Buat akun gratis dalam 5 menit! Daftar sekarang

Blog

Dapatkan update terbaru terkait industri fintech, produk Xendit dan dapatkan tips untuk mengembangkan produk Anda.

Ingin Meraih Laba secara Cepat? Ini 5 Usaha yang Menjanjikan

Xendit
Terakhir diperbarui: Agustus 25, 2021
 •  3 min read

Setiap bisnis yang dikelola dengan baik berdampak pada iklim bisnis tersebut. Misal, jika bisnis laptop bisa berjalan dengan lancar, akan banyak orang yang ikut berjualan laptop. Sebab, berjualan laptop termasuk usaha yang menjanjikan. Hal ini ditunjukkan dengan para pebisnis yang mudah meraih keuntungan.

Namun demikian, ada banyak usaha yang menjanjikan selain bisnis laptop. Seperti saat pandemi ini. Bisnis makanan beku atau nama lainnya frozen food sedang tren di masyarakat. Hal ini disebabkan orang-orang mengurangi mobilitas untuk pergi ke warung makan. Mereka lebih memilih untuk menyetok makanan beku yang tahan lama.

Nah, untuk mengetahui apa saja usaha yang menjanjikan, ada baiknya Anda membaca artikel di bawah ini. Simak dengan baik agar salah satunya bisa Anda terapkan. 

1. Frozen Food (Makanan Beku)

Salah satu usaha yang menjanjikan saat pandemi adalah frozen food. Makanan yang cenderung tahan lama dan siap saji. Ada banyak contoh makanan frozen food seperti nugget, bakso, ataupun daging. Frozen food menjadi booming karena banyak konsumen ingin menyetok produk.

Anda bisa mendapatkan frozen food dari penjual yang sudah berpengalaman. Akan tetapi, jika Anda lebih ingin menghemat biaya, Anda bisa membuatnya sendiri. Kemudian, menaruh produk Anda di media sosial seperti Instagram atau di marketplace seperti Tokopedia dan Shopee.

2. Usaha Fotokopi

Usaha yang cukup menjanjikan sekarang adalah bisnis fotokopi. Mengapa demikian? Jika Anda sedang ingin mengurus sesuatu di instansi khususnya pemerintah, Anda diharuskan memfotokopi identitas diri dan lain hal sebagainya. Ketika Anda mengetahui hal tersebut, ada baiknya Anda membuka usaha fotokopi.

Jika Anda ingin membukanya, tempatkanlah bisnis fotokopi di lokasi yang strategis. Jika target pasar Anda adalah konsumen yang berhubungan dengan instansi pemerintah, tempatkan di di jalur utama.

Namun, jika target pasar Anda adalah pelajar atau mahasiswa, Anda bisa menempatkannya di dekat sekolah atau universitas. Mereka membutuhkannya untuk memfotokopi materi ataupun kebutuhan skripsi, tesis, dan disertasi. 

3. Dropshipper

Usaha yang satu ini bisa dilakukan siapa saja. Sebab, usaha ini tidak membutuhkan modal besar. Modalnya pun hanya gawai. Seluruh produk dari penjual. Begitu pula dengan pengiriman produk yang juga dari penjual. Pekerjaan Anda hanya satu. Mencari konsumen yang mau membeli produk.

Oleh karena itu, cara yang bisa Anda lakukan adalah melakukan promosi produk melalui media sosial. Saat ini, media sosial yang cukup digemari adalah Instagram, TikTok, dan Facebook. 

Yang menarik dari dropshipper adalah Anda berhak menentukan keuntungan sesuai keinginan Anda. Misal, harga sebuah produk dari penjual sebesar Rp40.000. Di tangan Anda, harga jual bisa mencapai Rp45-50.000. Selisih harga tersebut yang merupakan keuntungan Anda. Usaha yang sangat menjanjikan, bukan?

4. Tanaman Hias

Jika Anda terjebak di dalam rumah dan tidak bisa ke mana-mana, apa yang bisa Anda lakukan? Tentu saja hanya mengutak-atik gawai sepanjang hari. Namun, saat ini, ada hal lain yang lebih berguna yaitu merawat tanaman hias. 

Tanaman hias terdiri dari berbagai jenis. Ada yang menyukai bunga mawar, anggrek, atau yang lebih kekinian yaitu janda bolong. Apabila Anda gemar merawat tanaman hias, Anda bisa menjadikannya sebagai sebuah usaha.

Mengelola dan menjual tanaman hias bisa memperoleh kebahagiaan dan keuntungan berupa dana. Ada, lho, tanaman hias yang dihargai ratusan ribu. Namun, ada pula tanaman hias yang mencapai puluhan juta rupiah. Ketika melihat harga yang menyentuh dua digit maka menjual tanaman hias termasuk usaha yang menjanjikan saat ini.

5. Pakaian Bayi

Jika Anda cek di lokapasar, apa barang yang termasuk laris di sana, salah satu jawabannya adalah pakaian bayi. Mengapa demikian? Karena orang tua biasanya menyukai membeli pakaian dalam jumlah yang banyak.

Tidak bisa dimungkiri bahwa pakaian bayi termasuk produk yang lucu dan menarik. Orang tua biasanya membeli produk tidak cuman sepotong melainkan bisa selusin. Ini belum lagi ditambah pernak-pernik seperti kaos kaki, sarung tangan, hingga topi. 

Tentu saja, melihat kenyataan yang seperti itu, siapa yang tidak tergiur untuk usaha pakaian bayi. Anda hanya membutuhkan vendor yang mampu mengerjakan pakaian bayi dalam jumlah besar. Setelahnya, lakukan promosi dengan target pasar ibu-ibu yang baru hamil atau sedang mempersiapkan kehamilan.

Inilah lima usaha yang menjanjikan yang perlu Anda ketahui. Ketika Anda mengetahui apa saja usaha yang menjanjikan, Anda perlu menerapkannya di dalam bisnis. Agar bisnis makin lancar, selalu gunakan metode pembayaran yang sesuai preferensi pelanggan.

Xendit sebagai payment gateway terbaik di Indonesia menyediakan berbagai macam metode pembayaran. Mulai dari e-wallet, virtual account, hingga kartu kredit/kartu debit. Daftar di sini dan cobalah untuk merasakan kenyamanan dalam pembayaran.

Artikel terkait