Buat akun gratis dalam 5 menit! Daftar sekarang

Blog

Dapatkan update terbaru terkait industri fintech, produk Xendit dan dapatkan tips untuk mengembangkan produk Anda.

Bunga Pinjaman Bank: Definisi, Sifat, Jenis, dan Cara Menghitung

Xendit
Terakhir diperbarui: Agustus 11, 2021
 •  3 min read

Ketika pebisnis pemula ingin memulai bisnis, barangkali yang ada dalam benak pebisnis adalah modal. Ya, modal sering kali menjadi penghambat untuk memulai bisnis. Oleh karena itu, pebisnis biasanya mengajukan modal ke lembaga pembiayaan atau yang biasa disebut bank. Namun, pebisnis perlu cermat mengetahui berapa bunga pinjaman bank yang disediakan.

Besaran bunga pinjaman bank tergantung di mana pebisnis ingin meminjamnya. Namun demikian, setiap bank pasti punya metodenya masing-masing. Yang perlu pebisnis ketahui selain besaran bunga pinjaman, juga perlu memahami cara menganalisis dan berapa jangka waktu pelunasan pinjaman. 

Selain itu, pebisnis juga perlu mengetahui jenis bunga pinjaman bank. Jika semuanya telah dipahami, akan mudah menganalisis mana bunga pinjaman bank yang tepat. Artikel ini akan membantu pebisnis mengenai seluk beluk bunga pinjaman tersebut.

Definisi

Ada hal-hal yang perlu Anda ketahui sebelum mengenal bunga pinjaman bank. Salah satunya adalah definisinya. Secara garis besar, definisi dari bunga pinjaman bank adalah bunga yang perlu dibayarkan oleh peminjam karena bank telah meminjamkan sejumlah dana. Jadi, semacam ada balas jasa. 

Dengan demikian, bank dapat menjalankan operasionalnya sehari-hari. Bunga pinjaman bank biasanya angka jauh lebih tinggi daripada yang simpanan. Bedanya, bunga simpanan bank adalah bunga yang hadir pada rekening pemilik karena bank telah menyimpan dana pemilik dalam kurun waktu tertentu. 

Jenis

Ada beberapa jenis bunga pinjaman bank yang perlu Anda ketahui yaitu:

Tetap

Ini adalah bunga pinjaman dengan biaya yang tetap. Maksudnya tidak akan berubah meskipun di pasaran, harga bisa meningkat. Contoh: Jika bunganya bernilai 15%, sepanjang periode cicilan pun pasti 15%. Namun, apabila harga menurun, Anda harus tetap membayar cicilan dengan bunga yang serupa.

Mengambang

Ini agak berbeda dibandingkan dengan yang tetap. Bunga pinjaman yang mengambang. Maksudnya tidak pasti karena tergantung dari suku bunga di pasaran. Andai pas meningkat, berarti mau tidak mau harga naik. Namun, andai menurun, harga pun ikut turun. Bunga mengambang seperti ini biasanya untuk produk berjangka panjang atau untuk KPR. 

Cara Menghitung

Ada beberapa hal yang perlu Anda pelajari cara menghitung bunga pinjaman. Ini menjadi penting agar Anda semakin paham ketika mencari modal di bank. 

1. Bunga Tetap

Yang perlu Anda ketahui adalah ini bunga tetap. Sehingga tidak terpengaruh dengan suku bunga di pasaran. Biasanya penggunaannya untuk peminjaman dengan jangka waktu panjang. Cara menghitungnya pun sederhana. 

Rumus perhitungannya: Bunga Perbulan: (P x l x t) / jb.

Keterangan: P: pokok pinjaman; l: suku bunga; t: jumlah jangka waktu; jb: jumlah bulan dalam jangka waktu kredit. 

2. Bunga Efektif

Bunga efektif biasanya dipergunakan untuk jenis KPR. Perbedaan dengan bunga tetap adalah setiap tahun, angsurannya akan semakin kecil. Sebab, hitungan bunganya melihat sisa pinjaman pokok. Cara menghitungnya pun sedikit berbeda.

Rumus perhitungannya: Bunga: SP x i x (30/360)

Keterangan: SP: saldo pokok pinjaman sebelumnya; i: suku bunga pertahun; 30: jumlah hari dalam sebulan; 360: jumlah hari dalam setahun. 

3. Bunga Anuitas

Bunga yang satu ini hampir mirip dengan bunga efektif. Namun, yang sedikit berbeda adalah jumlah angsuran pada periode pertama. Biasanya selalu lebih besar, dan baru periode berikutnya lebih kecil. Rumus penghitungan pada bunga anuitas sama persis dengan bunga efektif. 

Itulah bagaimana memahami bunga pinjaman bank mulai dari definisi, sifat, jenis, hingga rumus penghitungan. Ketika Anda telah memahami pentingnya bagaimana bunga pinjaman bank sebagai bagian dari bisnis, Anda siap menjalankan bisnis. Agar bisnis berkembang, gunakan metode pembayaran yang sesuai dengan preferensi pelanggan.  

Menerima pembayaran sesuai preferensi pelanggan dapat meningkatkan penjualan bisnis Anda. Dengan Xendit, Anda dapat menerima pembayaran melalui e-wallet, virtual account (transfer bank), kartu kredit/debit, gerai retail, dan cicilan tanpa kartu kredit/debit.

Daftar sekarang tanpa dikenakan biaya pengaturan dan perawatan, hanya bayar sesuai penggunaan. Cari tahu selengkapnya mengenai Payment Gateway Terbaik di website kami atau segera daftar dan coba demo gratis Xendit sekarang!

Artikel terkait

You’re currently on our [current] site. Would you like to visit our [suggest] site instead?