Blog

Dapatkan update terbaru terkait industri fintech, produk Xendit dan dapatkan tips untuk mengembangkan produk Anda.

Udah siap menyambut 12.12 atau Harbolnas?

Xendit
Terakhir diperbarui: Desember 13, 2021
 •  3 min read

Udah siap menyambut Harbolnas? Ini 5 strategi menaikkan omzet jualanmu!

Harbolnas

Siapa yang menyangka, perayaan sederhana sebagai seorang yang jomblo, digagas lebih dari 25 tahun lalu, kini menjadi salah satu hari belanja yang paling ditunggu-tunggu di Asia Tenggara? Inilah fakta menarik tentang 11.11. atau yang umum disebut sebagai Singles’ Day. Khusus di Indonesia, Harbolnas adalah ajang pesta diskon yang sangat ditunggu-tunggu khalayak, yang jatuh pada 12 Desember setiap tahunnya.

Untuk mendukung bisnis kamu #KebutCuan, mulai hari ini hingga Desember 2021, raih kesempatan untuk memenangkan hadiah menarik setiap minggunya: mulai dari gift card marketplace, saldo pengiriman barang, layanan gratis pengembalian barang, hingga influencer shout-out untuk mempromosikan bisnis kamu! Daftar Xendit hari ini dan aktifkan lebih dari 20+ metode pembayaran agar pelanggan makin puas belanja di toko online kamu!

Berikut fakta menarik soal Harbolnas yang kami himpun dari beberapa sumber:

  • Lazada mencatat kenaikan omzet penjualan 3x lipat selama 11.11 dan 12.12 tahun lalu
  • iDEA mencatat nilai transaksi di atas Rp. 11,6 triliun pada Harbolnas tahun 2020 
  • Sirclo mencatat kenaikan transaksi 4x lipat dibandingkan tahun 2019, yang berasal dari pelanggan di luar Pulau Jawa 

Sebagai penjual/pengecer, ini adalah salah satu kesempatan yang tidak boleh terlewatkan! Berikut adalah 5 tips untuk menaikkan omzet penjualan selama Harbolnas.

1. Buat Toko Online

Memiliki akun Instagram untuk memperlihatkan produk/layanan yang kamu tawarkan adalah awal yang baik. Sebagai penjual, kamu juga perlu menciptakan pengalaman berbelanja yang lancar sehingga pelanggan mudah melakukan aktivitas berbelanja dan pembayaran. Idealnya, semua aktivitas ini harus dilakukan dalam satu platform. Saat kamu memberi pelanggan pengalaman berbelanja yang baik seperti ini, kamu akan menciptakan word-of-mouth yang kuat dan ini akan membantu meningkatkan penjualan tokomu.

  • Baru mulai usaha? Download Xendit hari ini! Kemudahan apa saja yang ditawarkan? 
    • Bisa menerima lebih dari 20 metode pembayaran
    • Mudah mengelola bisnis dari smartphone
    • Syarat pendaftaran yang gampang: KTP, NPWP, dan link website/media sosial
    • Akses langsung payment link dan mulai terima pembayaran dari pelanggan
    • Notifikasi real-time saat pelanggan melakukan pembayaran 
  • Sudah punya website sendiri? Daftar Xendit hari ini, supaya urusan sinkronisasi stok antara website dan semua marketplace ngga pusing lagi mengelolanya! Harbolnas toko kamu bisa makin cuan, deh! 

2. Perkuat Brand Awareness

Dalam survei Nielsen terbaru, 60% konsumen lebih suka membeli produk karena sebuah brand. Maka, usaha yang perlu kamu lakukan adalah perkuat branding tokomu. Mulai dari posting konten yang relevan dengan brand kamu secara konsisten di media sosial seperti Facebook, Instagram, atau buat video TikTok yang menarik. Memiliki postingan media sosial yang diperbarui secara berkala akan memengaruhi cara kerja algoritma media sosial, dan ini akan membuat brand kamu jadi lebih sering muncul, terutama jika engagement pada postingan tersebut juga banyak dan aktif. 

3. Strategi Bundling

Ini adalah salah satu cara cukup efektif dalam meningkatkan omzet penjualan. Apalagi festival belanja Harbolnas sudah di depan mata. Coba terapkan strategi bundling, dimana kamu menawarkan dua produk/lebih dalam satu paket. Tawarkan juga ragam variasi paket bundling yang sesuai, sehingga pelanggan punya beberapa opsi sebelum melakukan pembelian.

4. Penawaran Spesial 

Siapkan daftar produk diskon terkurasi yang akan kamu tawarkan saat Harbolnas, diskon khusus selama waktu tertentu dalam hari tersebut, atau bahkan diskon tambahan dengan periode terbatas sehingga pelanggan dapat bersiap-siap untuk berbelanja! Contoh: 100 pembeli pertama akan mendapatkan voucher cashback senilai Rp. 50,000 atau kupon gratis pengiriman untuk 50 pembeli paket bundling pertama. Ada banyak hal yang bisa kamu kreasikan dari sisi penawaran spesial/diskon, yang tentunya akan menaikkan omzet penjualan kamu. 

5. Kelola Kualitas Produk

Mulai dari jualan kaos kaki, aksesori, atau elektronik, kualitas produk adalah salah satu faktor yang akan selalu disebut-sebut oleh pelanggan. Maka dari itu, menjelang Harbolnas, pastikan kamu melakukan quality control yang ketat agar nantinya produk tidak mengecewakan pelanggan. Bukan hanya itu, pastikan stok barang cukup dan jalur komunikasi terbuka untuk pelanggan yang ingin bertanya soal pembeliannya. Kualitas produk dan layanan setelah pembelian adalah satu kesatuan agar brand kamu menjadi top of the mind.

Kamu sudah siap untuk menyambut Harbolnas? Mulai hari ini hingga Desember 2021, kamu berkesempatan memenangkan hadiah-hadiah menarik seperti: marketplace gift card, saldo untuk pengiriman barang, layanan gratis pengembalian barang dan influencer shout-out untuk promosiin jualanmu! Tunggu apa lagi, ayo daftar Xendit hari ini!

📌 Syarat & ketentuan:

  1. Khusus pengguna baru Xendit yang mendaftar mulai dari 27 Oktober hinge 12 Desember 2021
  2. Khusus pelaku usaha mikro dan UKM
  3. 5 pemenang akan diumumkan setiap awal minggu mulai 8 November hingga 13 Desember 2021 
  4. Pemenang dipilih berdasarkan jumlah transaksi terbanyak setiap minggu, selama periode promo
  5. Keputusan nama-nama pemenang yang dipilih oleh Xendit tidak dapat diganggu-gugat, para pemenang akan diumumkan melalui email
  6. Xendit memantau sistem untuk setiap penyalahgunaan atau aktivitas penipuan, dan kami berhak untuk tidak mengikutsertakan merchant dengan aktivitas mencurigakan dalam kegiatan promos.

Artikel terkait