Buat akun gratis dalam 5 menit! Daftar sekarang

Blog

Dapatkan update terbaru terkait industri fintech, produk Xendit dan dapatkan tips untuk mengembangkan produk Anda.

Feed Instagram Anda Ingin Estetis dan Menarik? Ikuti Tips Ini

Xendit
Terakhir diperbarui: Juni 17, 2021
 •  3 min read

Bisnis mudah dikenal bisa terjadi karena beberapa faktor. Nama bisnis yang mudah diingat konsumen. Nilai jual produk yang cukup baik. Pengaturan konten di media sosial yang baik juga dapat menjadi nilai tawar. Nah, salah satu media sosial yang cocok untuk berbisnis adalah Instagram. Sehingga, kamu perlu mengetahui bagaimana caranya mengatur feed instagram. 

manfaat instagram bisnis

Tidak bisa dimungkiri lagi bahwa Instagram memiliki keunggulan yang lebih daripada media sosial lainnya. Instagram menonjolkan gambar, foto, atau video daripada tulisan. Meskipun demikian, tidak jarang juga produk bisnis yang menonjolkan tulisan. 

Oleh karena itu, agar Anda mampu memadukan antara foto, gambar, dan tulisan dengan baik, Anda perlu menyusun feed Instagram. Selain berguna untuk brand image, ini juga berguna meningkatkan angka penjualan bisnis.

Tips Membuat Feed Instagram yang Menarik

Ikuti tips ini agar feed Instagram bisnis Anda terlihat menarik dan keren. 

1. Memilih Tema

Satu hal yang perlu Anda ketahui saat menyusun feed Instagram adalah bagaimana memilih tema. Sebab, dengan persona tema menjadi ciri khas dari bisnis Anda. Ada banyak tema yang bisa Anda pilih. Jika bisnis Anda adalah fotografi, Anda bisa memilih tema hitam dan putih atau berwarna. Jika bisnisnya adalah desain interior, Anda bisa memilih tema minimalis. 

Jadi, tergantung corak bisnis apa yang Anda pilih. Sehingga, mampu menentukan tema dalam menyusun feed Instagram. 

2. Tentukan Warna

Setelah Anda menentukan tema, selanjutnya Anda perlu memilih warna yang sesuai di Instagram. Warna cukup penting karena produk lebih mudah dikenali. Misal, produk Anda adalah makanan. Kecenderungan untuk produk tersebut adalah warna merah atau kuning. Contohnya, KFC atau McD. Merah dan kuning identik untuk mengundang rasa lapar.

Warna adalah identitas dari bisnis Anda. Oleh karena itu, selain untuk warna utama, Anda perlu menentukan palet warna. Anda bisa menggunakan color palette generators untuk mempermanis feed Instagram. 

3. Pilih Filter yang Keren

Hadirnya aplikasi mampu memoles foto atau gambar lebih baik. Oleh karena itu, agar foto atau gambar bisnis Anda lebih estetik, gunakan filter yang keren. Ada beberapa aplikasi editor foto untuk Instagram yang di antaranya:

  • VSCO: Selain menyediakan filter sehingga Anda mampu memilihnya, VSCO juga menyediakan custom. Sehingga, filter bisa dibuat sesuai keinginan Anda.
  • Snapseed: Hampir sama dengan VSCO. Ada banyak pilihan filter yang disediakan oleh Snapseed dan Anda bisa memilihnya. Selain itu, Anda juga bisa membuat dengan pilihan custom. Anda bisa berkreasi di Snapseed. 
  • Foodie: Jika produk Anda adalah makanan atau minuman, foodie sangat cocok sebagai aplikasi edit foto atau video. Selain filter, Anda akan disediakan fitur smart guide untuk mengatur pencahayaan supaya optimal. 

4. Konsistensi pada Border

Apa yang membuat pengguna Instagram betah melihat Instagram Anda. Selain karena penyusunan feed Instagram, pilihan warna yang memukau, filter yang menarik, border juga perlu Anda susun. Jarak dari foto atau video ke lainnya harus serasi. Apakah Anda membuatnya menjadi rapat, atau justru dibiarkan lebar. 

Sebab, ini penting untuk menjaga keseimbangan feed Instagram Anda. Jika Anda konsisten, Instagram Anda akan sering dikunjungi. Sehingga, bukan tidak mungkin, dalam waktu cepat akan terjadi transaksi dan peningkatan angka penjualan. 

5. Tentukan Font atau Tipografi

Hal terakhir yang perlu Anda lakukan saat menyusun feed Instagram adalah menentukan font. Ini penting bagi pengguna saat membaca konten Anda. Ada beberapa font yang bisa Anda pilih untuk feed Instagram.

  • Sans-Serif: Cukup cocok dengan modern style. Lebih kasual dan bersahabat.
  • Serif: Tampilan lebih klasik sehingga menimbulkan kesan elegan. 
  • Script: Bentuknya seperti tulisan tangan. Kesan jujur dan menyenangkan muncul dari font ini. 

Itulah lima tips membuat feed Instagram yang perlu Anda ketahui. Ketika Anda telah memahami pentingnya feed Instagram, Anda siap menjalankan bisnis. Agar bisnis berkembang, gunakan metode pembayaran yang sesuai dengan preferensi pelanggan.  

Menerima pembayaran sesuai preferensi pelanggan dapat meningkatkan penjualan bisnis Anda. Dengan Xendit, Anda dapat menerima pembayaran melalui e-wallet, virtual account (transfer bank), kartu kredit/debit, gerai retail, dan cicilan tanpa kartu kredit/debit.

Daftar sekarang tanpa dikenakan biaya pengaturan dan perawatan, hanya bayar sesuai penggunaan. Cari tahu selengkapnya mengenai Payment Gateway Terbaik di website kami atau segera daftar dan coba demo gratis Xendit sekarang!

Artikel terkait

You’re currently on our [current] site. Would you like to visit our [suggest] site instead?