Buat akun gratis dalam 5 menit! Daftar sekarang

Blog

Dapatkan update terbaru terkait industri fintech, produk Xendit dan dapatkan tips untuk mengembangkan produk Anda.

8 Cara Membuat Website Bisnis Menjadi User Friendly

Xendit
Terakhir diperbarui: Juni 7, 2021
 •  3 min read

Apa yang bikin konsumen malas saat membuka sebuah aplikasi atau website? Salah satunya adalah website atau aplikasi tersebut tidak user friendly. Dengan kata lain, tidak ramah terhadap pengguna. Padahal, jika user friendly, akan memudahkan pengguna untuk menjelajahi situs lebih lanjut. 

Oleh sebab itu, sebagai pebisnis, Anda harus mempertimbangkan hal tersebut. Bagaimana cara membuat pengguna dapat berlama-lama ketika menjelajahi website Anda. Desain yang menarik dan komposisi yang jelas menjadi dua dari sekian cara untuk membuat website menjadi user friendly.

Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui bagaimana cara membuat website yang user friendly. Simak baik-baik dan terapkan ke dalam website bisnis Anda. 

1. Mudah Digunakan

Tidak ada yang lebih penting ketika pelanggan cukup nyaman saat berselancar di website Anda. Oleh karena itu, baik pelanggan lama maupun baru harus benar-benar merasa puas ketika masuk ke website Anda. Mereka merasa mudah menggunakannya karena tampilan dan pilihan fitur yang menarik. 

2. Mudah Diakses

Selain mudah digunakan, hal yang cukup penting ketika berselancar di website adalah mudah diakses. Sering kali baik pengguna lama maupun baru kesulitan ketika mencoba mengakses sebuah website bisnis. Untuk mengetikkan alamat website cukup lancar. Akan tetapi, ketika mengklik fitur penjualan, akses terhambat.

Jika kenyataannya demikian, ini tentu sinyal yang kurang oke bagi pebisnis. Artinya, website tidak user friendly. Hal ini dapat membuat pelanggan dapat beralih ke kompetitor Anda. 

3. Konten yang Menarik

Apa yang membuat pelanggan selalu membuka website bisnis Anda? Tentu saja konten yang menarik. Konten menarik tidak melulu soal warna atau desain melainkan juga gimmick atau meme yang hadir. 

Selain itu, sediakanlah konten yang segar dan paling penting adalah interaktif. Konten yang interaktif juga membuat pelanggan menanti apa yang terbaru dari website Anda.

4. Pakai Font yang Mudah Dibaca

Pakailah font yang jelas. Ini penting. Misal ada calon konsumen ingin mencari sebuah produk. Kemudian, ia menemukannya di sebuah website, yang ternyata milik Anda. Saat membukanya, pelanggan akan tertarik melakukan transaksi ketika dapat membaca informasi secara detail. 

Agar calon pelanggan mau membaca secara detail, salah satunya adalah menggunakan font yang mudah dibaca. Ini salah satu syarat yang supaya website Anda user friendly

5. Kombinasi Warna yang Sesuai

Jika Anda berencana ingin memperlihatkan website bisnis kepada pelanggan dengan sesuatu yang nyentrik, urungkan niat Anda. Sebab, bisa jadi Anda malah tidak mendapatkan feedback yang positif. Alangkah lebih baik Anda memiliki website yang menarik. Salah satu contohnya adalah menggunakan kombinasi warna yang sesuai. 

Kombinasi warna yang sesuai membuat pelanggan betah di website Anda. Artinya, website Anda pun dapat dianggap sebagai website yang user friendly

Hal yang tidak menyenangkan ketika pengguna internet sedang berselancar di website adalah menemukan broken link. Tautan tersebut tidak bisa dibaca bahkan yang tidak enak yaitu dibuka. Sehingga, menyebabkan pengguna beralih ke website kompetitor. Oleh karena itu, upaya yang baik adalah Anda perlu menghilangkan broken link

7. Pilih Video dan Foto dengan Ukuran yang Sesuai

Apa yang membuat lambat dari sebuah website? Salah satunya adalah ukuran foto atau video yang terlalu besar. Ini menyebabkan pelanggan resah dan malas untuk membuka website. Oleh karena itu, usahakanlah website bisnis Anda menggunakan foto atau video dengan ukuran sesuai. Sehingga, website Anda termasuk user friendly

8. Call to Action yang Menarik

Salah satu hal yang membuat pelanggan tertarik melakukan transaksi di website Anda adalah kalimat penutup yang jelas. Ini yang dimaksud dengan call to action yang menarik. 

Itulah delapan cara membuat website user friendly yang perlu Anda ketahui. Ketika Anda telah memahami pentingnya website user friendly, Anda siap menjalankan bisnis. Agar bisnis berkembang, gunakan metode pembayaran yang sesuai dengan preferensi pelanggan.  

Menerima pembayaran sesuai preferensi pelanggan dapat meningkatkan penjualan bisnis Anda. Dengan Xendit, Anda dapat menerima pembayaran melalui e-wallet, virtual account (transfer bank), kartu kredit/debit, gerai retail, dan cicilan tanpa kartu kredit/debit.

Daftar sekarang tanpa dikenakan biaya pengaturan dan perawatan, hanya bayar sesuai penggunaan. Cari tahu selengkapnya mengenai Payment Gateway Terbaik di website kami atau segera daftar dan coba demo gratis Xendit sekarang!

Artikel terkait