Buat akun gratis dalam 5 menit! Daftar sekarang

Blog

Dapatkan update terbaru terkait industri fintech, produk Xendit dan dapatkan tips untuk mengembangkan produk Anda.

Google Tag Manager: Pengertian, Cara Install, dan Manfaatnya

Xendit
Terakhir diperbarui: Juni 7, 2021
 •  3 min read

Google dapat membantu Anda untuk mencarikan informasi bisnis, meningkatkan traffic website bisnis, atau menentukan strategi bisnis. Salah satu fitur yang membantu kebutuhan bisnis adalah Google Analytics. Namun, selain Google Analytics, ada fitur lain yang dapat membantu Anda yaitu Google Tag Manager. 

Apa Itu Google Tag Manager? 

Google Tag Manager adalah salah satu tool Google yang berfungsi untuk memudahkan pengelolaan tag di website. Tag adalah script yang berfungsi melakukan tracking aktivitas pengguna. 

Selain itu, untuk mengetahui seberapa banyak pengguna yang datang ke website, produk apa saja yang diinginkan oleh pengguna. Bahkan, link apa saja yang harus diklik. 

Jika Anda mengamati sejenak, sepertinya Google Tag Manager hampir mirip dengan Google Analytics. Namun, ada sedikit perbedaan. Google Tag Manager dapat mengelola tag dengan mudah. Fitur ini menggunakan container untuk mengaturnya. 

Yang menarik adalah Anda tidak butuh biaya untuk menggunakan Google Tag Manager. Sebab, semuanya gratis. Anda cukup melakukan unduh dan mengatur sesuai yang Anda inginkan. 

Cara Unduh Google Tag Manager

Buat Akun

Jika Anda memiliki akun di Google, ini lebih mudah. Anda cukup masuk ke tagmanager.google.com kemudian create account. Setelah itu, Anda klik add new account, isi nama bisnis, dan atur melalui container setup

Lakukan Instalasi

Anda akan memperoleh code snippet ketika melakukan install Google Tag Manager. Kemudian, salin dan tempel di bagian head di halaman website. Untuk mempermudah instalasi, saat membuka WordPress, Anda bisa langsung insert headers and footers. Kemudian salin dan tempel kode tersebut.

Selanjutnya, Anda lakukan penyimpanan. Dengan demikian Google Tag Manager berhasil Anda instalasi. 

Manfaat Menggunakan Google Tag Manager

1. Lebih Mudah Mengelola Tag

Salah satu hal yang bisa memperlambat bisnis Anda adalah Anda butuh tangan lain agar bisa cepat. Oleh karena itu, dengan fitur ini, ketika Anda mengelola tag maka tidak butuh web developer. Anda bisa mengaturnya sendiri. Anda hanya butuh menambah atau mengatur tag yang sudah ada. 

Dengan hadirnya fitur di Google ini, secara pengimplementasian lebih cepat 6x dalam mengelola tag. Tentu saja ini akan mempermudah bisnis Anda. 

2. Container Membuat Lebih Praktis

Ketika Anda diberi kemudahan dalam memberikan tag maka kekhawatirannya adalah akan banyak kode yang muncul. Sehingga, yang terjadi adalah kesalahan coding

Oleh sebab itu, hadirnya container mempermudah dalam mengelola tag. Container juga membuat website lebih praktis dan tidak akan membuatnya menjadi beban.

3. Preview Mode

Ketika Anda ingin mengunggah tag, yang perlu Anda perhatikan adalah preview mode. Ini menjadi penting bagi sebuah website. Agar sesuai pengaturan dan tidak terjadi kesalahan.

Selain itu, Anda bisa memanfaatkan eksistensi Google (jika Anda menggunakan Chrome) yaitu Tag Assistant. Ini penting sebab ketika hendak melakukan browsing akan ada notifikasi jika terjadi kesalahan.

4. Template Anti Ribet

Manfaat lainnya adalah hadirnya pilihan berbagai template. Anda bisa sesuaikan dengan website bisnis. Selain itu, dapat membantu Anda untuk melakukan tracking dengan efektif dan cepat. Hal ini ditunjang dengan banyaknya integrasi platform oleh Google Tag Manager.

5. Biaya Gratis

Ini yang paling menyenangkan ketika Anda memanfaatkan fitur ini. Anda sama sekali tidak dipungut biaya. Ini membantu Anda untuk menghemat pengeluaran sehingga arus kas bisa dipergunakan untuk hal-hal lainnya.

6. Jaminan Keamanan

Bagi Anda yang bekerja dalam sebuah tim, salah satu yang perlu dikhawatirkan adalah bagaimana keamanannya. Apakah terjamin seutuhnya? 

Maka dari itu, untuk menghindari hal yang mengakibatkan kekeliruan, Anda bisa masuk  ke menu admin kemudian user management. Sesuaikan dengan baik agar website bisnis Anda aman.

Itulah pengertian, cara mengunduh dan memanfaatkan Google Tag Manager yang perlu Anda ketahui. Ketika Anda telah memahami pentingnya Google Tag Manager, Anda siap menjalankan bisnis. Agar bisnis berkembang, gunakan metode pembayaran yang sesuai dengan preferensi pelanggan.  

Menerima pembayaran sesuai preferensi pelanggan dapat meningkatkan penjualan bisnis Anda. Dengan Xendit, Anda dapat menerima pembayaran melalui e-wallet, virtual account (transfer bank), kartu kredit/debit, gerai retail, dan cicilan tanpa kartu kredit/debit.

Daftar sekarang tanpa dikenakan biaya pengaturan dan perawatan, hanya bayar sesuai penggunaan. Cari tahu selengkapnya mengenai Payment Gateway Terbaik di website kami atau segera daftar dan coba demo gratis Xendit sekarang!

Artikel terkait