Buat akun gratis dalam 5 menit! Daftar sekarang

Customer Success Story

Noveré: Menjalankan strategi promosi dengan flash sale untuk launching koleksi terbaru

3 min read

Noveré didirikan oleh dua kakak beradik, Jeanita Adelina dan Jesca Aderland pada tahun 2017. Ia dimulai sebagai bisnis kecil-kecilan, berjualan melalui Instagram dan WhatsApp, semua transaksi dilakukan secara manual. Seiring bertumbuhnya bisnis, tim Noveré kemudian membuat website sendiri untuk mengelola pesanan.

Sebagai brand apparel, Noveré memiliki spesialisasi dapat menyediakan pakaian wanita siap pakai yang chic dan kasual. Noveré selalu menyampaikan pesan sosial dalam koleksi-koleksi nya. Contohnya, salah satu koleksi Noveré dinamakan Noveré Birch, yang berarti kuat. Penamaan ini diharapkan dapat mendorong #noveresisters (nama panggilan pelanggan Noveré) untuk melangkah keluar dari zona nyaman.

Dari sisi produk, Noveré menyediakan produk dengan material yang ramah lingkungan seperti menggunakan bahan fabric Tencel™, menggunakan kemasan tanpa bahan plastik, tag yang dapat digunakan kembali sebagai penanda buku, untuk mengurangi limbah pakaian.

 

Noveré memiliki dua segmen utama: ready to wear, untuk wanita yang suka menggunakan pakaian longgar dan tidak ketat dan home wear, untuk mereka yang ingin tetap tampil chic di rumah, menggunakan bahan Tencel™ yang sangat nyaman dipakai.

Flash sale, strategi promosi eCommerce masa kini

Noveré mulai menjalankan web hunt sejak Juni 2021. Web hunt adalah, sejenis flash sale di mana pelanggan akan dapat membeli suatu koleksi produk lewat website pada waktu tertentu. Keputusan ini dilatarbelakangi tingginya permintaan setiap kali ada koleksi baru. Untuk mengakomodasi lonjakan pembelian, tim Noveré menjalankan strategi ini untuk kenyamanan #noveresisters. Sejak itu, Noveré berencana untuk mengadakan dua web hunt setiap bulannya.

Dilihat dari perspektif bisnis, strategi ini sangat menguntungkan. Lonjakan penjualan akan menjadi lebih mudah untuk diprediksi, sehingga bisnis dapat mempersiapkan stok pada tanggal tersebut.

Ada beberapa checklist yang tim Noveré lakukan sebelum menjalankan flash sale.  Pertama, dari sisi pengembangan produk, mulai dari material hingga desain. Biasanya, koleksi produk dipersiapkan beberapa bulan sebelum launching. Kedua, persiapan promosi. Tim Noveré biasanya melakukan photoshoot, membuat ads dan menyebarkannya di media sosial.

 

Terakhir, persiapan teknis. Noveré menggunakan jasa Expatify untuk mengelola toko eCommerce mereka. Semua aspek teknis akan dikerjakan dari sisi Expatify. Ketika Noveré ingin menjalankan flash sale, Expatify merekomendasikan untuk menggunakan Xendit sebagai payment gateway.

Sebelumnya, Noveré hanya menerima pembayaran melalui transfer bank manual. Proses ini sangat menyulitkan akibat banyaknya order yang masuk. Setiap bukti pembayaran dari diverifikasi secara manual. Selain itu, dari sisi pembeli, juga banyak yang lupa mengirimkan bukti pembayaran sehingga dapat menyebabkan keterlambatan pengiriman barang.

“Ketika kami memilih untuk menggunakan Xendit, kami juga mengeksplorasi opsi payment gateway lainnya. Namun, tidak ada yang dapat mengakomodasi kebutuhan kami. Untungnya, Expatify memperkenalkan kami pada Xendit. Akhirnya, kami setuju untuk mengubah skema pembayaran kami dan mulai menggunakan Xendit.”

Sejak menggunakan Xendit, tim Noveré tidak perlu lagi memverifikasi pembayaran secara manual, sehingga mengurangi human error. Selain itu, Xendit juga menyediakan layanan pelanggan yang responsif dan selalu siap memberikan solusi.

Selama flash sale, traffic di situs Noveré sangat ramai. Noveré menerima hingga 400 permintaan invoice dalam 15 menit pertama. Pelanggan menyukai proses pembayaran dengan Xendit karena kini mereka dapat memilih opsi pembayaran VA, kartu, QRIS, dan e-Wallet.

Rencana Noveré

Akibat kesuksesan strategi ini, tim Noveré akan menjadikannya sebagai bagian esensial bagi bisnis mereka. Flash sale akan menjadi strategi reguler untuk melakukan launching setiap produk baru, dan rencananya akan dilakukan dua kali sebulan.

“Semoga sistemnya terus berjalan dengan baik, walaupun jumlah traffic semakin meningkat dan selalu menyediakan pengalaman pelanggan yang menyenangkan #noveresisters.”