Buat akun gratis dalam 5 menit! Daftar sekarang

Blog

Dapatkan update terbaru terkait industri fintech, produk Xendit dan dapatkan tips untuk mengembangkan produk Anda.

6 Tips Foto Produk yang Perlu Anda Ketahui

Xendit
Terakhir diperbarui: Maret 24, 2021
 •  3 min read

Perkembangan bisnis dari hari ke hari makin pesat. Apalagi saat ini memasuki era jualan online. Jualan yang tak mengharuskan bertemunya penjual dan konsumen. Maka, agar konsumen tertarik dengan produk, Anda harus menampilkan foto produk yang menarik. 

Anda perlu memajang produk yang terlihat eye catching di toko online. Sebab, saat ini, visual produk akan sangat menentukan tingkat penjualan. Seperti di Instagram atau marketplace. Agar foto menarik, beberapa penjual online menyewa jasa fotografer profesional. 

Padahal, Anda bisa melakukannya sendiri dengan biaya yang lebih terjangkau. Akan tetapi, sering kali Anda tidak yakin dengan hasil foto. Maka dari itu, di sini dijelaskan mengenai tips foto produk agar hasilnya menarik. 

Tips Foto Produk

1. Siapkan Background Foto

Anda tidak perlu ke studio foto hanya untuk mendapatkan background foto yang menarik. Alangkah lebih baik jika Anda membuat studio mini. Anda hanya membutuhkan karton putih atau HVS, selotip, meja, dan dinding.

Agar hasil maksimal, cobalah menggunakan background foto yang cerah, seperti putih. Keuntungan memilih warna putih adalah Anda mampu memaksimalkan produk dengan detail. Lalu, kesan yang ditampilkan adalah cerah. 

Jangan lupa gunakan kertas di tiap sisi agar foto tidak berbayang. Sehingga, ketika ditampilkan di toko online Anda benar-benar rapi dan detail. 

2. Gunakan Model

Apakah produk Anda adalah pakaian, kosmetik, atau sepatu? Jika iya, alangkah bermanfaatnya jika Anda menggunakan model di foto produk Anda. Penggunaan model menjadi daya tarik bagi konsumen.

Ketika konsumen melihat foto produk tersebut menarik, yang terjadi adalah hadirnya transaksi di toko online Anda. Sebab, konsumen akan percaya bahwa produk tersebut benar-benar berkualitas. 

3. Pencahayaan yang Terang

Tidak bisa dimungkiri bahwa keberhasilan foto produk lebih ditentukan karena konsep foto yang menarik. Misal, pencahayaan yang baik. 

Jika Anda pemula, dan masih menggunakan kamera handphone untuk memotret, usahakan cari tempat yang terang agar foto terlihat cerah dan detail. Pencahayaan akan sangat menentukan bagi foto produk Anda. Apakah gelap, berbayang atau justru cerah. 

4. Tema Foto

Sering kali Anda mengambil foto kemudian diunggah ke media sosial pribadi. Itu sah-sah saja. Akan tetapi, perlakuan berbeda jika foto tersebut untuk foto produk. Anda disarankan menentukan tema foto. 

Misal, Anda menggunakan pendamping seperti kopi, jika produk Anda adalah buku. Atau peralatan masak, jika produk Anda adalah bumbu dapur. Sehingga, konsumen akan mengenali ciri khas dari foto produk Anda. 

5. Cari Sudut Pandang

Hal ini juga menentukan bagi foto produk. Anda jangan terus menerus foto dari depan. Anda perlu eksplor. Apakah harus dari belakang, jika produk Anda adalah pakaian.

Namun, jika produk Anda adalah makanan, sangat disarankan foto produk dari atas. Agar kesan detail dan rapi muncul dalam benak konsumen.

6. Hindari Penggunaan Zoom

Yang perlu Anda ketahui bahwa tidaklah perlu menggunakan Zoom ketika menggunakan handphone. Hasilnya akan terlihat kurang menarik. Andai Anda butuh foto yang lebih jelas, alangkah lebih baik Anda mendekati produk. Sehingga hasilnya terlihat baik dan detail. 

Ketika Anda telah memahami bagaimana tips foto produk, Anda siap menjalankan bisnis. Agar bisnis berkembang, gunakan metode pembayaran yang sesuai dengan preferensi pelanggan.  

Menerima pembayaran sesuai preferensi pelanggan dapat meningkatkan penjualan bisnis Anda. Dengan Xendit, Anda dapat menerima pembayaran melalui e-wallet, virtual account (transfer bank), kartu kredit/debit, gerai retail, dan cicilan tanpa kartu kredit/debit.

Terima pembayaran online dengan mengintegrasikan kami ke platform e-commerce, mesin booking, dan lainnya tanpa harus membangun platform pembayaran Anda sendiri. Integrasikan kode Anda dengan code library kami dengan mudah.

Daftar sekarang tanpa dikenakan biaya pengaturan dan perawatan, hanya bayar sesuai penggunaan. Cari tahu selengkapnya mengenai Payment Gateway Terbaik di website kami atau segera daftar dan coba demo gratis Xendit sekarang!

Artikel terkait

You’re currently on our [current] site. Would you like to visit our [suggest] site instead?