Buat akun gratis dalam 5 menit! Daftar sekarang

Blog

Dapatkan update terbaru terkait industri fintech, produk Xendit dan dapatkan tips untuk mengembangkan produk Anda.

Inilah 5 Tips Belajar Membuat Facebook Marketing

Xendit
Terakhir diperbarui: Juni 17, 2021
 •  3 min read

Media sosial telah menjadi media yang sempurna untuk mengenalkan sebuah produk. Salah satu media sosial yang berfungsi demikian adalah Facebook. Dengan penggunanya yang mencapai puluhan juta, Facebook menjadi sarana ampuh meraup keuntungan. Apalagi, jika pebisnis mampu memanfaatkan Facebook marketing. Selain penghasilan, pelanggan baru mudah untuk mendapatkannya.

Akan tetapi, meskipun banyak pengguna memanfaatkan Facebook sebagai sarana berbisnis, tidak banyak yang mengerti penggunaan Facebook marketing. Padahal, jika mampu memahami seutuhnya, Facebook marketing menjadi cara ampuh untuk promosi produk.

Oleh karena itu, artikel ini membahas tentang bagaimana menggunakan Facebook marketing sebagai sarana promosi.

1. Edukasi dengan Foto atau Video

Salah satu hal terpenting dalam menjaga suatu konten adalah hadirnya video atau foto. Akan tetapi, video atau foto yang seperti apa? Itu yang sering kali menjadi pertanyaan. Apakah foto atau video ambil dari Google? Atau perlu menampilkan kreativitas Anda atau tim? 

– Tidak Menggunakan Stock Images

Meskipun sekarang banyak berseliweran situs dengan menyediakan foto gratis, tapi alangkah baiknya Anda menggunakan foto sendiri. Artinya, konsumen akan melihat bahwa Anda benar-benar memperhatikan dan menghargai produk. Selain, Anda tidak terlihat ingin menipu konsumen. 

– Bagi Tutorial dari Influencer

Barangkali cara ini dianggap mendongkrak traffic si influencer. Akan tetapi, jangan keliru bahwa ini hal yang baik bagi brand image Anda. Ini menandakan bahwa Anda belajar dari pihak lain. Apalagi jika Anda adalah pebisnis pemula. Brand image dan produk-produk Anda akan lebih baik.

2. Tunjukkan Review Customer

Yang membuat calon konsumen tertarik terhadap produk Anda, salah satunya, adalah review dari customer lain. Ada baiknya review mereka Anda tampilkan di Facebook. Cara lain, Anda bisa buat unggahan khusus terhadap review customer. Ini bukti bahwa Anda menghargai unggahan dari customer

– Pakai Hashtag

Salah satu cara untuk meningkatkan engagement produk adalah memakai hashtag. Bagaimana bisa? Jika calon konsumen mencari produk Anda, biasanya mereka mencarinya tergantung hashtag. Maka dari itu, Anda butuh melakukan spesifikasi produk agar calon konsumen mudah menemukan produk Anda. 

3. Dorong Aktivitas Sosial dari Toko Online

Misalnya begini. Konsumen akan menjadi loyal kepada toko online Anda bila produk Anda bagus secara kualitas. Sehingga, mereka akan terus membeli produk Anda apabila ada produk baru. Oleh karena itu, untuk menghargai loyalitas pelanggan atau konsumen, Anda perlu memberikan reward. Misal poin atau voucher khusus. 

– Mengikuti Facebook Page

Ini salah satu Facebook marketing yang cukup oke. Misalnya, mereka mengikuti akun Facebook Page Anda. Sehingga, mereka layak mendapatkan reward dari Anda. Jika semakin banyak yang mengikuti Facebook Page Anda, kemungkinan akan semakin besar peluang Anda untuk membuat iklan. 

– Membagikan Facebook Page

Ketika konsumen mengikuti Facebook Page maka langkah selanjutnya adalah membagikan Facebook Page. Apabila mereka mau membagikan Facebook Page Anda, akan sangat baik bagi toko online Anda. Oleh karena itu, cocok bagi mereka untuk mendapatkan reward

– Mengundang Customer

Ketika konsumen telah membagikan Facebook Page Anda, langkah selanjutnya cobalah ajak mereka untuk mengajak teman atau sahabat. Dengan begitu, kemungkinan produk Anda mudah dikenali, terbuka lebar. Ini cara menarik yang perlu diterapkan dalam Facebook marketing

4. Minta Ulasan

Ini salah satu cara yang cukup baik. Ketika seorang konsumen menuliskan ulasan dengan baik apalagi jujur, tentu saja akan meningkatkan reputasi produk Anda. Selain itu, juga meningkatkan reputasi brand image Anda. Ajaklah mereka untuk memberikan rating 5. Semakin angka yang ditampilkan tinggi, maka kemungkinan besar produk Anda lebih dikenal. 

5. Iklan

Tentu saja dalam Facebook marketing, hal yang paling krusial adalah iklan. Mau tidak mau, Anda perlu menggunakan iklan untuk meningkatkan awareness sekaligus engagement. Dengan iklan, Anda bisa menjangkau pelanggan baru. Dengan iklan pula, setidaknya kemungkinan yang terjadi adalah peningkatan penjualan produk. 

Itulah lima tips membuat Facebook marketing yang perlu Anda ketahui. Ketika Anda telah memahami pentingnya Facebook marketing, Anda siap menjalankan bisnis. Agar bisnis berkembang, gunakan metode pembayaran yang sesuai dengan preferensi pelanggan.  

Menerima pembayaran sesuai preferensi pelanggan dapat meningkatkan penjualan bisnis Anda. Dengan Xendit, Anda dapat menerima pembayaran melalui e-wallet, virtual account (transfer bank), kartu kredit/debit, gerai retail, dan cicilan tanpa kartu kredit/debit.

Daftar sekarang tanpa dikenakan biaya pengaturan dan perawatan, hanya bayar sesuai penggunaan. Cari tahu selengkapnya mengenai Payment Gateway Terbaik di website kami atau segera daftar dan coba demo gratis Xendit sekarang!

Artikel terkait

You’re currently on our [current] site. Would you like to visit our [suggest] site instead?