Buat akun gratis dalam 5 menit! Daftar sekarang

Blog

Dapatkan update terbaru terkait industri fintech, produk Xendit dan dapatkan tips untuk mengembangkan produk Anda.

Alfaexpress: Sejarah dan Perbedaan dengan Alfamart

Xendit
Terakhir diperbarui: Juni 7, 2021
 •  3 min read

Indonesia adalah surga gerai ritel. Jika Anda tidak percaya, cek saja setiap daerah pasti memiliki minimal satu gerai ritel. Nah, gerai ritel pun berbagai macam mereknya. Ada yang identik dengan warna biru, merah, dan kuning. Untuk yang kuning, gerai ritel ini baru saja bersalin rupa enam tahun yang lalu. Gerai ritel yang dimaksud adalah Alfaexpress.

Alfaexpress merupakan salah satu gerai ritel yang cukup besar di Indonesia. Produk yang dijual pun berbagai macam. Di antaranya adalah produk makanan, minuman, dan kebutuhan pokok lainnya. Setidaknya ada lebih dari 200 produk yang dijual di Alfaexpress. Slogan yang dihadirkan dari gerai tersebut hampir mirip dengan saudaranya, Alfamart dan Alfamidi yaitu harga terjangkau. 

Artikel ini membahas tentang sejarah dan perjalanan Alfaexpress. Selain itu, Anda akan mengetahui apa persamaan dan perbedaan antara Alfamart dengan Alfaexpress. 

Sejarah

Alfaexpress merupakan kepanjangan tangan dari PT. Sumber Alfa Trijaya. Perusahaan yang juga menaungi keberadaan Alfamart dan Alfamidi. Pada 2009, Alfaexpress resmi berdiri di Indonesia. Saat itu, konsep yang diusungnya adalah tempat menyediakan makanan dan minuman siap saji. 

Alfaexpress memiliki pasang surut dalam perkembangannya. Pada 2011 gerainya dapat mencapai 176 buah. Angka yang cukup baik untuk ukuran gerai ritel. Apalagi gerai tersebut baru berdiri selama dua tahun. Akan tetapi, badai sempat menghantamnya. Sebab, setahun kemudian, ada sebanyak 60 gerai tutup. Alhasil, gerai yang mampu bertahan hanya 116 buah. 

Alfaexpress baru benar-benar “menghilang” dari peredaran pada 2015. Hal ini disebabkan tumpang tindih konsep dengan Lawson. Meskipun demikian, masih ada beberapa gerai yang dibiarkan bertahan. Itu pun hanya berada di kota-kota besar. 

Perjalanan

Alfaexpress kembali bangkit pada 2020. Dengan konsep yang lebih segar dan warna yang cerah, Alfaexpress kembali meramaikan gerai ritel di Indonesia. Saat ini, warna yang ditonjolkan adalah kuning dan hitam. Adapun produk-produk yang disajikan memiliki kualitas premium. 

Selain itu, produk-produk yang dihadirkan pun lebih ke food to go. Istilahnya sesuatu yang lebih cepat dan praktis. Konsep ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan yang dulu. Namun demikian, perbedaan yang cukup kentara adalah tidak ada lagi kepentingan tumpang tindih dengan Lawson. 

Persamaan dan Perbedaan antara Alfaexpress dengan Alfamart

Apa saja, sih, persamaan dan perbedaan antara Alfaexpress dengan Alfamart? Berikut rinciannya.

Persamaan

Baik dari Alfamart maupun Alfaexpress sama-sama berada di naungan PT. Sumber Alfa Trijaya. Oleh karena dalam satu perusahaan pun, terlihat pula dari nama gerainya. Mereka sama-sama menggunakan Alfa. Sebenarnya, mereka pun sama-sama mengedepankan warna merah dan putih. Akan tetapi, sejak rebranding, gerai tersebut menampilkan corak yang berbeda. 

Perbedaan

Sejak 2020, ada nuansa yang berbeda coba dihadirkan oleh Alfaexpress. Warna kuning dan hitam lebih dimunculkan. Selain itu, produk-produk yang disajikan pun lebih ke konsep convenience store. Sehingga, di setiap gerai ada kategori yang berbeda yaitu premium, advice, dan medium. Oleh karena itu, ada produk-produk yang belum tentu ditemukan di Alfamart.

Ada aneka kue dan roti macam Krispy Kreme. Selain itu, produk-produk yang disajikan pun lebih ke makanan atau minuman siap saji. Saat ini, Alfaexpress baru memiliki 30 gerai ritel. Namun demikian, 12 gerai ritel di antaranya akan berubah menjadi premium store

Tentu saja ini menarik bagi kalangan konsumen yang memang membutuhkan produk premium. Alfaexpress bisa menjadi alternatif daripada konsumen harus pergi ke pusat perbelanjaan modern. 

Itulah tadi tentang sejarah, persamaan dan perbedaan, serta jumlah gerai ritel Alfaexpress. Oleh karena satu manajemen, Anda bisa mengaktifkan pembayaran Alfamart dengan Xendit. Sebab, pelanggan juga bisa menggunakannya di Alfamidi.

Menerima pembayaran sesuai preferensi pelanggan dapat meningkatkan penjualan bisnis Anda. Dengan Xendit, Anda dapat menerima pembayaran melalui e-wallet, virtual account (transfer bank), kartu kredit/debit, gerai retail, dan cicilan tanpa kartu kredit/debit.

Daftar sekarang tanpa dikenakan biaya pengaturan dan perawatan, hanya bayar sesuai penggunaan. Cari tahu selengkapnya mengenai Payment Gateway Terbaik di website kami atau segera daftar dan coba demo gratis Xendit sekarang!

Artikel terkait

You’re currently on our [current] site. Would you like to visit our [suggest] site instead?