Buat akun gratis dalam 5 menit! Daftar sekarang

Blog

Dapatkan update terbaru terkait industri fintech, produk Xendit dan dapatkan tips untuk mengembangkan produk Anda.

6 Cara Membuat Website Toko Online dengan WordPress

Xendit
Terakhir diperbarui: Oktober 28, 2021
 •  3 min read

Bisnis yang baik adalah bisnis yang terus berkembang. Pakem tersebut telah dipertahankan dari masa ke masa. Hanya saja tetap ada perbedaan. Misal, jika dahulu konsumen lebih suka berbelanja offline, sekarang lebih suka berbelanja online. Oleh karena itu, pebisnis harus melakukan terobosan di antaranya menghadirkan toko online. Nah, artikel kali ini membahas tentang cara membuat website toko online.

Cara Membuat Website dengan WordPress

Ada beragam cara yang ditempuh untuk membuat website toko online. Di artikel ini lebih spesifik bagaimana cara membuat website toko online dengan wordpress. Salah satu website yang paling sering diolah untuk digunakan menjadi website bisnis. Fiturnya yang menarik dan template yang banyak pilihannya membuat ini menjadi bekal bagi pebisnis. 

Oleh karena itu, pebisnis harus benar-benar tahu bagaimana cara membuat website toko online dengan wordpress. Simak di sini, ya. 

Cara Membuat Website Toko Online dengan WordPress

Ada lima hal yang perlu Anda pelajari yaitu:

1. Siapkan Domain dan Hosting

Ketika Anda berencana ingin membuat website toko online, ada dua hal yang perlu diperhatikan. Pertama, Anda perlu memikirkan nama domain. Yang dimaksud dengan domain adalah nama atau alamat yang tertera di website. Seperti: shopee.co.id, facebook.com, atau xendit.co.

Domain dan Hosting (Cara Membuat Website)

Kedua, Anda perlu memastikan mana hosting yang cocok di website. Hosting merupakan semacam layanan yang diperuntukkan website dan digunakan untuk menyimpan berbagai data. Mulai dari foto, video, gambar, artikel, dan sebagainya. Ia akan memberikan ruang penyimpanan dan server yang bisa dibagi. Bahkan bisa dikelola sendiri. 

Pemilihan hosting harus benar-benar tepat agar tidak terjadi pencurian data, pembobolan, dan website delay

2. Install WordPress

Setelah Anda melakukan pemilihan hosting kemudian menentukan nama domain, yang selanjutnya adalah meng-install WordPress. Namun, tidak hanya itu saja, melainkan Anda perlu meng-install content management system (CMS). Ia adalah mesin pemroses website. Jika Anda memilih hosting yang tepat, biasanya mereka telah menyediakan aneka fitur yang mudah. Hal ini diupayakan agar Anda bisa meng-install dengan cepat. 

3. Mengatur Tata Letak

Cara membuat website toko online yang ketiga adalah Anda perlu mengatur tata letak semaksimal mungkin. Tata letak merupakan salah satu alasan mengapa website Anda lebih sering dikunjungi. Dengan tata letak yang menarik dan punya konsep unik, akan terjadi peningkatan traffic di website Anda. 

Untuk mengetahui tata letak yang bagus, Anda bisa melihat website kompetitor. Anda bisa lihat mana yang belum ada di website mereka. Pengaturan tata letak untuk website bisnis biasanya terdiri dari berbagai kolom. Di antaranya: katalog, cara pemesanan, cara pembayaran, jasa pengiriman, cek ongkos kirim, dan lainnya. 

4. Install Plugin WooCommerce

Ketika Anda membuat website toko online maka biasanya Anda hanya mengelola konten. Oleh karena itu, Anda perlu mendapatkan fitur tambahan yaitu plugin WooCommerce. Ini berguna untuk mengatur tata letak. Selain itu, Anda juga bisa melihat tentang pencatatan stok penjualan hingga transaksi penjualan. 

Install Plugin WooCommerce (Cara Membuat Website)

Anda tidak perlu khawatir ketika meng-install plugin WooCommerce. Sebab, tidak ada biaya dan apa yang Anda dapatkan lebih dari cukup dengan plugin ini. 

5. Tambahkan Produk

Ini adalah cara membuat website toko online yang terakhir. Setelah melalui keempat proses tersebut, Anda perlu menambahkan produk di website. Anda bisa memilah kemudian memilih dan menaruh produk unggulan atau produk paling dicari. Anda bisa mengunggahnya satu per satu. Namun, jika Anda ingin mengunggah seluruh produk, gunakan fitur yang tersedia. 

6. Integrasikan dengan payment gateway

Setelah membuat toko online, tentunya Anda ingin menerima pembayaran dari pelanggan Anda. Untuk itu, Anda dapat mengintegrasikan payment gateway di toko online Anda.

Menerima pembayaran sesuai preferensi pelanggan dapat meningkatkan penjualan bisnis Anda. Integrasikan bisnis Anda dengan payment gateway Xendit. Dengan Xendit, Anda dapat menerima pembayaran melalui e-wallet, virtual account (transfer bank), kartu kredit/debit, gerai retail, dan cicilan tanpa kartu kredit/debit.

Daftar sekarang tanpa dikenakan biaya pengaturan dan perawatan, hanya bayar sesuai penggunaan. Cari tahu selengkapnya mengenai Payment Gateway Terbaik di website kami atau segera daftar dan coba demo gratis Xendit sekarang!

Artikel terkait

You’re currently on our [current] site. Would you like to visit our [suggest] site instead?