas yang serius. Periksa proses yang ada dan identifikasikan area di mana kebutuhan yang tidak perlu menjadi masalah. Beberapa contoh diantaranya: inventaris yang tidak terjual, peralatan yang tidak perlu, pengeluaran karyawan, kantor yang terlalu luas, layanan pihak ketiga, atau pemasok yang tidak lagi diperlukan.

Mungkin akan sulit untuk meluangkan waktu dan sumber daya untuk melacak pengeluaran di bisnis kelas menengah. Jadi, berinvestasilah dalam software akuntansi untuk memangkas biaya operasi dan menyederhanakan layanan pembayaran.

7. Kurangi Tingkat Penipuan

Penipuan dapat terjadi dalam berbagai bentuk, termasuk akses tidak terotorisasi ke akun perusahaan, hingga kebocoran dan pelanggaran data. Penipuan adalah masalah yang berkembang di banyak bisnis, dan sangat penting untuk bisa mengendalikannya. Terlebih, kini penipuan juga semakin canggih. Jika tidak dilindungi, data perusahaan akan dengan mudah dilacak dan dipantau oleh pihak lain.

Sebuah survei di tahun 2022 oleh PriceWaterhouseCoopers (PWC) melaporkan bahwa 46% perusahaan mengalami penipuan, korupsi, dan kejahatan ekonomi. Lebih lanjut, penelitian juga  menunjukkan bahwa ancaman eksternal terus meningkat. Hal ini menunjukan bahwa masalah penipuan kian meluas, dan penipuan bisa terus terjadi jika tidak memiliki langkah-langkah untuk mencegahnya.

Inilah sebabnya mengapa penting untuk membatasi jumlah karyawan yang dapat mengakses akun perusahaan dan memiliki sistem untuk melacak transaksi. Mungkin Anda bisa mulai memperkenalkan sistem checks and balances ke dalam perusahaan sehingga semua pengeluaran dan pembayaran harus melalui manajer senior atau akuntan yang berkepentingan. Selain itu, lindungi juga infrastruktur TI Anda untuk mencegah peretasan atau mengantisipasi akun eksternal yang bisa mengakses akun Anda.

Xendit memiliki sistem pendeteksian penipuan (fraud detection system) yang khusus untuk bisa memantau transaksi, memverifikasi identitas pengguna, dan memblokir pembayaran berisiko. Metode kami menggunakan mesin pembelajaran dan merupakan solusi  dalam memahami proses bisnis Anda dan menjaga keamanannya.

Kesimpulan

Kunci keberhasilan manajemen arus kas adalah dengan melakukan perencanaan bisnis dan memantau huutang-piutang perusahaan Anda. Tapi proses keuangan seperti tracking pajak, pembayaran, invoice, dan proses informasi finansial lainnya bisa saja sangat merepotkan, memerlukan biaya yang tidak sedikit, hingga membutuhkan tenaga tambahan dari pegawai Anda. Mungkin Anda butuh berinvestasi di sebuah software yang secara otomatis bisa melakukan kegiatan ini dengan akurat serta mendapatkan data yang jelas tentang kesehatan finansial bisnis Anda.

Selain itu, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk mempercepat aliran dana dari piutang Anda melalui Invoice Financing. Jika Anda ingin mempelajari tentang pembiayaan tagihan atau Invoice Financing melalui mitra berlisensi OJK kami, Anda bisa langsung hubungi kami untuk informasi lebih lanjut!

Artikel terkait

Learn more about Indonesia’s digital economy

  • Indonesia has one of the fastest expanding digital economies in the SEA region with an annual growth rate of 40%
  • The country’s Internet economy is expected to reach $130 billion by 2025
  • By 2023, e-Wallet transaction value is estimated to reach $25 billion

Learn more about Philippines digital economy

  • During the pandemic, 52% of Filipinos shopped online for the first time. The Philippines internet economy is expected to grow at 30% and valued at US$28 billion by 2025.
  • Many consumers have since gone cashless and increased usage of digital payment methods — debit cards, mobile wallets, and bank transfers.
You’re currently on our [current] site. Would you like to visit our [suggest] site instead?