Buat akun gratis dalam 5 menit! Daftar sekarang

Customer Success Story

Anakbisa.com: Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan Dengan Metode Pembayaran Beragam

2 min read

Philip Triatna dan Julie Tane, adalah pasangan suami-istri yang dikenal sebagai sebagai pencipta puluhan board & card games, komik strip dan video kartun. Sementara itu, Mico Wendy dan Angelique Handoko adalah pasangan suami-istri yang membuat anakbrillian.com, anakdetak (aplikasi Android) dan babyplaylearn.com, sebuah aplikasi anak usia dini yang pernah memenangkan perlombaan tingkat dunia di Barcelona.

Selama pandemi, mereka seringkali melihat anak-anak yang harus sekolah online dari rumah, sangat minim aktivitas yang membangun. Padahal, dengan minimnya interaksi sosial dengan teman-teman sebaya yang lain, anak-anak perlu didorong motivasinya untuk mempelajari hal-hal baru yang mungkin bisa menjadi minatnya di masa depan.

Hal inilah yang mendorong Philip, Juli, Mico dan Angelique untuk membuat sebuah platform pembelajaran khusus untuk anak-anak, yaitu AnakBisa.com pada bulan Februari 2021. Kelas yang ditawarkan adalah berupa paket tutorial untuk anak-anak usia 5 tahun hingga 17 tahun. Topik belajarnya juga seru sekali, mulai dari belajar menggambar, belajar memasak, belajar berkreasi, membuat Origami dan masih banyak lagi.

Dari pembayaran manual hingga 10+ metode pembayaran yang otomatis

Perjalanan mendirikan AnakBisa.com dari awal memang tidak mudah. Terutama untuk soal pembayaran kelas. Sebelum menggunakan Xendit, AnakBisa.com hanya menawarkan 1 rekening pembayaran transfer untuk memudahkan pengecekan.

Jika ada customer yang ingin melakukan pembayaran paket kelas, maka customer tersebut harus mentransfer sejumlah harga kelas ke rekening secara manual, lalu mengirimkan bukti transfer via WhatsApp/email ke tim Anakbisa.com. Prosesnya bisa makan waktu lama, karena tim AnakBisa.com hanya melakukan pengecekan transfer yang masuk selama hari kerja; Senin hingga Jumat dari pukul 09:00-17:00 WIB. Seringkali ada pertanyaan perihal transfer rekening ini, contohnya saat customer tidak memiliki bank yang sama dengan rekening pembayaran yang tercantum di website AnakBisa.com. Belum lagi, banyak kesempatan yang hilang untuk bisa menjual kelas karena terkendala masalah pembayaran namun tidak menginformasikan kepada tim AnakBisa.com.

AnakBisa.com akhirnya memutuskan untuk menggunakan Xendit, setelah mendapatkan testimonial dari salah satu teman yang juga sudah menggunakan Xendit. Saat ini, AnakBisa.com sudah aktif menggunakan layanan Money-In, yaitu untuk menerima pembayaran dari customer yang melakukan pembelian via website mereka. Metode pembayaran yang sudah mereka aktifkan ada lebih dari 10 metode pembayaran, termasuk kartu kredit dan QRIS.

Dengan menggunakan Xendit, proses pembayaran paket kelas berjalan dengan otomatis tanpa tambahan operator. Dan, customer memiliki pilihan metode pembayaran yang beragam, sehingga tingkat kepercayaan customer terhadap AnakBisa.com juga meningkat.