Buat akun gratis dalam 5 menit! Daftar sekarang

Blog

Dapatkan update terbaru terkait industri fintech, produk Xendit dan dapatkan tips untuk mengembangkan produk Anda.

5 Cara Membuat Aplikasi Toko Online bagi Pemula

Xendit
Agustus 11, 2021
 •  3 min read

Dalam dunia bisnis, tidak mungkin seorang pebisnis bisa berjalan tanpa melihat kompetitor. Biasanya sebelum memulai bisnis, pebisnis akan melihat seberapa jauh bisnis kompetitor. Apa saja kelemahan dan kelebihan yang dimiliki oleh kompetitor. Misal, salah satu kelebihannya adalah toko online kompetitor memiliki aplikasi sehingga pelanggan merasa nyaman. Oleh karena itu, Anda pun sebagai pebisnis perlu memiliki aplikasi. Nah, Anda perlu tahu cara membuat aplikasi toko online yang satu ini. 

Ada beberapa langkah yang harus dipelajari. Jika Anda ingin berhemat dalam berbisnis, Anda perlu mencoba cara ini. Beberapa perusahaan bahkan UMKM telah mencoba cara membuat aplikasi toko online. Selain berhemat, mereka juga lebih mudah mengutak-atik sewaktu-waktu. Berikut penjelasan lengkapnya di sini.

Cara Membuat Aplikasi Toko Online

Ada beberapa cara yang perlu Anda pelajari dalam hal membuat aplikasi di toko online. 

1. Pastikan Tujuan Anda

Anda harus berhenti dan berpikir sejenak sebelum memutuskan menggunakan aplikasi. Anda harus mengetahui tujuannya terlebih dahulu. Apa yang Anda inginkan? Engagement kepada pelanggan? Atau ingin memudahkan pelanggan dalam bertransaksi? Jika hal tersebut memang menjadi tujuan Anda, yang perlu menjadi tujuan Anda adalah pelayanan terhadap pelanggan. Inilah yang harus Anda ketahui dalam cara membuat aplikasi di toko online.

2. Tentukan Konsep

Setelah Anda yakin dengan tujuan, maka selanjutnya adalah memikirkan konsep. Anda perlu membuat sketsa atau ujicoba tentang desain aplikasi Anda. Apa rencana Anda dalam mengisi aplikasi tersebut? Mulai dari fitur (cara pembelian, jasa pengiriman, hingga pilihan pembayaran), katalog produk, dan contact. Anda perlu memikirkan konsep secara matang agar nantinya saat desain jadi, dan siap diluncurkan, pelanggan seketika langsung ingin menggunakannya. 

3. Desain Aplikasi

Nah, setelah memikirkan konsep, selanjutnya adalah mengenai desain aplikasi. Mana yang sejatinya ingin Anda pilih? Apakah bergaya klasik atau modern? Warna dan jenis huruf juga menentukan kenyamanan pelanggan dalam bertransaksi. Yang pasti, jangan sampai hadirnya aplikasi justru menyulitkan bagi pelanggan. Maka, pastikan bahwa aplikasi tersebut mudah, ramah, dan aman untuk digunakan. Apalagi jika nantinya menyasar kepada pelanggan yang baru pertama kali bertransaksi di toko Anda. 

4. Tambahkan Komponen

Ketika desain jadi, yang perlu Anda lakukan setelahnya adalah Anda perlu ujicoba terlebih dahulu. Dari situ akan terlihat mana kekurangan dan kelebihan dari aplikasi ini. Jika ada yang kurang, Anda perlu menambahkan komponen. Misal, seperti beberapa e-commerce yang memiliki logo kantong belanja atau kode promo untuk pembelian tertentu. Hal ini menjadi penting ketika memasuki tahap keempat dalam cara membuat aplikasi di toko online

5. Pengembangan

Setiap aplikasi belum tentu sempurna. Pasti baik dari pembuat maupun pemakai akan selalu bertanya kenapa begini dan begitu. Oleh karena itu, penting hadirnya review untuk aplikasi Anda. Ketika pelanggan ingin memberikan keluhan pun bisa dengan cepat terlihat dan segera diatasi. Apalagi, ini adalah aplikasi baru yang nantinya akan terus butuh pengembangan. Maka, pengembangan demi pengembangan harus dilakukan agar menjadi aplikasi yang sempurna. 

Itulah bagaimana memahami cara membuat aplikasi toko online sendiri. Ketika Anda telah memahami pentingnya bagaimana cara membuat aplikasi untuk toko online sebagai bagian dari bisnis, Anda siap menjalankan bisnis. Agar bisnis berkembang, gunakan metode pembayaran yang sesuai dengan preferensi pelanggan.  

Menerima pembayaran sesuai preferensi pelanggan dapat meningkatkan penjualan bisnis Anda. Dengan Xendit, Anda dapat menerima pembayaran melalui e-wallet, virtual account (transfer bank), kartu kredit/debit, gerai retail, dan cicilan tanpa kartu kredit/debit.

Daftar sekarang tanpa dikenakan biaya pengaturan dan perawatan, hanya bayar sesuai penggunaan. Cari tahu selengkapnya mengenai Payment Gateway Terbaik di website kami atau segera daftar dan coba demo gratis Xendit sekarang!

Artikel terkait

You’re currently on our [current] site. Would you like to visit our [suggest] site instead?