Buat akun gratis dalam 5 menit! Daftar sekarang

Blog

Dapatkan update terbaru terkait industri fintech, produk Xendit dan dapatkan tips untuk mengembangkan produk Anda.

E Money: Perbedaannya dengan E Wallet, Jenis, dan Kelebihan

Xendit
Terakhir diperbarui: Juni 7, 2021
 •  3 min read

Berbisnis tidak lagi menjadi sesuatu yang rumit. Apalagi, hadirnya berbagai macam inovasi untuk mendukung kebutuhan bisnis. Salah satunya adalah e money. Semacam uang elektronik pengganti uang fisik. Baik Anda maupun konsumen, dalam bertransaksi, tidak perlu repot membawa banyak uang ke dalam dompet fisik. 

Akan tetapi, tentu saja dari setiap inovasi pasti ada kelebihan dan kekurangan. Namun, sebelum melihat kekurangan dan kelebihannya, Anda perlu mengetahui apa perbedaan antara e money dengan e wallet. Sebab, sering kali konsumen keliru dalam memahami kedua inovasi tersebut. 

Artikel ini membahas tentang perbedaan e money dan e wallet. Selain itu, membahas pula jenis-jenis uang elektronik. Yang terakhir tentang kelebihan dari e money

Perbedaan E Money dan E Wallet

Fungsi

Setiap inovasi pasti memiliki keunggulannya masing-masing. Seperti e money. Meskipun secara fungsi tidak membutuhkan internet, e money memiliki chip. Ia mampu mendeteksi mesin yang bekerja sama dengan cara menempelkan kartunya. Ia juga biasa digunakan di tempat parkir atau pintu masuk tol. 

Berbeda dengan e wallet yang membutuhkan internet agar fungsinya bisa berjalan. Selain itu, e wallet dapat digunakan di berbagai tempat. Sebagai pembayaran listrik, air, maupun telepon. 

Bentuk

Secara bentuk jelas berbeda jauh. Jika e money masih bisa digunakan untuk transaksi offline, e wallet hanya bisa digunakan untuk transaksi online. Selain itu, karena online maka e wallet membutuhkan internet dalam setiap transaksi. 

Saldo

Untuk pengisian saldo keduanya tidak memiliki perbedaan. Sebab, pengisian saldo bisa dilakukan di mana saja. Mulai dari ATM, Bank maupun penyedia layanan macam Indomaret atau Alfamart. Akan tetapi, e money bisa lebih mudah apabila ponsel yang digunakan memiliki fitur NFC (Near Field Communication).

Keamanan

Untuk yang satu ini, e wallet lebih aman daripada e money. Sebab, e wallet bisa menggunakan ponsel yang memiliki PIN atau password. Sedangkan uang elektronik hanya bisa menggunakan kartu fisik. Jika kartu mengalami kerusakan atau hilang, pengguna akan kerepotan. 

Jenis E Money di Indonesia

Sejak era milenium, ada banyak perubahan dalam dunia perbankan di Indonesia. Salah satunya dengan hadirnya uang elektronik. Sehingga, transaksi antara pebisnis dengan konsumen akan lebih mudah. Maka dari itu, layanan perbankan yaitu bank berlomba-lomba untuk membuat uang elektronik. Tentunya, harus memiliki izin resmi dari Bank Indonesia. 

Inilah daftar bank yang memiliki produk uang elektronik dan terdaftar resmi di Bank Indonesia. 

  1. BCA dengan Flazz
  2. Bank Mandiri dengan Mandiri e-money
  3. Bank Mega dengan Mega Cash
  4. BNI dengan Tap Cash
  5. BRI dengan Brizzi

Dari kelima daftar di atas tentunya banyak konsumen yang telah menggunakannya. Agar bisnis makin lancar dan nilai transaksi makin banyak, ada baiknya pebisnis menyediakan layanan tersebut di tokonya. 

Kelebihan E Money

Praktis

Dengan semakin berkembangnya teknologi, konsumen semakin dipermudah dalam melakukan pembayaran. Sehingga, hadirnya uang elektronik menjadi sebuah kelebihan. Hanya berbekal satu kartu dan dapat menyimpan dana hingga kurang lebih satu juta rupiah, konsumen bisa menggunakannya di berbagai tempat. 

Selain itu, uang elektronik juga tidak memerlukan PIN ataupun password. Anda cukup menempelkan kartu untuk melakukan transaksi pembayaran. Menarik, mudah, dan praktis. Sudah saatnya meninggalkan kebiasaan membawa uang tunai di dompet. 

Mudah dalam Bertransaksi

Jika Anda sedang berada di jalur tol, uang elektronik akan sangat membantu Anda. Sebab, ketika antri, Anda tidak perlu repot-repot menyiapkan dana untuk diberi petugas. Anda cukup menempelkan kartu maka Anda pun bisa melalui tol dengan lancar. Bahkan, saat ini telah banyak jalur tol yang hanya menerima uang elektronik. 

Itulah perbedaan antara e money dan e wallet, jenis dan kelebihan dari e money yang perlu Anda ketahui. Ketika Anda telah memahami pentingnya e money, Anda siap menjalankan bisnis. Agar bisnis berkembang, gunakan metode pembayaran yang sesuai dengan preferensi pelanggan.  

Menerima pembayaran sesuai preferensi pelanggan dapat meningkatkan penjualan bisnis Anda. Dengan Xendit, Anda dapat menerima pembayaran melalui e-wallet, virtual account (transfer bank), kartu kredit/debit, gerai retail, dan cicilan tanpa kartu kredit/debit.

Daftar sekarang tanpa dikenakan biaya pengaturan dan perawatan, hanya bayar sesuai penggunaan. Cari tahu selengkapnya mengenai Payment Gateway Terbaik di website kami atau segera daftar dan coba demo gratis Xendit sekarang!

Artikel terkait

You’re currently on our [current] site. Would you like to visit our [suggest] site instead?