Buat akun gratis dalam 5 menit! Daftar sekarang

Blog

Dapatkan update terbaru terkait industri fintech, produk Xendit dan dapatkan tips untuk mengembangkan produk Anda.

AIDA Marketing: Strategi Ampuh untuk Meningkatkan Penjualan

Xendit
Terakhir diperbarui: Oktober 28, 2021
 •  3 min read

Kemampuan orang berbisnis sering kali diukur bukan hanya berapa omzet yang bisa diraihnya. Melainkan juga seberapa cerdik dalam menjangkau pelanggan. Setelah menjangkau, mampukah mengelolanya hingga menjadi pelanggan loyal. Agar mampu mencapai semuanya maka pebisnis perlu melakukan aida marketing.

Saat ini, tidak bisa dimungkiri bahwa pemasaran online sedang mencapai puncaknya. Hampir semua pebisnis masuk dan berlomba-lomba di bisnis online. Oleh karena itu, setiap pebisnis saling menerapkan strategi promosi yang berbeda-beda. Seperti, menerapkan konsep aida marketing.

Meskipun aida marketing penting bagi pemasaran online, nyatanya tidak semua pebisnis mampu menerapkannya dengan baik. Ada berbagai kendala seperti kesulitan bahkan bingung untuk mempraktikkannya. Oleh karena itu, artikel ini berusaha menjelaskan dengan detail dan lengkap.

Pengertian Aida Marketing

model aida marketing

Aida marketing adalah sebuah konsep ketika pelanggan telah sadar akan suatu produk, ia kemudian melakukan pertimbangan hingga akhirnya memutuskan untuk membeli produk tersebut. Aida juga merupakan singkatan dari Attention, Interest, Desire, dan Action

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, berarti perhatian, minat, keinginan, dan aksi. Jika mengacu pada kepanjangan serta definisinya, pelanggan menjadi simpul atau tujuan utama di dalam proses penjualan.

Strategi Aida Marketing

Setelah mengetahui apa itu pengertian dari aida marketing, Anda perlu mengetahui pula bagaimana strategi yang perlu dijalankan. Sebenarnya, aida marketing bukanlah sesuatu yang baru. Jika Anda pernah sebagai pelanggan, dan berbisnis dengan perusahaan bisnis terkemuka, perusahaan tersebut biasanya menggunakan strategi ini. 

Sehingga, penting bagi Anda untuk, tidak sekadar mengetahui melainkan juga memahami bagaimana penggunaan strategi aida marketing. Ketika Anda ingin meninggalkan kompetitor, sudah saatnya menerapkan strategi ini. 

1. Attention

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengenalkan produk Anda kepada pelanggan adalah mencari attention atau perhatian. Anda bisa menggunakannya dengan berbagai macam cara. Salah satunya melalui media sosial. 

Fungsikan Instagram sebagai sarana promosi. Sebab, sejauh ini, Instagram menjadi alat promosi yang baik dan berguna. Fitur yang ada di Instagram mampu memenuhi kepuasan batin pada pelanggan. 

2. Interest

Ketika Anda telah mengenalkan produk ke pelanggan, selanjutnya adalah seberapa minat mereka untuk membeli produk Anda. Agar pelanggan menunjukkan minatnya, Anda perlu mengenalkan unique selling point produk. Sebab, itu bisa menjadi keunggulan produk yang tidak dimiliki kompetitor. 

Setelah mengetahuinya, Anda hanya tinggal menunggu waktu. Lalu, pelanggan akan menghubungi Anda kemudian bertransaksi dengan Anda. 

3. Desire

Cara ini perlu dilakukan oleh pebisnis. Ketika pelanggan menunjukkan ketertarikan dan minatnya terhadap produk, Anda hanya butuh sedikit skill agar pelanggan mau membeli. Anda bisa memberikan demo atau ujicoba kepada pelanggan. Dari situ, pelanggan akan paham seberapa jauh kualitas produk Anda. 

4. Action

Ini yang paling ditunggu-ditunggu. Anda hanya tinggal mengamati apakah setelah melalui ketiga strategi itu, pelanggan membeli produk Anda. Agar pelanggan memutuskan untuk bertransaksi, cobalah untuk menawarkan promo dan diskon khusus. Berikanlah member card apabila pelanggan bertransaksi dengan jumlah banyak. 

Maka, itu cara promosi yang membuat pelanggan tidak bisa berpaling. Sehingga inilah strategi terakhir dari konsep aida marketing

Itulah pengertian dan empat strategi aida marketing yang perlu Anda ketahui. Ketika Anda telah memahami pentingnya aida marketing bagi bisnis, Anda siap menjalankan bisnis. Agar bisnis berkembang, gunakan metode pembayaran yang sesuai dengan preferensi pelanggan.  

Menerima pembayaran sesuai preferensi pelanggan dapat meningkatkan penjualan bisnis Anda. Dengan Xendit, Anda dapat menerima pembayaran melalui e-wallet, virtual account (transfer bank), kartu kredit/debit, gerai retail, dan cicilan tanpa kartu kredit/debit.

Jika Anda berjualan di media sosial seperti Instagram ataupun menggunakan aplikasi chatting seperti WhatsApp, Anda juga dapat menggunakan Xendit dengan fitur payment link. Buat payment link melalui dasbor Xendit Anda, tanpa memerlukan skill teknis sedikit pun. Bagikan link yang Anda buat kepada pelanggan dan Anda akan dapat menerima berbagai metode pembayaran yang terintegrasi dengan Xendit.

Daftar sekarang tanpa dikenakan biaya pengaturan dan perawatan, hanya bayar sesuai penggunaan. Cari tahu selengkapnya mengenai Payment Gateway Terbaik di website kami atau segera daftar dan coba demo gratis Xendit sekarang!

Artikel terkait