Buat akun gratis dalam 5 menit! Daftar sekarang

Blog

Dapatkan update terbaru terkait industri fintech, produk Xendit dan dapatkan tips untuk mengembangkan produk Anda.

Bank Sampoerna: Pengertian, Latar Belakang, dan Hubungan

Xendit
Terakhir diperbarui: Juni 7, 2021
 •  3 min read

Geliat dunia bisnis dari hari ke hari semakin menarik. Persaingan untuk menarik konsumen pun semakin sengit. Bahkan, untuk menjadikan mereka sebagai konsumen loyal pun butuh usaha yang lebih dari cukup. Itu tak hanya berlaku di bisnis seperti toko online yang memproduksi kebutuhan rumah tangga melainkan juga layanan bank yang menghadirkan simpan pinjam dana. Salah satunya Bank Sampoerna.

Di Indonesia, ada banyak daftar bank yang ikut meramaikan persaingan bisnis. Mereka berlomba-lomba menggaet konsumen dengan berbagai cara. Misalnya, menawarkan promo menarik, suku bunga yang rendah, hingga registrasi sebagai konsumen baru. Ada BCA, BRI, Bank Mandiri, BNI, dan juga Bank Sampoerna. 

Untuk yang terakhir, di bawah ini adalah artikel mengenai latar belakang, simbol identitas, dan produk-produk dari Bank Sampoerna. 

Latar Belakang

Bank Sampoerna berdiri pada 27 September 1990. Akan tetapi, meskipun telah resmi berdiri, bank ini baru beroperasi pada 9 September 1991. Yang perlu diketahui adalah nama mulanya adalah PT Dipo Internasional Bank. Pada 1998, perubahan nama terjadi yaitu PT Bank Dipo Internasional. Lalu, perkembangan lebih menarik terjadi pada 2008.

Pada tahun tersebut, ada pembelian dari Grup Sampoerna Strategic sehingga mengakibatkan berpindahnya kepemilikan. Namun, baru pada 2011 telah berganti nama menjadi PT Bank Sahabat Sampoerna. Juga, berganti pula logo bank yang cukup ikonik. Perubahan tersebut resmi terjadi pada 22 Februari 2012. 

Saat ini, Bank Sampoerna berkantor di gedung Sampoerna Strategic Square, lantai Mezzanine Menara Utara, Jl. Jend. Sudirman Kav. 45 Jakarta, 12930. Bank ini juga memiliki beberapa cabang di antaranya di Tangerang, Medan, Pekanbaru, Surabaya, Samarinda, Bandung, Palopo, Jayapura, dan Sorong. Selain itu, terdapat pula kantor cabang pembantu di Kelapa Gading, Pluit, dan Fatmawati serta di Palembang yaitu Tugumulyo. 

Simbol Identitas

Simbol identitas dari Bank Sampoerna tercermin pada logo tiga tangan. Ada representasi dari wujud simbol yang memunculkan keharmonisan. Dari Bank Sampoerna, nasabah yang dananya tersimpan di sana, dan nasabah yang menerima distribusi kredit. 

Bank Sampoerna termasuk ke dalam bank yang memiliki rekam jejak yang baik dari tahun ke tahun. Dari total aset, misalnya. Jika pada 2018 hanya Rp9,8 miliar, pada 2019 naik menjadi Rp11,5 miliar. Kemudian, dari simpanan nasabah. Jika pada 2018 hanya Rp7,8 miliar, pada 2019 naik menjadi Rp9,6 miliar. Lalu, pendapatan bunga bersih juga mengalami kenaikan. Pada 2018 hanya Rp629 miliar, sedangkan pada 2019 naik mencapai Rp664 miliar. 

Dari angka-angka tersebut menunjukkan bahwa ada progres yang baik dari Bank Sampoerna. Aset semakin banyak, simpanan nasabah semakin baik pula. Untuk simpanan nasabah, artinya semakin banyak nasabah yang percaya dengan Bank Sampoerna. Begitu pula dengan pendapatan bersih. Artinya, semakin banyak pula nasabah percaya apa yang dilakukan oleh bank yang baru berganti nama pada 2012.

Produk

Ada tiga jenis produk yang disediakan Bank Sampoerna yaitu pinjaman UMKM, konsumer, dan institusi keuangan. Dari ketiganya, ada pembagian lagi di antaranya:

Pinjaman UMKM

  • Kredit Mikro
  • Kredit UKM: Pinjaman Tunai dan Pinjaman Non Tunai
  • Program Supplier: Supplier Financing, Buyer Financing, Contractor Financing, Kredit Alat Berat
  • ProBiz

Konsumer

  • Tabungan: Hasil Tinggi, Bisnis Hasil Tinggi, Sampoerna, Hati, Saku
  • Giro
  • Deposito

Institusi Keuangan

  • Pembiayaan: BPR dan Koperasi, Lembaga Keuangan Non-Bank, Koperasi Karyawan, KUD

Itulah sekilas tentang pengertian, latar belakang, dan perkembangan Bank Sampoerna. Beberapa bank di Indonesia telah berkolaborasi bersama Xendit. Sebab, Xendit hadir sebagai payment gateway terbaik di Indonesia juga berkolaborasi dengan berbagai e-commerce untuk metode pembayaran. 

Menerima pembayaran sesuai preferensi pelanggan dapat meningkatkan penjualan bisnis Anda. Dengan Xendit, Anda dapat menerima pembayaran melalui e-wallet, virtual account (transfer bank), kartu kredit/debit, gerai retail, dan cicilan tanpa kartu kredit/debit.

Daftar sekarang tanpa dikenakan biaya pengaturan dan perawatan, hanya bayar sesuai penggunaan. Cari tahu selengkapnya mengenai Payment Gateway Terbaik di website kami atau segera daftar dan coba demo gratis Xendit sekarang!

Artikel terkait

You’re currently on our [current] site. Would you like to visit our [suggest] site instead?