Buat akun gratis dalam 5 menit! Daftar sekarang

Blog

Dapatkan update terbaru terkait industri fintech, produk Xendit dan dapatkan tips untuk mengembangkan produk Anda.

Produk Digital: Definisi dan Contoh Produk yang Perlu Anda Coba

Xendit
Terakhir diperbarui: Juni 7, 2021
 •  3 min read

Perlahan tapi pasti dunia bisnis berkembang ke era digital. Hal itu dibuktikan dengan hadirnya marketplace di Indonesia yaitu wadah untuk menyajikan aneka produk. Mulai dari produk fisik hingga produk digital. Mulai dari harga terendah hingga harga tertinggi. 

Hadirnya produk digital memang memiliki keuntungan ganda. Pertama, tidak ada pengiriman yang menggunakan jasa pengiriman. Kedua, tidak perlu melakukan penyimpanan atau persediaan produk. Sehingga, produk digital dianggap produk termudah bagi pemula yang ingin menjalankan bisnis. 

Apa Itu Produk Digital

Produk digital adalah produk yang berbentuk digital alias elektronik. Produk tersebut seperti perangkat lunak atau software, tiket, video tutorial, hingga e-book. Tidak hanya produk, melainkan juga jasa dapat dikategorikan dalam bentuk digital. 

Sebagai contoh, Anda adalah seorang pengajar. Jika Anda memiliki teknik mengajar yang mudah dipahami oleh orang lain, Anda bisa memanfaatkannya sebagai lahan bisnis. 

Lalu, apa saja produk digital yang dapat menjadi lahan bisnis? Berikut ini adalah daftarnya.

1. E-Book

Perputaran informasi yang kian cepat memudahkan bagi siapa saja untuk mengaksesnya. Apabila informasi tercecer satu demi satu maka alternatifnya adalah mengumpulkannya menjadi satu kesatuan yang utuh. Lalu, jadilah sebuah buku.

Kini, buku tidak lagi hadir secara fisik melainkan juga elektronik. Orang-orang menyebutnya sebagai e-book. Varian isi dari e-book dapat bermacam-macam yang di antaranya novel, cerpen, kumpulan esai, cerita humor, buku pengetahuan anak-anak, cerita bergambar atau komik, majalah, dan lain sebagainya.

Sehingga, tergantung mana target pasar Anda. Jika mahasiswa, produksi yang baik adalah buku-buku bahan ajar kuliah. Jika pebisnis tanaman, cobalah untuk produk buku bertema holtikultura. 

2. Musik

Beruntunglah Anda yang lahir pada abad ke-21. Dalam hal bermusik, hampir sebagian besar telah berbentuk digital. Jika Anda memiliki keahlian bermain musik, Anda bisa memanfaatkannya menjadi lahan bisnis. Anda bisa saja menjual lagu, lirik lagu, nada dering, hingga soundtrack. Bahkan, Anda bisa menjual suara untuk podcast.

Oleh karena itu, bakat Anda akan tersalurkan. Bahkan, Anda pun bisa menjual buku audio tentang bagaimana cara mengolah vokal yang baik dan benar. Menarik, bukan? 

3. Penelitian

Tidak ada yang menyangka bahwa penelitian yang diwujudkan dalam bentuk produk digital bisa menjadi lahan bisnis. Namun demikian, inilah eranya. Era yang membuat produk apa pun bisa menjadi produk digital.

Jika Anda penyuka angka, lebih-lebih ke statistik, beruntunglah Anda. Apalagi jika Anda mengenal dengan baik Big Data. Itu cara terbaik agar penelitian Anda lebih banyak dikenal oleh orang.

4. Tutorial

Tidak bisa dimungkiri bahwa tutorial video adalah cara mudah bagi pemula untuk belajar. Apalagi, saat ini banyak orang ingin berbisnis. Tutorial mengembangbiakkan lele, menanam cengkeh, hingga membuat brownies adalah beberapa tutorial yang dicari oleh orang-orang.

Oleh karena itu, Anda bisa saja membuat langsung video tersebut dan menjualkan via online. Bahkan, Anda pun bisa membuat kelas standar hingga premium. Ini menjadi sarana yang baik untuk meningkatkan penghasilan.

5. Software

Beragam perangkat lunak atau software hadir untuk memenuhi kebutuhan komputer, laptop, tab hingga ponsel Anda. Jika Anda adalah ahli IT, jual saja produk software Anda. 

Bagi pengguna ponsel, Anda bisa menjualkan via aplikasi App Store atau Play Store. Anda bisa menyediakannya secara gratis namun konsumen hanya mendapatkan fitur tertentu. Lalu, sediakan pula yang berbayar agar konsumen mendapatkan fitur seutuhnya. 

6. Fotografi dan Desain Grafis

Anda penyuka foto? Alangkah lebih baik Anda menjualkan foto Anda di berbagai aplikasi yang tersedia seperti Shutterstock, misalnya. Jika Anda suka mendesain atau menggambar, Anda juga bisa menawarkan keahlian bisnis Anda. Itu bisa menjadi sesuatu yang berguna. Bahkan, baik untuk meningkatkan penghasilan Anda.

Itulah pengertian dan beragam produk digital yang perlu Anda ketahui. Ketika Anda telah memahami pentingnya produk digital, Anda siap menjalankan bisnis. Agar bisnis berkembang, gunakan metode pembayaran yang sesuai dengan preferensi pelanggan.  

Menerima pembayaran sesuai preferensi pelanggan dapat meningkatkan penjualan bisnis Anda. Dengan Xendit, Anda dapat menerima pembayaran melalui e-wallet, virtual account (transfer bank), kartu kredit/debit, gerai retail, dan cicilan tanpa kartu kredit/debit.

Daftar sekarang tanpa dikenakan biaya pengaturan dan perawatan, hanya bayar sesuai penggunaan. Cari tahu selengkapnya mengenai Payment Gateway Terbaik di website kami atau segera daftar dan coba demo gratis Xendit sekarang!

Artikel terkait