Ketentuan dan Syarat

Kami, PT Sinar Digital Terdepan, sebuah perseroan terbatas yang didirikan berdasarkan hukum Indonesia, dalam Syarat dan Ketentuan ini bertindak sebagai Pihak Pertama dan Anda akan dianggap sebagai Pihak Kedua berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini. Pihak Pertama dan Pihak Kedua secara kolektif disebut sebagai Para Pihak dan secara individual sebagai Pihak.

Pihak Pertama berhak untuk mengamandemen, mengubah atau menambahkan Ketentuan-Ketentuan setiap saat dan (dengan tunduk pada hukum) untuk jumlah yang tidak terbatas, kemudian tanpa pembatasan atas kebijakan tunggal dan mutlaknya dengan menampilkan versi revisi Syarat dan Ketentuan ini (https://www.xendit.co/id/terms-and-conditions) ("Ketentuan-Ketentuan"), dengan ketentuan bahwa Pihak Pertama telah menyampaikan pemberitahuan empat belas (14) hari kalender sebelumnya ("Periode Pemberitahuan") kepada Pihak Kedua sebelum tanggal efektif perubahan, modifikasi atau penambahan pemberitahuan tersebut diberikan melalui surat elektronik atau hal lainnya secara tertulis. Setelah menerima pemberitahuan tersebut dari Pihak Pertama, dalam Periode Pemberitahuan, Pihak Kedua berhak segera mengakhiri Perjanjian ini dengan mengirimkan pemberitahuan tertulis kepada Pihak Pertama dengan maksud untuk mengakhiri. Setelah berakhirnya Periode Pemberitahuan dan sejauh tidak ada pemberitahuan yang diterima oleh Pihak Pertama, Pihak Kedua dengan ini setuju untuk menerima dan terikat dengan amandemen, perubahan atau penambahan yang dilakukan terhadap Syarat dan Ketentuan ini. Syarat dan Ketentuan yang telah diamandemen, diubah, atau ditambah akan menggantikan semua versi sebelumnya.

Ketentuan-Ketentuan ini merupakan satu dokumen dengan Perjanjian Layanan dan tidak dapat ditafsirkan secara terpisah, kecuali jika telah ditetapkan secara khusus berdasarkan Ketentuan-Ketentuan dan/atau Perjanjian Layanan ini.

  1. INTERPRETASI
    1. Definisi: Semua istilah dengan huruf kapital yang tidak didefinisikan dalam Ketentuan ini akan memiliki makna yang diberikan padanya dalam Perjanjian Layanan.
    2. Untuk tujuan Ketentuan ini, dan kecuali apabila konteksnya mensyaratkan secara lain:
    3. "Afiliasi" berarti perusahaan induk, anak perusahaan, perusahaan terasosiasi atau entitas lain yang mengendalikan Pihak Pertama atau yang dikendalikan oleh Pihak Pertama atau yang berada di bawah pengendalian bersama oleh Pihak Pertama.

      "API" berarti aplikasi pemrograman antarmuka, satu set definisi Subroutine, protokol-protokol dan alat –alat untuk membuat perangkat lunak dan aplikasi antarmuka, yang disediakan oleh Pihak Pertama dan dapat digunakan oleh Pihak Kedua untuk mengakses Jasa.

      "Layanan Pemrosesan Kartu" berarti:

      1. layanan pemrosesan, yang memungkinkan Pihak Kedua untuk menerima kartu kredit dan kartu debit sebagai cara pembayaran pada website atau mobile platform dan untuk menerima pembayaran masuk dari Pengguna Akhir melalui cara pembayaran tersebut, dan yang meliputi suatu merchant account yang disponsori bank, alat perlindungan penipuan, fungsi penagihan yang berulang, penyimpanan kartu pembayaran, penerimaan valuta asing, white glove customer support, dan perangkat lunak yang diperlukan lainnya, API-API, layanan dan teknologi yang dijelaskan dalam Dokumentasi Layanan; dan
      2. layanan gateway, yang melengkapi Pihak Kedua dengan perangkap lunak dan konektivitas yang disyaratkan untuk memungkinkan transmisi data real-time yang aman untuk pemrosesan pembayaran kartu kredit dan debit pada suatu website atau mobile platform.

      "Tagihan" berarti suatu instruksi kredit atau debit untuk mengambil dana dari suatu rekening yang dimiliki Pengguna Akhir dengan suatu bank atau institusi keuangan lain untuk sehubungan dengan suatu transaksi antara Pengguna Akhir dan Pihak Kedua.

      "Tagihan Balik" berarti suatu tanggapan terhadap suatu pembayaran kepada Pihak Kedua bahwa suatu Pengguna Akhir mengajukan secara langsung dengan penerbit kartu kredit atau debitnya.

      "Penerimaan" berarti tindakan yang dilakukan oleh Pihak Pertama atas nama Pihak Kedua untuk memungkinkan Pihak Kedua untuk menerima pembayaran(-pembayaran) masuk dari Pengguna Akhir, dengan cara Rekening Virtual atau Alfamart, dan melalui API, dan "Penerimaan-Penerimaan" berarti setiap dua atau lebih perihal dari tindakan tersebut.

      "Informasi Rahasia" berarti setiap data atau informasi, secara lisan atau tertulis, dianggap sebagai rahasia yang berhubungan dengan salah satu Pihak (atau jika salah satu Pihak terikat untuk melindungi kerahasiaan dari informasi milik pihak ketiga, maka data atau informasi yang dimaksud adalah milik pihak ketiga tersebut) riset atau kegiatan, pengembangan usaha, termasuk produk dan jasa yang tidak diumumkan, setiap informasi terkait dengan pengembangan, Dokumentasi Layanan (dalam bentuk atau media apapun yang disediakan), penemuan, proses, rencana, informasi finansial atau informasi uji kelayakan, data pribadi dan identitas Pengguna Akhir, dan persyaratan keuangan dari Perjanjian Layanan yang ada di masa lalu, sekarang, atau masa depan. Terlepas dari ketentuan di atas, Informasi Rahasia tidak boleh dianggap untuk meliputi informasi jika: (i) telah diketahui pihak yang menerima sebelum Tanggal Berlaku dari Perjanjian Layanan, sebagaimana yang ditetapkan oleh bukti dokumenter; (ii) sedang atau telah memasuki bidang publik tanpa melalui pelanggaran atas Perjanjian Layanan atau tindakan tanpa hak lain dari pihak yang menerima; (iii) telah diterima dengan sah oleh pihak yang menerima dari suatu pihak ketiga dan tanpa melanggar kewajiban dari kerahasiaan atas pihak ketiga tersebut kepada pemilik dari Informasi Rahasia (iv) telah disetujui untuk pembebasan melalui otorisasi secara tertulis dari pemilik Informasi Rahasia; atau, (v) telah dikembangkan secara independen oleh suatu pihak tanpa akses untuk atau kegunaan dari Informasi Rahasia pihak lain.

      "Dashboard" berarti suatu platform pelaporan berbasis web yang diberikan oleh Pihak Pertama kepada Pihak Kedua.

      "Rekening Tujuan" berarti suatu rekening yang disebutkan oleh Pihak Kedua ke dalam mana, atas instruksi Pihak Kedua yang dibuat sesuai dengan prosedur yang ditetapkan oleh Pihak Pertama, dana akan dikirimkan oleh Pihak Pertama.

      "Pengiriman Dana" berarti tindakan yang dilakukan oleh Pihak Pertama atas nama Pihak Kedua yang ditentukan dalam usulan, dengan cara transfer bank, suatu pergerakan Dana dari suatu Rekening Top-Up ke suatu Rekening Tujuan melalui API atau dengan cara unduh secara manual dan "Pengiriman-Pengiriman Dana" berarti dua atau lebih perihal dari tindakan tersebut.

      "IDR", "Rupiah" atau "Rp." berarti mata uang yang sah untuk saat ini di Indonesia.

      "UI Tagihan" berarti antarmuka pengguna untuk sistem penagihan yang diberikan oleh Pihak Pertama.

      "Kerugian" berarti kerugian, kerusakan, kewajiban, biaya dan pengeluaran (termasuk upah dan pengeluaran dari penasehat hukum dan lainnya, biaya pengadilan dan biaya penyelesaian sengketa lainnya) yang diderita atau dikeluarkan oleh suatu pihak.

      "Pengembalian Dana" berarti suatu instruksi yang diinisiasikan oleh Pihak Kedua untuk mengembalikan dana kepada suatu Pengguna Akhir untuk Tagihan yang ada.

      "Pengembalian" berarti suatu instruksi yang diinisiasikan oleh setiap bank, usaha jasa uang, jaringan pembayaran, atau penengah keuangan lain, atau Pihak Pertama untuk mengembalikan dana untuk suatu Tagihan yang ada. Pengembalian dapat berakibat dari (i) tidak berlakunya suatu tagihan oleh suatu bank, usaha jasa uang, jaringan pembayaran, atau penengah keuangan lain; (ii) dana yang diselesaikan terhadap Pihak Kedua dengan kesalahan atau tanpa pengesahan; dan (iii) pengajuan atas suatu Tagihan dalam pelanggaran Aturan Jaringan, atau dimana pengajuan Tagihan atau penggunaan Layanan Pemrosesan Kartu oleh Pihak Kedua melanggar Ketentuan-Ketentuan ini atau Perjanjian Layanan.

      "Transaksi Pihak Kedua" berarti informasi terkait dengan pembelian barang dan jasa dari Pihak Kedua oleh suatu Pengguna Akhir.

      "Perjanjian Layanan" berarti perjanjian yang dibuat Para Pihak sehubungan dengan Layanan yang disediakan oleh Pihak Pertama kepada Pihak Kedua.

      "Dokumentasi Layanan" berarti secara bersama-sama, instruksi pengoperasian, panduan pengguna, dan berkas bantuan, dalam bentuk tertulis atau elektronik, yang dibuat tersedia kepada Pihak Kedua (termasuk, namun tidak terbatas pada, informasi yang ditemukan dalam www.xendit.co), dan yang dimaksudkan untuk penggunaan sehubungan dengan Layanan.

      "Top-Up" berarti setiap penambahan atas saldo dalam Rekening Top-Up yang harus dilakukan dalam Rupiah kecuali apabila Layanan melibatkan suatu konversi valuta asing sebelum Pengiriman Dana, dalam hal mana Top-Up tersebut harus dilakukan dalam USD sepanjang diperbolehkan berdasarkan ketentuan dan peraturan hukum yang berlaku.

      "Rekening(-Rekening) Top-Up" berarti rekening(-rekening) bank yang dibuat dan dikelola pada setiap Bank yang ditunjuk oleh Pihak Pertama yang ditunjuk untuk tujuan menyimpan saldo dana Pihak Kedua untuk dan sepanjang penggunaan Layanan dari Pihak Kedua.

      "USD" berarti mata uang yang sah pada saat ini di Amerika Serikat.

      "Rekening Virtual" berarti suatu rekening bank sementara yang dibuat oleh Pihak Pertama untuk menerima dana yang dimaksudkan untuk Pihak Kedua.

  2. BIAYA LAYANAN
    1. Kecuali disepakati secara lain antara Para Pihak secara tertulis, biaya layanan yang akan dibayar oleh Pihak Kedua ke Pihak Pertama untuk Layanan (termasuk (apabila sesuai) setiap mata uang dan biaya Tagihan Balik yang harus ditanggung oleh Pihak Kedua) harus sebagaimana diatur dalam Lampiran Harga dari Perjanjian Layanan dan disertakan dalam Perjanjian ini dengan rujukan ini. Apabila Pihak Kedua mulai menggunakan setiap Layanan dari Pihak Pertama tanpa persetujuan atau negosiasi terlebih dahulu dengan Pihak Pertama, biaya dan tagihan yang berlaku dan dapat dibayarkan haruslah yang ditentukan dalam daftar harga di www.xendit.co yang disertakan disini dengan rujukan ini.
    2. Pihak Kedua harus membayar biaya layanan untuk Layanan kepada Pihak Pertama sesuai dengan ketentuan pada Perjanjian Layanan.
    3. Suatu Penerimaan harus dianggap dilaksanakan ketika dana yang disebutkan dalam suatu tagihan yang dikeluarkan oleh Pihak kedua berhasil ditransfer oleh suatu Pengguna Akhir ke rekening bank yang ditunjuk yang disebutkan dalam tagihan tersebut.Suatu Pengiriman Dana harus dianggap dilakukan ketika dana yang disebutkan dalam instruksi Pihak Kedua (dalam hal suatu Pengiriman Dana melalui API) dalam API terkait atau (dalam hal suatu Pengiriman Dana dengan cara unggah manual) dalam berkas .XSLX yang diunggah oleh Pihak Kedua untuk suatu transaksi yang berhasil dikirimkan dari saldo Pihak Kedua ke rekening bank terkait yang ditunjuk oleh Pihak Kedua untuk tujuan penerimaan dana tersebut.
    4. Pihak Pertama berhak untuk merevisi Lampiran Harga dan harga dan tagihan yang disepakati pada setiap waktu, dengan ketentuan bahwa pemberitahuan perubahan tersebut telah diberikan kepada Pihak Kedua sesuai dengan Klausul 4.2 dari Perjanjian Layanan.
    5. Pihak Kedua setuju bahwa Pihak Pertama berhak untuk segera melakukan pemotongan langsung atas setiap pengeluaran, biaya, harga atau tagihan yang terhutang oleh Pihak Kedua kepada Pihak Pertama sesuai dengan Lampiran Harga atau setiap Kerugian yang secara sah dan seuai dengan hukum dikeluarkan oleh Pihak Pertama sebagai suatu hasil dari tindakan Pihak Kedua, sebagaimana ditentukan sesuai dengan Klausul 7 (Penyelesaian Sengketa) dari Perjanjian Layanan, Ketentuan 2.6 atau Ketentuan 7 di bawah, sebelum mengirimkan setiap jumlah yang mana Pihak Kedua berhak kepada Pihak Kedua.
    6. Dalam hal bahwa suatu jumlah jatuh tempo (atau bagian apapun dari itu) yang dinyatakan dalam suatu tagihan tidak diselesaikan sepenuhnya dalam tujuh (7) hari dari sejak tanggal Tagihan tersebut, Pihak Pertama berhak untuk menagih bunga pada tingkat suku bunga satu persen (1%) per bulan pada jumlah jatuh temp tersebut (atau bagian dari itu), yang akan menjadi dapat ditagih dari tanggal yang jatuh tujuh (7) hari dari tanggal tagihan tersebut hingga dan meliputi tanggal bahwa jumlah jatuh tempo tersebut (atau bagian darinya) diselesaikan sepenuhnya oleh Pihak Kedua.
  3. LAYANAN PENGIRIMAN DANA
    1. Setiap Pengiriman Dana yang dilakukan atau yang akan dilakukan oleh Pihak Pertama atas nama Pihak Kedua selalu tunduk kepada ketentuan berikut ini:

    2. Instruksi untuk melakukan Pengiriman Dana hanya bisa diberikan oleh Pihak Kedua kepada Pihak Pertama melalui API atau dengan cara pengunggahan secara manual pada Dashboard dan seluruh instruksi tersebut Instruksi tersebut hanya berlaku jika dibuat sesuai dengan format atau template yang ditetapkan oleh Pihak Pertama dalam Dokumentasi Layanan. Pihak Pertama tidak berkewajiban untuk melakukan Pengiriman Dana atas nama Pihak Kedua sampai ada instruksi Pengiriman Dana yang disampaikan sesuai dengan Ketentuan ini 3.1.
    3. Semua instruksi yang diterima untuk melakukan Pengiriman Dana yang disampaikan dengan kunci API Pihak Kedua dianggap final dan tidak dapat dibatalkan pada saat pengiriman, yang merupakan saat dimana Pihak Kedua mengajukan permintaan untuk membuat Pengiriman Dana melalui API. Jangka waktu yang muncul dalam tanggapan yang dikembalikan oleh API Pihak Pertama setelah permintaan dari Pihak Kedua tersebut merupakan bukti konklusif tentang waktu penyampaian permintaan tersebut.
    4. Semua instruksi yang diterima untuk melakukan Pengiriman Dana yang disampaikan oleh Pihak Kedua dengan cara pengunggahan secara manual ke Dashboard dianggap final dan tidak dapat dibatalkan pada saat pengiriman, yang merupakan saat di mana dokumen .XLSX berisi instruksi Pihak Kedua sehubungan dengan Pengiriman Dana telah berhasil diunggah ke Dashboard.
    5. Dalam keadaan apapun, Pihak Pertama tidak berkewajiban untuk melakukan Pengiriman Dana atas nama Pihak Kedua kecuali dan sampai saldo di Rekening Top-Up sama dengan atau lebih besar dari jumlah nilai Pengiriman Dana yang diminta oleh Pihak Kedua dan biaya layanan sehubungan dengan Pengiriman Dana tersebut, sebagaimana tercantum dalam Lampiran Harga. Pihak Kedua dapat menambahkan saldo di Rekening Top-Up miliknya sesuai dengan petunjuk yang terdapat di https://xendit.github.io/xendit-kb/topup-balances/.
    6. Apabila saldo dalam Rekening Top-Up sama dengan atau lebih besar dari jumlah nilai Pengiriman Dana yang diminta oleh Pihak Kedua dan biaya layanan sehubungan dengan Pengiriman Dana tersebut yang tercantum dalam Lampiran Harga, Pihak Pertama harus melakukan Pengiriman Dana tersebut (dalam hal permintaan untuk Pengiriman Danatersebut diterima pada pukul 15.00 pada hari kerja atau apabila permintaan Pengiriman Dana diterima setelah pukul 15.00 pada hari kerja dan nilai dari Pengiriman Dana yang dimintakan lebih rendah dari Rp 50 juta) pukul 23.59. pada hari yang sama dan (dalam hal jumlah permintaan Pengiriman Dananya lebih tinggi dari Rp 50 juta dan jika permintaan Pengiriman Dana tersebut diterima pada pukul 15.00 pada hari kerja atau jika permintaan Pengiriman Dana tersebut diterima pada hari bukan hari kerja) pukul 23:59 pada hari kerja berikutnya. DENGAN KETENTUAN BAHWA Pihak Pertama tidak bertanggung jawab atas Ketentuan 3.5 dan juga tidak akan menjadi tanggung jawabnya atau Afiliasinya atas Kerugian yang dikeluarkan oleh Pihak Kedua sehubungan dengan penundaan atau kegagalan Pihak Pertama atau Afiliasinya untuk melakukan Pengiriman Dana sebagai konsekuensi (baik yang tidak langsung maupun tidak langsung) atas kesalahan, kegagalan, keterlambatan, kerusakan, penundaan atau peristiwa lain yang timbul di luar kendali Pihak Pertama atau Afiliasinya (termasuk, namun tidak terbatas pada, kegagalan teknis atau infrastruktur atau kerusakan dalam sistem transmisi perbankan dan uang).
    7. Pengiriman Dana dianggap dilakukan oleh Pihak Pertama (dalam hal Pengiriman Dana melalui API) saat permintaan Pengiriman Dana yang dilakukan oleh Pihak Kedua mencapai server Pihak Pertama dan tanggapan yang dikembalikan oleh API Pihak Pertama menunjukkan bahwa transaksi tersebut sebagai "COMPLETED" dan (dalam hal Pengiriman Dana melalui pengunggahan secara manual) ketika status permintaan Pihak Kedua untuk Pengiriman Dana ditunjukkan sebagai "COMPLETED" pada layar Kelompok Pengiriman Dana pada Dashboard Pihak Kedua.
    8. Pihak Kedua mengakui dan menerima bahwa kewajiban Pihak Pertama kepada Pihak Kedua sehubungan dengan setiap Pengiriman Dana dipenuhi sepenuhnya setelah dipenuhinya Klausul 3.6 di atas, dan mengakui dan menerima bahwa Pihak Pertama dan Afiliasinya tidak bertanggung jawab atas Kerugian yang dikeluarkan oleh Pihak Kedua sehubungan dengan kesalahan, kegagalan, keterlambatan, kerusakan, penundaan atau kejadian lainnya yang mempengaruhi proses akhir Pengiriman Dana oleh Bank dengan siapa Rekening(-rekening) Top-Up dan Rekening Tujuan dibuat, dikelola dan dibiayai.
    9. Pihak Pertama menjamin bahwa, dengan tunduk pada Ketentuan 3.8 ini, semua dana yang diterima oleh Pihak Pertama dan/atau salah satu dari Afiliasinya atas nama Pihak Kedua diadakan untuk kepentingan Pihak Kedua, dan kecuali pengeluaran, biaya, ongkos atau tagihan yang harus dibayar oleh Pihak Kedua kepada Pihak Pertama sesuai dengan Lampiran Harga atau Kerugian apapun yang secara sah yang ditanggung oleh Pihak Pertama sebagai akibat tindakan Pihak Kedua, sebagaimana ditentukan sesuai dengan Klausul 7 (Penyelesaian Sengketa) Perjanjian Layanan, Ketentuan 2.6 atau Ketentuan 7 di bawah ini, Pihak Pertama tidak memiliki hak atas dana yang diterima atas nama Pihak Kedua.
    10. Pihak Kedua setuju untuk tunduk pada syarat dan ketentuan dari Bank(-bank) yang ditunjuk bersama dengan siapa yang Pihak Pertama berikan Layanan (termasuk, namun tidak terbatas pada, batasan atau perubahan pada jam dimana Rekening Virtual dapat dialokasikan oleh Bank yang ditunjuk) dan semua persyaratan dan ketentuan tersebut digabungkan dalam Perjanjian ini dengan referensi ini.
  4. LAYANAN PENERIMAAN (VIA REKENING VIRTUAL ATAU ALFAMART)
    1. Setiap Penerimaan yang dilakukan atau yang akan dilakukan oleh Pihak Pertama atas nama Pihak Kedua selalu tunduk kepada ketentuan berikut ini:

    2. Pihak Kedua harus mengonfigurasi metode yang dipilihnya dengan mana Penerimaan dapat dilakukan oleh Pihak Pertama dengan memberi tahu perwakilan, karyawan, pejabat atau direktur Pihak Pertama dalam penentuan Penerimaan yang akan dilakukan dengan cara Rekening Virtual tetap atau tidak tetap, atau Alfamart, pemberitahuan tersebut dilakukan melalui Layanan Pesan Instan yang disetujui oleh kedua Pihak atau sebaliknya secara tertulis.
    3. Pihak Kedua harus membuat tagihan melalui API atau Tagihan UI untuk setiap transaksi dengan Pengguna Akhir yang dengannya Penerimaan akan dilakukan oleh Pihak Pertama atas nama Pihak Kedua. Tagihan tersebut harus dibuat sesuai dengan petunjuk yang terdapat di https://dashboard.xendit.co/docs/invoices.
    4. Setiap tagihan yang dibuat oleh Pihak Kedua akan kadaluwarsa setelah dua puluh empat (24) jam sejak saat pembuatan, kecuali Pihak Pertama menerima pemberitahuan dari Pihak Kedua untuk mengubah periode kadaluwarsa tersebut, pemberitahuan tersebut harus dilakukan melalui Layanan Pesan Instan atau hal lainnya secara tertulis.
    5. Jika Pihak Kedua memilih untuk melakukan layanan switching dari Pihak Pertama, ketentuan berikut menjadi berlaku:
      1. Pihak Kedua harus menandatangani perjanjian kerja sama dengan bank mitra pilihannya sebelum melakukan layanan switching dari Pihak Pertama.
      2. Pihak Kedua harus memberikan salinan perjanjian kerja sama yang ditandatangani dengan bank mitra pilihannya kepada Pihak Pertama atas permintaan Pihak Pertama.
      3. Pihak Pertama berhak menentukan jumlah minimum transaksi yang harus dilakukan oleh Pihak Kedua saat menggunakan layanan switching Pihak Pertama setiap saat, yang akan berlaku efektif pada saat pemberitahuan tertulis tidak kurang dari tiga puluh (30) hari ke Pihak Kedua.
      4. Jika Pihak Kedua menggunakan jalur sewa, biaya instalasi dan / atau biaya berlangganan sehubungan dengan hubungan komunikasi yang dipasang antara situs Pihak Kedua dan sistem Pihak Pertama harus ditanggung sepenuhnya oleh Pihak Kedua.
      5. Para Pihak sepakat bahwa rekonsiliasi data transaksi untuk bulan sebelumnya harus dilakukan paling lambat tanggal 10 setiap bulan, dengan cara saling menandatangani risalah rekonsiliasi.
    6. Apabila Pihak Kedua memilih untuk menggunakan layanan penerimaan Pihak Pertama melalui jalur pembayaran yang dikelola oleh Alfamart, rangkaian toserba milik PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk ("Alfamart"), Pihak Kedua setuju untuk tunduk pada syarat dan ketentuan Alfamart (termasuk, namun tidak terbatas pada, batasan atau perubahan pada jam dimana pembayaran dapat diterima melalui jalur pembayaran yang dikelola oleh Alfamart) dan semua persyaratan dan ketentuan tersebut ditentukan di Lampiran ini oleh referensi ini.
    7. Apabila ditentukan oleh Pihak Kedua, Rekening(-rekening) Virtual akan dibuat dan dikelola oleh Pihak Pertama dengan Bank yang ditunjuk atas nama Pihak Kedua untuk tujuan menerima pembayaran(-pembayaran) dari Pengguna(-pengguna) Akhir. Rekening Virtual tersebut mungkin termasuk salah satu kategori berikut:
      1. Rekening Virtual tidak tetap, yang merupakan Rekening Virtual yang belum ditetapkan atau ditetapkan secara permanen kepada Pengguna Akhir. Setiap Rekening Virtual tidak tetap digunakan untuk transaksi individual Pihak Kedua, setelah selesainya Rekening Virtual tidak tetap tersebut ditambahkan ke kumpulan Rekening Virtual tidak tetap yang tersedia untuk Pihak Kedua dan mungkin digunakan kembali untuk transaksi lain; atau
      2. Rekening Virtual tetap, yang merupakan Rekening Virtual dengan nomor rekening unik yang ditetapkan atau dialihkan secara permanen ke Pengguna Akhir. Rekening Virtual tetap tersebut harus digunakan untuk semua transaksi dengan Pengguna Akhir yang ditentukan sampai saat Pihak Kedua memberikan pemberitahuan kepada Pihak Pertama untuk menutup Rekening Virtual tetap tersebut, pemberitahuan tersebut dilakukan melalui Layanan Pesan Instan atau hal lainnya secara tertulis.
    8. Pihak Kedua harus mengikuti instruksi yang ditetapkan di (dalam hal Rekening Virtual tidak tetap) https://dashboard.xendit.co/docs/non-fixed-virtual-accounts dan (dalam hal Rekening Virtual tetap) https://dashboard.xendit.co/docs/fixed-virtual-accounts accounts untuk mengaktifkan Rekening Virtualnya.
    9. Apabila pembayaran kepada Pihak Kedua oleh Pengguna Akhir dilakukan kepada Rekening Tujuan yang akurat dengan jumlah yang tepat dan sebelum tanggal kadaluarsa sebagaimana diuraikan pada tagihan yang dikirimkan kepada dan dimaksud untuk Pengguna Akhir tersebut (pembayaran tersebut dilakukan baik dengan Rekening Virtual tetap atau tidak tetap), Pihak Pertama mengawasi pembayaran tersebut:
      1. (dalam hal pembayaran tersebut dilakukan pada pukul 17.00 pada hari kerja) paling lambat tiga puluh (30) menit sejak pembayaran tersebut dilakukan; dan
      2. (dalam hal pembayaran dilakukan setelah pukul 17.00 pada hari kerja atau pada hari kerja tidak) selambat-lambatnya pada hari kerja berikutnya setelah pembayaran dilakukan,

      DENGAN KETENTUAN SELALU BAHWA Pihak Pertama tidak akan melanggar Ketentuan 4.9 ini maupun Pihak Pertama atau salah satu Afiliasinya tidak akan bertanggung jawab atas Kerugian yang ditimbulkan oleh Pihak Kedua sehubungan dengan keterlambatan atau kegagalan Pihak Pertama atau Afiliasinya untuk mengawasi pembayaran sebagai konsekuensi (baik secara tidak langsung atau langsung) atas kesalahan, kegagalan, keterlambatan, kerusakan, penundaan atau kejadian lain yang timbul di luar kendali Pihak Pertama atau Afiliasinya (termasuk, namun tidak terbatas pada, kegagalan teknis atau infrastruktur atau kegagalan dalam sistem transmisi perbankan dan uang).

      Untuk menghindari keraguan, Pihak Pertama tidak diwajibkan untuk mendeteksi pembayaran kepada Pihak Kedua oleh Pengguna Akhir dimana pembayaran tersebut dilakukan ke rekening tujuan yang salah, dengan jumlah yang salah atau setelah tanggal kadaluarsa sebagaimana yang diuraikan di tagihan yang dikirimkan ke dan dimaksud untuk Pengguna Akhir tersebut (pembayaran tersebut memberikan pengaruh baik dengan Rekening Virtual atau kanal pembayaran dari Alfamart.

    10. Dimana pembayaran yang akan datang dari Pengguna akhir telah dibuat dengan salah, baik dengan (i) pembayaran atas jumlah yang salah yang tidak sesuai dengan jumlah yang dibebankan dalam tagihan yang dikirim ke dan ditujukan untuk Pengguna Akhir tersebut, (ii) pembayaran dana ke tujuan yang salah, atau (iii) kegagalan untuk menyelesaikan transaksi kartu kredit dan / atau debit, maka Pihak Kedua berhak untuk melakukan tinjauan kembali atas transaksi dengan pemberitahuan kepada Pihak Pertama, pemberitahuan tersebut dilakukan melalui Layanan Pesan Instan atau sebaliknya secara tertulis. Pihak Pertama dapat menanggapi pemberitahuan tersebut (dalam hal pemberitahuan tersebut dilakukan pada pukul 17.00 pada hari kerja) paling lambat pukul 23.59 pada hari kerja berikutnya dan (dalam hal pemberitahuan tersebut dibuat setelah pukul 17.00 pada hari kerja atau pada hari kerja non-bisnis) selambat-lambatnya dua (2) hari kerja setelah pemberitahuan tersebut dibuat.
    11. seluruh pembayaran yang diterima oleh Pihak Pertama atas nama Pihak Kedua sebagai hasil dari pelaksanaan dari Pihak Pertama atas seluruh Penerimaan, baik dengan cara Rekening Virtual atau kanal pembayaran dari Alfamart, akan ditambahkan kepada saldo dari Pihak Kedua dengan Pihak Pertama.
    12. Penyelesaian semua dana yang diterima ke dalam Rekening Pooling dilakukan dengan basis H + 1 hari kerja, dan semua pembayaran yang terutang kepada Pihak Kedua akan dihitung dan dialihkan ke Rekening Top-Up yang ditujukan kepada Pihak Kedua dengan saldo yang tersedia di Dashboard Pihak Kedua untuk pengiriman dana atau penarikan selambat-lambatnya pukul 23.59 satu (1) hari kerja setelah menerima pembayaran terakhir dari Pengguna Akhir, dimana pembayaran tersebut dilakukan pada pukul 17.00 pada hari kerja,dikurangi pengurangan pengeluaran, biaya, ongkos atau tagihan yang harus dibayar oleh Pihak Kedua ke Pihak Pertama sesuai dengan Lampiran Harga, Perjanjian Layanan dan Ketentuan-Ketentuan ini. Kecuali tunduk pada Klausul 7 Perjanjian Layanan, Pihak Kedua berhak untuk menarik dana yang ditahan atas namanya di Rekening Top-Up dan tercermin dalam Dashboard miliknya setiap saat.
    13. Pihak Pertama menjamin bahwa, dengan tunduk pada Ketentuan 4.13, semua dana yang diterima oleh Pihak Pertama dan/atau salah satu dari Afiliasinya atas nama Pihak Kedua diadakan untuk kepentingan tunggal Pihak Kedua, dan bahwa, kecuali, pengeluaran, biaya, ongkos atau tagihan yang harus dibayar oleh Pihak Kedua kepada Pihak Pertama sesuai dengan Lampiran Harga, Perjanjian Layanan atau Ketentuan ini atau Kerugian yang secara legal dan sah yang terjadi oleh Pihak Pertama sebagai akibat tindakan Pihak Kedua, sebagaimana ditentukan sesuai dengan Klausul 7 (Penyelesaian Sengketa) dari Perjanjian Layanan, Ketentuan 2.6 di atas atau Ketentuan 7 di bawah, Pihak Pertama tidak memiliki hak atas dana yang diterima atas nama Pihak Kedua.
    14. Pihak Kedua setuju untuk tunduk pada syarat dan ketentuan dari Bank(-bank) yang ditunjuk bersama dengan siapa yang Pihak Pertama berikan Layanan (termasuk, namun tidak terbatas pada, batasan atau perubahan pada jam selama Rekening Virtual dapat dialokasikan oleh Bank yang ditunjuk) dan semua persyaratan dan ketentuan tersebut digabungkan disini dengan referensi ini.
  5. LAYANAN PEMROSESAN KARTU
    1. Setiap Layanan Pemrosesan Kartu yang dilakukan atau yang akan dilakukan oleh Pihak Pertama atas nama Pihak Kedua selalu tunduk pada ketentuan berikut:

    2. Layanan Pemrosesan Kartu harus diberikan oleh Pihak Pertama kepada Pihak Kedua dengan salah satu dari dua metode berikut:
      1. Apabila Pihak Pertama bertindak sebagai agregator dan Pihak Kedua dapat menikmati Layanan Pemrosesan Kartu menggunakan merchant account dan unique merchant identification number (secara kolektif disebut "Merchant ID") ari Pihak Pertama dengan Bank penerima yang ditunjuk. Semua pengolah pihak ketiga dan lembaga perbankan yang berwenang di hulu dari setiap transaksi yang diproses dengan Merchant ID Pihak Pertama akan mengidentifikasi transaksi tersebut sebagai transaksi milik Pihak Pertama, dan selanjutnya setiap dan semua dana dari transaksi tersebut akan disimpan ke merchant account dari Pihak Pertama ("Metode Agregator"); atau
      2. Apabila Pihak Pertama membantu Pihak Kedua dalam memperoleh Merchant ID Pihak Kedua dengan Bank mitra Pihak Pertama ("Metode MID Individual").
    3. Pihak Kedua harus memberitahukan kepada Pihak Pertama mengenai metode yang dipilih untuk penyediaan Layanan Pemrosesan Kartu melalui layanan pesan instan yang disetujui oleh kedua Pihak atau sebaliknya secara tertulis. Pihak Pertama tidak berkewajiban untuk memulai Layanan Pemrosesan Kartu atau pekerjaan setiap Penerimaan Kartu atas nama Pihak Kedua sampai saat Pihak Kedua telah membuat pemberitahuan tersebut sesuai dengan Ketentuan 5.2 ini.
    4. Apabila Pihak Kedua memilih Metode Aggregator:
      1. Kecuali jika disetujui oleh kedua belah Pihak, penyelesaian semua dana yang diterima di saldo Pihak Kedua dilakukan dengan basis H + 7 pada hari kerja, dan semua pembayaran karena Pihak Kedua akan dihitung dan dialihkan ke Rekening(-rekening) Top-Up yang ditujukan ke Pihak Kedua dengan saldo seperti yang tersedia di Dashboard Pihak Kedua untuk pengiriman dana atau penarikan selambat-lambatnya pukul 23.59 tujuh (7) hari kalender setelah penerimaan pembayaran terakhir dari Pengguna Akhir, di mana pembayaran tersebut dilakukan pada pukul 17.00 pada hari kerja, dikurangi pengurangan pengeluaran, biaya, ongkos atau tagihan yang harus dibayar oleh Pihak Kedua kepada Pihak Pertama sesuai dengan Lampiran Harga, Perjanjian Layanan atau Ketentuan-Ketentuan ini.
      2. Dimana pembayaran tersebut dilakukan setelah 17.00 pada hari kerja atau pada hari yang bukan hari kerja, semua pembayaran terutang kepada Pihak Kedua akan dihitung dan dialihkan ke Rekening(-rekening) Top-Up yang ditujukan kepada Pihak Kedua dengan saldo yang tersedia pada Dashboard Pihak Kedua Untuk pengiriman dana atau penarikan selambat-lambatnya pukul 23.59 delapan (8) hari kalender setelah tanggal pembayaran tersebut.
      3. Kecuali tunduk pada Klausul 7 (Penyelesaian Sengketa) Perjanjian Layanan, Ketentutan 2.6 di atas atau Ketentuan 7 di bawah, Pihak Kedua berhak untuk menarik dana yang ditahan atas namanya di merchant account dari Pihak Pertama melalui Dashboard setiap saat.
      4. Pihak Pertama berhak dan memiliki kebijaksanaan penuh untuk mengubah semua Layanan Pemrosesan Kartu yang diberikan kepada Pihak Kedua berdasarkan Metode Agregator untuk dikelola berdasarkan Metode MID Individu sebagai gantinya. Pertimbangan berikut harus dijadikan pedoman kapan konversi tersebut dapat dilakukan:
        1. Ketika volume total transaksi yang dilakukan atas nama Pihak Kedua melebihi 5.000 transaksi tiap bulan;
        2. Ketika nilai total transaksi yang dilakukan atas nama Pihak Kedua melebihi Rp. 500.000.000 tiap bulan; dan/atau
        3. Ketika tingkat Tagihan Balik gabungan transaksi yang dilakukan atas nama Pihak Kedua melebihi 0,5%.

        Untuk menghindari keraguan, terlepas dari hal-hal yang terdapat dalam Ketentuan 5.3 (d) ini, Pihak Pertama memiliki kebijaksanaan penuh untuk melakukan konversi tersebut dengan alasan apapun dan kapan pun yang dianggapnya sesuai.

      5. Apabila konversi yang diprakarsai oleh Pihak Pertama sesuai dengan ayat d di atas gagal karena alasan apapun, Pihak Pertama tidak berkewajiban untuk menyelenggarakan penyediaan Layanan Pemrosesan Kartu dengan Metode Agregator kepada Pihak Kedua dan tidak bertanggung jawab atas segala Kerugianyang terjadi (baik secara langsung atau tidak langsung) oleh Pihak Kedua setelah penghentian Layanan Pemrosesan Kartu kepada Pihak Kedua setelah konversi yang gagal tersebut.
      6. Pihak Pertama menjamin bahwa, dengan tunduk pada Ketentuan 5.3 ini, semua dana yang diterima oleh Pihak Pertama atas nama Pihak Kedua diadakan untuk kepentingan Pihak Kedua, dan bahwa, kecuali pengeluaran, biaya, ongkos atau tagihan yang harus dibayar oleh Pihak Kedua kepada Pihak Pertama sesuai dengan Lampiran Harga atau Kerugian yang secara sah yang disebabkan oleh Pihak Pertama sebagai akibat tindakan Pihak Kedua, sebagaimana ditentukan sesuai dengan Klausul 7 (Penyelesaian Sengketa) Perjanjian Layanan, Ketentuan 2.6 atau Ketentuan 7 di bawah, Pihak Pertama tidak memiliki hak atas dana yang diterima atas nama Pihak Kedua.
      7. Jika Pihak Kedua menggunakan Layanan Pemrosesan Kartu dari Pihak Pertama untuk menerima pembayaran rutin atau menerapkan penagihan berlangganan, Pihak Kedua mengakui dan menyetujui bahwa Pihak Pertama berhak untuk membatalkan langganan apapun sehubungan dengan kartu apapun setelah menerima Tagihan Balik meminta kartu tersebut segera dengan pemberitahuan tertulis. Pihak Pertama tidak bertanggung jawab atas Kerugian yang terjadi oleh Pihak Kedua mengenai atau sehubungan dengan pembatalan tersebut sesuai dengan Ketentuan ini. Selanjutnya, Pihak Pertama tidak bertanggung jawab untuk berlangganan kembali kartu tersebut, yang menjadi tanggung jawab sepenuhnya dari Pihak Kedua.
    5. Apabila Pihak Kedua memilih Metode MID Individual:
      1. Pihak Pertama dapat, atas permintaan Pihak Kedua, membantu aplikasi Merchant ID Pihak Kedua ke bank mitra dari Pihak Pertama. Bantuan tersebut dapat berupa:
        1. Pengumpulan dan pengajuan dokumen perusahaan Pihak Kedua kepada bank terkait;
        2. Negosiasi penentuan harga;
        3. Penyelesaian formulir aplikasi Merchant ID untuk Pihak Kedua; dan/atau
        4. Berhubungan dengan bank bersangkutan untuk memberikan informasi lain yang dipersyaratkan oleh bank terkait tersebut.

        Untuk menghindari keraguan, tanpa mengabaikan hal-hal yang terdapat dalam Ketentuan 5.4 (a) ini, Pihak Pertama memiliki kebijaksanaan tunggal dan penuh sehubungan dengan cara yang dapat digunakan dalam membantu Pihak Kedua dalam pendaftaran Merchant ID Pihak Kedua dan dapat merubah daftar di atas dengan cara apa pun dan kapan pun yang dianggapnya sesuai.

      2. Penyelesaian semua dana yang diterima ke dalam merchant account Pihak Kedua dilakukan langsung dengan bank yang ditunjuk yang dengan untuk siapa rekening tersebut dibuka dan semua hal sehubungan dengan penyelesaian tersebut ditentukan sepenuhnya oleh bank penerima yang ditunjuk tersebut. Pihak Pertama tidak bertanggung jawab (baik secara langsung atau tidak langsung) untuk masalah apapun sehubungan dengan penyelesaian, yang harus dikelola semata-mata antara Pihak Kedua dan bank yang ditunjuk, dan tidak bertanggung jawab kepada Pihak Kedua atas Kerugian yang terjadi (baik secara langsung maupun tidak langsung) sehubungan dengan hal tersebut.
      3. Pihak Kedua mengakui dan menyetujui bahwa Pihak Pertama tidak bertanggung jawab atas penolakan (jika ada) aplikasi Merchant ID Pihak Kedua, yang merupakan keputusan tunggal dan akhir dari bank yang bersangkutan, dan juga Pihak Pertama bertanggung jawab atas segala biaya, tagihan, kerusakan, pengeluaran, kewajiban, penggantian, ongkos dan kerugian yang terjadi (baik secara langsung atau tidak langsung) oleh Pihak Kedua sehubungan dengan penolakan tersebut.
    6. Pihak Kedua setuju untuk tunduk pada syarat dan ketentuan bank yang ditunjuk (dalam Pihak Kedua mengakui, menyetujui dan berjanji bahwa, ketika menerima pembayaran melalui kartu, dirinya akan mematuhi semua pedoman, aturan dan peraturan yang diberlakukan oleh bank, jasa keuangan, jaringan pembayaran, atau perantara keuangan lainnya yang mengoperasikan jaringan pembayaran yang didukung oleh Pihak Pertama (termasuk peraturan pengoperasian jaringan kartu pembayaran untuk jaringan Visa, MasterCard, JCB, American Express, dan jaringan UnionPay) ("Aturan Jaringan") yang berlaku untuk pedagang, termasuk Aturan Jaringan disediakan oleh Visa, MasterCard, JCB, American Express, dan UnionPay. Pihak Kedua mengakui dan menerima, dan berjanji untuk mematuhi semua Aturan Jaringan, termasuk semua larangan untuk (i) memberikan pengembalian uang tunai untuk Tagihan pada kartu kredit, kecuali diwajibkan oleh undang-undang, peraturan atau peraturan, (ii) menerima uang tunai yang setara, atau barang berharga lainnya untuk Pengembalian Dana, (iii) bertindak sebagai perantara pembayaran atau agregator, atau menjual kembali Layanan Pemrosesan Kartu atas nama orang lain, (iv) menyerahkan kepada Pihak Kedua atau direktur mana pun, petugas, karyawan atau perwakilan percaya atau tahu sebagai Tagihan yang tidak benar, atau (v) menggunakan Layanan Pemrosesan Kartu dengan cara yang menyalahgunakan jaringan bank, jasa keuangan, jaringan pembayaran, atau perantara keuangan lainnya atau pelanggaran dari Aturan Jaringan. Jaringan kartu pembayaran dapat mengubah Aturan Jaringan kapan saja tanpa pemberitahuan, dan, dalam hal demikian, Pihak Pertama berhak mengubah Layanan Pemrosesan Kartu yang diberikan kepada Pihak Kedua setiap saat untuk mematuhi Aturan Jaringan.
    7. Pihak Kedua mengakui dan menyetujui, dan berjanji untuk menjaga hubungan langsung dengan masing-masing Pengguna Akhir dan bertanggung jawab untuk: (i) memperoleh persetujuan yang sesuai untuk mengajukan Tagihan melalui Layanan Pemrosesan Kartu atas nama setiap Pengguna Akhir; (ii) memberikan konfirmasi atau penerimaan kepada Pengguna Akhir untuk setiap Tagihan; (iii) memverifikasi identitas setiap Pengguna Akhir; dan (iv) menentukan kelayakan dan wewenang Pengguna Akhir untuk menyelesaikan semua transaksi antara dan Pengguna Akhir tersebut.
    8. Meskipun transaksi berhasil diotorisasi, Pihak Pertama tidak bertanggung jawab atas Pihak Kedua atas Kerugian yang timbul (baik secara langsung atau tidak langsung) oleh Pihak Kedua sehubungan dengan Tagihan yang diotorisasi dan diselesaikan yang kemudian menjadi subjek Tagihan Balik, Pengembalian Dana, atau Pengembalian diajukan tanpa otorisasi atau dengan kesalahan, atau melanggar hukum, aturan atau peraturan apa pun.
    9. Pihak Kedua segera bertanggung jawab kepada Pihak Pertama untuk semua Tagihan Balik, Pendanaan-pendanaan Balik, denda-denda Pengembalian tanpa memperhatikan alasan atau waktunya. Apabila Tagihan Balik, Pendanaan Balik atau Pengembalian diminta, Pengguna Akhir akan mengeluarkan Pendanaan Balik seharga Tagihan asli, yang nilainya akan dikurangkan oleh Pihak Pertama segera setelah Pendanaan balik tersebut dikeluarkan langsung dari saldo di Rekening(-rekening) Top-Up dan Dashboard Pihak Kedua, dengan ketentuan setiap kegagalan atau penundaan oleh Pihak Pertama untuk mengurangkan nilai yang sesuai tersebut tidak merupakan atau dianggap sebagai pengabaian terhadap salah satu atau semua hak dari Pihak Pertama atas nilai yang sesuai tersebut. Jika saldo dalam Rekening Top-Up Pihak Kedua kurang dari jumlah nilai Tagihan Balik, Pendanaan Balik atau Pengembalian, Pihak Pertama harus memberikan pemberitahuan tertulis kepada Pihak Kedua untuk penggantian apapun sehubungan dengan hal tersebut. Tagihan Balik, Pendanaan Balik atau Pengembalian, dan Pihak Kedua melakukan penggantian tersebut dalam waktu tujuh (7) hari kalender sejak diterimanya pemberitahuan tersebut. Pihak Kedua mengakui dan menyetujui untuk menanggung semua Kerugian sehubungan dengan (baik secara langsung atau tidak langsung) setiap Tagihan Balik, Pengembalian Dana atau Pengembalian dan akan mengganti kerugian Pihak Pertama secara penuh dalam hal ini.
    10. Pihak Pertama tidak berkewajiban untuk membantu Pihak Kedua dalam sengketa atas klaim apapun yang diajukan oleh Pengguna Akhir atau lembaga keuangan sehubungan dengan Tagihan Balik atau Pengembalian. Namun, di mana Pihak Pertama setuju untuk memfasilitasi Pihak Kedua dalam sengketa klaim tersebut, Pihak Kedua setuju dan berjanji untuk menyediakan semua informasi, data dan dokumentasi yang diperlukan (atas keputusan Pihak Pertama sendiri) sehubungan dengan sengketa tersebut dalam tujuh (7) hari kalender sejak permintaan Pihak Pertama untuk informasi, data dan dokumentasi tersebut. Tanpa mengesampingkan bantuan apapun dari Pihak Pertama, Pihak Pertama tidak membuat perwakilan atau menjamin bahwa sengketa Pihak Kedua akan berhasil, dan akibat dari sengketa tersebut semata-mata atas kebijakan lembaga keuangan yang bersangkutan. Jika perselisihan sepenuhnya atau sebagian berhasil, lembaga keuangan yang bersangkutan dapat mengkredit dana yang terkait dengan Tagihan yang merupakan subjek dari Tagihan Balik atau Pengembalian (atau bagiannya) ke (di mana Metode Agregator berlaku) merchant account dari Pihak Kedua atau (di mana Metode MID Individual berlaku) merchant account dari Pihak Kedua.
    11. Pihak Pertama berhak dan memiliki wewenang penuh untuk menangguhkan atau menghentikan penyediaan Layanannya kepada Pihak Kedua di mana tingkat Tagihan Balik keseluruhan transaksi yang dilakukan oleh Pihak Kedua atau oleh Pihak Pertama atas nama Pihak Kedua melebihi 0.5%. Pihak Pertama selanjutnya berhak dan memiliki wewenang penuh untuk menghentikan Pemrosesan menangguhkan penyediaan Pemrosesan Kartunya ke Pihak Kedua jika Pihak Kedua gagal mengelola Tagihan Balik secara tepat waktu dan efektif dengan Pengguna Akhir (sebagaimana ditentukan dalam kebijakan tunggal Pihak Pertama). Pihak Pertama tidak bertanggung jawab atas segala Kerugianyang terjadi (baik secara langsung atau tidak langsung) oleh Pihak Kedua sehubungan dengan penangguhan atau penghentian Layanannya (termasuk Layanan Pemrosesan Kartu) kepada Pihak Kedua sesuai dengan Kondisi ini 5.11.
    12. Pihak Pertama memiliki hak untuk membagikan informasi yang diberikan oleh Pihak Kedua yang digunakan untuk mengidentifikasi sifat produk atau layanan dengan bank, layanankeuangan, jaringan pembayaran, atau perantara keuangan lainnya, yang mencakup penugasan kegiatan usaha dari Pihak Kedua ke kode kategori pedagang jaringan pembayaran tertentu merchant category code (MCC).
    13. Pihak Pertama harus mengambil tindakan teknis dan terorganisasi yang sesuai untuk menjamin kerahasiaan Data Pribadi terhadap akses yang tidak sah dan untuk mencegah pengungkapan atau penggunaan yang tidak sah.
    14. Pihak Kedua mengakui dan memahami bahwa Data Pribadi dapat ditransfer ke luar negeri agar Pihak Pertama menyediakan Layanan, dan Pihak Kedua menjamin kepada Pihak Pertama bahwa ia akan memberikan semua pengungkapan yang diperlukan dan / atau mendapatkan semua persetujuan yang diperlukan untuk melakukan transfer Data Pribadi tersebut ke luar negeri.
    15. Pihak Kedua disarankan untuk menyimpan catatan atau bukti perdagangan, pengiriman barang dan / atau layanan dan penerimaan pembayaran seperti faktur pajak, slip pengiriman, tanda terima, dan dokumen lainnya yang dapat digunakan untuk membuktikan hak untuk menerima pembayaran melalui Pihak Kedua, sebagai bukti jika terjadi sengketa. Pihak Kedua mengakui dan menegaskan bahwa ia bertanggung jawab penuh untuk memelihara catatan pencadangan lengkap dari semua informasi yang berkaitan dengan perintah, pertanyaan dan pembelian dan setiap informasi yang disampaikan kepada Pihak Pertama dengan tujuan untuk menyediakan Layanan. Pihak Kedua mengakui bahwa catatan atau bukti sumbangan yang tidak mencukupi dapat meningkatkan risiko bahwa mereka tidak dapat berhasil mempertahankan tagihan balik, Pengembalian, pengembalian dana dan penolakan yang diminta dan menyetujui bahwa hal itu bertanggung jawab atas semua risiko dan semua kerugian, kerusakan, biaya dan kewajiban yang timbul darinya.
    16. Dalam hal Pihak Pertama mewajibkan dilakukannya verifikasi atas transaksi yang berkaitan dengan Pihak Kedua, Pihak Kedua setuju dan berjanji untuk menyediakan semua informasi dan dokumen yang relevan dalam waktu tujuh (7) hari kalender atas permintaan tersebut kepada Pihak Pertama. Pihak Kedua selanjutnya menyetujui dan berjanji bahwa hal tersebut akan membantu Pihak Pertama memperoleh informasi dan dokumen tersebut dan tidak akan menghalangi, mengganggu, atau menghambat Pihak Pertama dalam memperoleh informasi dan dokumen tersebut.
  6. LAYANAN VALUTA ASING
    1. Transaksi valuta asing apapun yang dilakukan atau akan dilakukan oleh Pihak Pertama untuk kepentingan Pihak Kedua selalu tunduk pada ketentuan berikut:

    2. Layanan Valuta Asing haru disediakan oleh Pihak Pertama kepada Pihak Kedua berdasarkan pada metode-metode berikut:
      1. proses manual dimana Pihak Kedua membuat permintaan langsung, secara tertulis kepada Pihak Pertama melalui transmisi email, fax atau Layanan Pesan Instan untuk layanan penukaran valuta asing dari Pihak Pertama; atau
      2. melalui API dari Pihak Pertama.
    3. Sumber Dana harus tersedia: Pihak Pertama tidak berkewajiban untuk menyelesaikan transaksi penukaran valuta asing dan/atau melakukan konversi kecuali dan sampai dana yang akan dikonversi telah diterima dari Pihak Kedua pada rekening bank yang telah ditentukan dan tidak berkewajiban untuk menyelasaikan transaksi penukaran valuta asing dan/atau melakukan konversi pada hari yang sama dimana Pihak Kedua mengirimkan jumlah USD yang diinginkan untuk valuta asing setelah pukul 13:00 pada hari kerja yang sama atau pada hari bukan hari kerja.
    4. Layanan Pertukaran Valuta Asing melalui proses manual: Apabila sumber dana yang akan dikonversi telah diterima dan permintaan layanan pertukaran valuta asing dari Pihak Pertama melalui proses manual dilakukan oleh Pihak Kedua pada pukul 1.00 malam pada hari kerja, Pihak Pertama harus memberikan tanggapan tertulis kepada Pihak Kedua dari nilai tukar yang berlaku untuk transaksi tersebut, tarif tersebut akan ditentukan secara tunggal dan mutlak oleh Pihak Pertama. Sesuai dengan Ketentuan 6.5 dan 6.9 di bawah ini, setelah konfirmasi nilai tukar yang berlaku, Pihak Pertama harus menyelesaikan transaksi penukaran valuta asing dan melakukan konversi dengan mengkredit jumlah yang dikonversi dalam IDR ke Rekening Top-Up dan Dashboard Pihak Kedua tidak lebih dari 17.00. pada hari kerja yang sama, DENGAN KETENTUAN SELALU BAHWA Pihak Pertama tidak akan melanggar Ketentuan 6.3 ini maupun Pihak Pertama atau salah satu Afiliasinya menjadi bertanggung jawab atas Kerugian yang dialami oleh Pihak Kedua sehubungan dengan penundaan Pihak Pertama atau Pihak Afiliasinya atau kegagalan untuk mematuhi Kondisi 6.3 ini sebagai konsekuensi (baik tidak langsung maupun langsung) atas kesalahan, kegagalan, keterlambatan, kerusakan, penundaan atau kejadian lain yang timbul di luar kendali Pihak Pertama (termasuk, namun tidak terbatas pada, kegagalan teknis atau infrastruktur apa pun atau kerusakan sistem perbankan dan transmisi uang).
    5. Layanan Pertukaran Valuta Asing melalui API: Apabila sumber dana yang akan dikonversi telah diterima di Rekening Top-Up Pihak Kedua dan permintaan layanan pertukaran valuta asing Pihak Pertama melalui API dibuat oleh Pihak Kedua pada pukul 13.00 pada hari kerja, Pihak Kedua dapat (a) memeriksa kurs tukar yang berlaku indikatif dan (b) menyelesaikan transaksi valuta asing dan melaksanakan konversi melalui API dari Pihak Pertama. Jumlah yang dikonversi dalam IDR akan dikreditkan secara otomatis ke Rekening Top-Up dan Dashboard Pihak Kedua dalam hari kerja yang sama setelah permintaan untuk menyelesaikan transaksi valuta asing dan pelaksanaan konversi dilakukan, DENGAN KETENTUAN SELALU BAHWA Pihak Pertama tidak akan melanggar Ketentuan 6.4 ini ataupun Pihak Pertama atau setiap Afiliasinya akan bertanggung jawab atas Kerugian yang dikeluarkan oleh Pihak Kedua sehubungan dengan penundaan atau kegagalan Pihak Pertama atau salah satu dari Afiliasi yang dipatuhi untuk Kondisi 6,4 ini sebagai konsekuensi (baik tidak langsung maupun langsung) dari kesalahan, kegagalan, keterlambatan, kerusakan, penundaan atau kejadian lain yang timbul di luar kendali Pihak Pertama atau Afiliasinya (termasuk, namun tidak terbatas pada kegagalan teknis atau infrastruktur atau kerusakan sistem perbankan dan transmisi uang).
    6. Nilai Tukar yang Ditawarkan pada Waktu Konversi adalah Nilai Tukar Akhir: Pihak Kedua mengakui dan menyetujui bahwa, walaupun Pihak Kedua telah memberikan konfirmasi tertulisnya untuk menyetujui nilai tukar yang berlaku, semua nilai tukar yang berlaku yang ditawarkan oleh Pihak Pertama sebelum konversi yang dilakukan hanya nilai tukar indikatif, dan bahwa nilai tukar akhir untuk transaksi penukaran valuta asing adalah kurs yang ditawarkan oleh Pihak Pertama pada saat konversi dilakukan.
    7. Tidak ada Konversi Kembali: Pihak Kedua mengakui, menyetujui dan memahami bahwa semua konversi bersifat final dan tidak dapat dibatalkan. Tidak akan ada pengkonversian kembali oleh Pihak Pertama dari jumlah yang telah dikonversi oleh Pihak Pertama untuk Pihak Kedua.
    8. Hak untuk Menangguhkan layanan Pertukaran Valuta Asing Dengan Segera: Apabila perubahan atau perkembangan yang cenderung menyebabkan perubahan moneter, politik (termasuk, namun tidak terbatas pada, perubahan karena aksi militer), keuangan (termasuk namun tidak terbatas pada, kondisi pasar saham, kondisi pertukaran mata uang di pasar keuangan dan tingkat suku bunga) atau kondisi ekonomi di Indonesia atau internasional (termasuk perubahan atau perkembangan saham, obligasi, uang, sindikasi pinjaman dan pasar suku bunga) atau kontrol pertukaran di Indonesia atau internasional atau yurisdiksi lain yang relevan dengan konversi mata uang atau kombinasi dari setiap perubahan atau perkembangan tersebut yang terjadi, yang menurut pendapat Pihak Pertama kemungkinan akan menghasilkan perubahan material dalam nilai tukar mata uang, Pihak Pertama dapat segera menangguhkan penyediaan Layanan untuk durasi apapun dan harus memberikan pemberitahuan tertulis kepada semua pihak mengenai tujuannya untuk menangguhkan layanan tersebut dengan cara pemberitahuan di situs web, melalui Layanan Pesan Instan, transmisi surat elektronik dan kesalahan pesan melalui APIs.
    9. Hak untuk Menangguh Layanan Pertukaran Valuta Asing: Pihak Pertama dapat menangguh ketentuan atas layanan pertukaran valuta asingnya kepada seluruh pihak pada waktu kapanpun dengan dua puluh empat (24) pemberitahuan tertulis tentang niatnya untuk melakukan dengan cara pemberitahuan di situs web, melalui Layanan Pesan Instan, transmisi surat elektronik dan/atau kesalahan pesan melalui APIs.
    10. Hak untuk Membatalkan Penawaran: Pada penyelesaian transaksi valuta asing dan/atau pelaksanaan konversi apapun, dimana penyelesaian transaksi valuta asing dan/atau pelaksanaan konversi tersebut kemungkinan akan mengakibatkan efek buruk pada Pihak Pertama (dalam setiap keadaan, yang akan ditentukan di kebijaksanaan Pihak Pertama), Pihak Pertama berhak, atas kebijakannya sendiri, untuk (i) menolak melakukan konversi dan menyelesaikan transaksi berdasarkan nilai tukar tersebut dan untuk menanggapi Pihak Kedua dengan kesalahan pesan atau dengan penawaran baru, atau (ii) membatalkan transaksi valuta asing atau menolak untuk melakukan konversi berdasarkan kutipan yang disetujui berdasrkan transaksi valuta asing tersebut, dan untuk menanggapi Pihak Kedua dengan kegagalan pesan atau dengan kutipan-kutipan baru,dan Pihak Pertama tidak bertanggung jawab atas segala Kerugian yang timbul dari Pihak Kedua sehubungan dengan penolakan untuk menyelesaikan transaksi dan/atau melakukan konversi tersebut tersebut.
  7. KEWAJIBAN UNTUK PEMBAYARAN TIDAK SAH DAN KEWAJIBAN LAIN
    1. Pihak Kedua mengakui dan menyetujui bahwa Pihak Pertama dan setiap Afiliasinya tidak berkewajiban dan tidak bertanggung jawab dalam segala hal untuk dan bahwa Pihak Kedua bertanggung jawab atas seluruh Kerugian yang dikeluarkan oleh Pihak Pertama yang timbul dari:
      1. kelebihan pembayaran, kesalahan pembayaran, Pendanaan Balik apapun atau pembayaran tidak sah lainnya yang disebabkan oleh Pihak Kedua atau Pengguna Akhirnya (secara bersama-sama disebut "Pembayaran Tidak Sah")
      2. kesalahan, cidera janji, kelalaian, perbuatan buruk atau penipuan apapun oleh Pihak Kedua, karyawan, direktur, pejabat, perwakilan dari Pihak Kedua atau siapapun yang bertindak atas nama Pihak Kedua; dan/atau
      3. kerugian yang dikeluarkan oleh Pihak Pertama sehubungan dengan kegagalan Pihak Kedua untuk mematuhi persyaratan Perjanjian Layanan atau Ketentuan ini.
    2. Dalam hal Pembayaran Tidak Sah atau pertanggungjawaban lainnya, Pihak Pertama dapat mengurangi jumlah yang terhutang dari saldo di Dashboard Pihak Kedua segera dan tanpa keberatan atau penolakan oleh Pihak Kedua, atau (di mana saldo di Rekening Top-Up Pihak Kedua kurang dari jumlah nilai Pembayaran(-pembayaran) Tidak Sah dan / atau biaya atau kewajiban lain-lain yang terjadi sesuai dengan Ketentuan 7 ini, Pihak Pertama harus mengeluarkan pemberitahuan tertulis kepada Pihak Kedua untuk pembayaran kembali apapun sehubungan dengan Pembayaran(-pembayaran) Tidak Sah dan / atau biaya atau kewajiban lainnya, dan Pihak Kedua akan melakukan penggantian tersebut dalam waktu tujuh (7) hari kalender sejak diterimanya pemberitahuan tersebut, dengan ketentuan selalu bahwa keterlambatan atau kegagalan apapun oleh Pihak Pertama untuk membuat pengurangan tersebut tidak menjadi atau dianggap sebagai pengabaian terhadap salah satu atau semua haknya sehubungan dengan Kerugian kepada yang berhak.
  8. KEAMANAN DAN PENIPUAN
    1. Pihak Kedua menyatakan dan menjamin bahwa, setiap saat pada saat Perjanjian ini berlaku, Pihak Kedua harus memelihara dan mematuhi semua tindakan keamanan yang wajar untuk melindungi Sistem Komputer Pihak Kedua dan data yang terkandung di dalamnya dari pengendalian, perusakan, atau akses tidak sah lainnya dan mematuhi semua peraturan perundang-undangan, aturan, regulasi dan (apabila berlaku) peraturan perusahaan kartu yang berlaku, termasuk, namun tidak terbatas pada Standar Keamanan Data Industri Kartu Pembayaran. Untuk keperluan Kondisi 8.1 ini, "Sistem Komputer Pihak Kedua" berarti sistem komputer yang dioperasikan oleh atau atas nama Pihak Kedua yang menangkap atau menyimpan data Pengguna Akhir atau mengirimkan data Pengguna Akhir ke Pihak Pertama.
    2. Kecuali karena kelalaian Pihak Pertama sendiri, kesalahan atau kecurangan yang disengaja, Pihak Kedua bertanggung jawab atas Kerugian yang timbul pada saat kredensial atau akun pembayaran yang hilang atau dicuri digunakan untuk membeli produk atau layanan dari Pihak Kedua, ketika telah terjadi pengambilan nama pengguna atau kata sandi Pihak Kedua atau penggunaan atau modifikasi lainnya yang tidak sah atas akun Pihak Kedua di platform Pihak Pertama. Pihak Pertama dan setiap Afiliasinya tidak dan tidak akan menjamin Pihak Kedua terhadap Kerugian yang disebabkan oleh penipuan. Selanjutnya, Pihak Kedua mengakui dan menyetujui untuk mengganti sepenuhnya Pihak Pertama dengan Kerugian apapun yang ditimbulkan oleh Pihak Pertama sehubungan dengan (baik secara langsung maupun tidak langsung) Penggunaan kredensial atau akun Pihak Kedua yang hilang atau dicuri, kecuali kridensial atau akun tersebut telah hilang atau dicuri semata-mata karena kelalaian, kesalahan yang disengaja atau penipuan dari Pihak Pertama.
    3. Pihak Pertama dapat membantu Pihak Kedua melakukan investigasi dengan penegak hukum untuk memulihkan dana yang hilang. Namun, jika Pihak Pertama setuju untuk memfasilitasi Pihak Kedua dalam penyelidikan semacam itu, Pihak Pertama tidak bertanggung jawab kepada Pihak Kedua, atau bertanggung jawab atas biaya keuangan atau yang bukan biaya keuangan (baik langsung maupun tidak langsung) dari Kerugian atau konsekuensi lain dari penipuan tersebut.
    4. Tanggung jawabnya adalah pada Pihak Kedua untuk meninjau semua kontrol keamanan yang diberikan atau disarankan oleh Pihak Pertama dan untuk menentukan apakah kontrol keamanan tersebut memadai atau sesuai untuk tujuannya dan, jika sesuai, secara independen menerapkan prosedur dan kontrol keamanan lainnya yang tidak disediakan oleh Pihak Pertama. Pihak Pertama tidak menyatakan, menjamin atau memberikan garansi bahwa Pihak Kedua atau Pengguna Akhir tidak akan pernah menjadi korban penipuan.
    5. Pihak Kedua menyetujui untuk menyediakan bukti atas kepatuhannya pada Ketentuan 8.1 kepada Pihak Pertama berdasarkan permintaan dari Pihak Pertama. Kegagalan untuk menyediakan bukti tersebut atas kepatuhan tersebut terhadap kepuasan Pihak Pertama dapat mengakibatkan penangguhan Layanan atau penghentian Perjanjian Layanan.
    6. Pihak Pertama dapat memberikan data subjektif kepada Pihak Kedua mengenai kemungkinan terjadinya transaksi yang salah, yang memerlukan tindakan atau peninjauan kembali oleh Pihak Kedua. Pihak Pertama mungkin juga memasukkan tindakan atau kelambanan oleh Pihak Pertama ke dalam penilaian subjektif masa depan saat mengidentifikasi potensi penipuan di masa depan. Namun, Pihak Kedua mengakui dan menyetujui bahwa Pihak Kedua tersebut bertanggung jawab atas setiap tindakan yang dapat dipilihnya (atau sebaliknya) terkait dengan data tersebut, dan untuk memberikan informasi yang tidak akurat atau tidak benar kepada Pihak Pertama. Pihak Pertama tidak menyatakan, menjamin atau memberikan garansi bahwa data subjektif tersebut akan akurat dalam mendeteksi kecurangan dalam semua kasus, dan tidak bertanggung jawab atas Kerugian apapun yang terjadi sehubungan dengan transaksi penipuan yang tidak terdeteksi oleh data subjektif yang diberikan oleh Pihak Pertama.
  9. LISENSI DAN KEKAYAAN INTELEKTUAL
    1. Dengan tunduk pada syarat-syarat dalam Ketentuan ini, Pihak Pertama dengan ini memberikan kepada Pihak Kedua dan Pihak Kedua dengan ini menerima dari Pihak Pertama suatu lisensi pribadi, terbatas, non-eksklusif, tidak dapat dipindahtangankan, dan hak untuk menggunakan API Pihak Pertama dan yang Dokumentasi Layanan yang bersangkutan untuk tujuan berikut:
      1. melakukan instalasi dan menggunakan API pada sejumlah mesin, sebanyak yang secara wajar diperlukan (mesin tersebut adalah dan harus dipelihara di fasilitas yang dimiliki, dibawah penguasaan, atau disewa oleh Pihak Kedua) untuk menggunakan Layanan tersebut dengan tujuan melakukan transaksi dengan Pengguna-pengguna Akhir;
      2. menggunakan Dokumentasi Layanan yang menyertainya hanya dengan maksud menggunakan API dan Layanan; dan
      3. membuat sejumlah salinan API dan Dokumentasi Layanan yang diperlukan, dengan semua pemberitahuan hak cipta yang lengkap, hanya untuk tujuan arsip.
    2. Dengan tunduk pada syarat-syarat Ketentuan ini, Pihak Pertama dengan ini memberikan Lisensi bebas royalti yang tidak terbatas, tidak eksklusif, tidak dapat dipindahtangankan kepada Pihak Kedua untuk menggunakan merek dagang dan merek layanan Pihak Pertama (secara keseluruhan disebut "Materi Iklan"; dengan ketentuan bahwa Pihak Kedua setuju untuk mengubah, dengan biaya Pihak Kedua, setiap Materi Iklan yang Pihak Pertama, dalam penilaiannya sendiri, tentukan sebagai tidak tepat, tidak pantas, menyesatkan, atau menyalahgunakan merek dagang dan/atau merek layanan Pihak Pertama. Pihak Kedua, atas permintaan tertulis dari Pihak Pertama, akan segera menghentikan penggunaan Materi Iklan yang oleh Pihak Pertama dianggap melanggar Klausul ini 9.2. Tanpa mengesampingkan ketentuan apapun dalam Ketentuan ini, maka lisensi tersebut harus dicabut segera dan secara otomatis setelah penghentian Perjanjian Layanan. Pihak Kedua tidak akan menambah pada, menghapus dari, atau memodifikasi Materi Iklan, Dokumentasi Layanan atau formulir yang disediakan oleh Pihak Pertama tanpa persetujuan tertulis dari Pihak Pertama.
    3. Pihak Kedua mengakui dan menyetujui bahwa kecuali hak dan lisensi yang secara tegas diberikan kepada Pihak Kedua dalam Kondisi ini, antara Pihak Kedua dan Pihak Pertama, Pihak Pertama akan mempertahankan semua hak, kepemilikan dan kepentingan dalam dan terhadap Layanan-layanan, API, Dokumentasi Layanan, dan turunan apapun dari hal tersebut di atas ("IP Pihak Pertama"); dan, tidak ada yang terkandung dalam Perjanjian Layanan atau Kondisi ini harus ditafsirkan sebagai pemberian pada Pihak Kedua oleh implikasi, operasi hukum, estoppel, atau sebaliknya, lisensi atau hak lainnya. Pihak Kedua tidak boleh: (i) menggunakan, mereproduksi, mendistribusikan, atau mengizinkan orang lain untuk menggunakan, mereproduksi, atau mendistribusikan salah satu dari IP Pihak Pertama untuk tujuan selain yang ditentukan dalam Kondisi ini; (ii) membuat IP Pihak Pertama tersedia bagi pihak ketiga yang tidak berwenang; (iii) menyewakan, mendistribusikan secara elektronik, timeshare atau memasarkan IP Pihak Pertama dengan kabel interaktif, layanan pemrosesan jarak jauh, biro jasa atau lainnya; atau, (iv) secara langsung atau tidak langsung memodifikasi, merekayasa balik, mendekompilasi, membongkar, atau mendapatkan kode sumber dari salah satu IP Pihak Pertama.
  10. PERNYATAAN DAN JAMINAN
    1. Pernyataan dan jaminan Pihak Pertama adalah sebagai berikut:
      1. Layanan-layanan dan API yang diberikan kepada Pihak Kedua berdasarkan perjanjian ini akan sesuai dengan spesifikasi yang tercantum dalam Dokumentasi Layanan-layanan yang berlaku, sebagaimana dapat diubah dari waktu ke waktu atas kebijakan mutlak Pihak Pertama, dan dalam Perjanjian Layanan.
      2. Pihak Pertama menyatakan dan menjamin lebih lanjut bahwa Pihak Pertama akan mematuhi semua hukum, peraturan dan perundang-undangan yang berlaku dan (bila berlaku) peraturan utama perusahaan kartu yang mengatur keamanan data Pengguna Akhir, termasuk, namun tidak terbatas pada, Standar Keamanan Data Industri Kartu Pembayaran.
      3. Jaminan-jaminan sebelumnya tidak akan berlaku jika: (i) suatu produk, layanan, atau pelaksanaan kewajiban yang dalam Kondisi ini digunakan dalam variasi material dengan Perjanjian Layanan, Ketentuan ini atau dokumentasi yang berlaku; (ii) suatu produk, layanan, atau pelaksanaan kewajiban yang dilisensikan dalam Ketentuan ini ini atau bagiannya telah dimodifikasi tanpa persetujuan tertulis dari Pihak Pertama; atau, (iii) cacat pada produk, layanan, atau pelaksanaan kewajiban apa pun yang diberikan dalam Perjanjian Layanan ini disebabkan oleh malfungsi peralatan dari Pihak Kedua atau perangkat lunak pihak ketiga lainnya.
      4. Dalam hal Pihak Kedua mengetahui bahwa setiap produk, layanan, atau pelaksanaan kewajiban tidak sesuai dengan pernyataan dan jaminan yang ditetapkan dalam Ketentuan 10.1 (a) dan Ketentuan 10.1 (b) dan melaporkan ketidaksesuaian tersebut dengan Pihak Pertama, Pihak Pertama akan, dengan kebijaksanaan Pihak Pertama, (i) menjalankan upaya yang secara komersial wajar untuk memperbaiki ketidaksesuaian tanpa biaya tambahan kepada Pihak Kedua, atau (ii) membayar kembali biaya yang dibayarkan untuk Produk, layanan, atau pelaksanaan kewajiban yang tidak sesuai dalam waktu sembilan puluh (90) hari sebelum penemuan Pihak Kedua tentang ketidaksesuaian tersebut. Upaya pemulihan yang disebutkan dalam ayat ini merupakan upaya pemulihan tunggal dan eksklusif Pihak Kedua dan seluruh tanggung jawab Pihak Pertama dalam Ketentuan 10.1 (a) dan Ketentuan 10.1 (b).
      5. Pihak Pertama menyatakan dan menjamin bahwa ia tidak akan menggunakan atau mengungkapkan data unik Pengguna Akhir yang tidak umum yang diajukan oleh Pihak Kedua kecuali jika diperlukan (i) untuk menyediakan Layanan kepada Pihak Kedua berdasarkan perjanjian ini, (ii) untuk menyediakan layanan pengecekan penipuan secara umum tanpa mengungkapkan informasi Pengguna Akhir yang dapat diidentifikasi secara pribadi, atau, (iii) sebagaimana diizinkan atau diwajibkan oleh hukum.
    2. Perwakilan dan jaminan Pihak Kedua adalah sebagai berikut:
      1. Pihak Kedua menyatakan dan menjamin bahwa: (i) ia memiliki semua hak, kekuasaan dan kemampuan yang diperlukan untuk melaksanakan Perjanjian Layanan dan untuk melaksanakan kewajibannya di dalamnya (termasuk namun tidak terbatas pada Ketentuan-Ketentuan); (ii) tidak ada otorisasi atau persetujuan dari pihak ketiga yang diperlukan sehubungan dengan eksekusi, penyampaian atau pelaksanaan Perjanjian LayananPerjanjian Layanan dari Pihak Kedua; (iii) Perjanjian Layanan merupakan kewajiban hukum, yang berlaku dan mengikat, dan dapat dilaksanakan untuk Pihak Kedua sesuai dengan ketentuannya, dan tidak melanggar perjanjian lain yang mengikat Pihak Kedua; dan (iii) hal ini dilakukan dan akan mematuhi hukum, peraturan, dan regulasi yang berlaku.
      2. Pihak Kedua selanjutnya mewakili dan menjamin bahwa pemasangan, konfigurasi, dan penggunaan Jasa dan API harus sesuai dengan spesifikasi yang tercantum dalam Dokumentasi Jasa yang berlaku dan persyaratan di dalam Perjanjian Layanan dan khususnya (jika berlaku) spesifikasi yang tercantum dalam dokumentasi jasa atau persyaratan dan ketentuan lainnya oleh pemberi lisensi pihak ketiga dari Pihak Pertama, sebagaimana ditetapkan oleh Pihak Pertama dan yang digabungkan dari refensi dalam Perjanjian ini.
      3. Pihak Kedua selanjutnya menyatakan dan menjamin bahwa, sebelum mengirim informasi Pengguna Akhir kepada Pihak Pertama, ia akan memberikan semua pengungkapan yang wajar dan/atau mendapatkan semua persetujuan yang diperlukan dari setiap Pengguna Akhir mengenai pengungkapan dan penggunaan yang dimaksud dari data Pengguna Akhir.
      4. Pihak Kedua selanjutnya menyatakan dan menjamin bahwa (i) ia memiliki semua hak dan otorisasi yang diperlukan untuk produk atau jasa, penjualan atau distribusi dimana Pihak Kedua menggunakan Jasa tersebut, (ii) Pihak Kedua melakukan dan akan mematuhi semua hukum dan peraturan yang berlaku terkait dengan penggunaan Jasa, dan (iii) tidak ada satu pun produknya melanggar hak atas Kekayaan Intelektual dari pihak ketiga manapun dan tidak dan tidak mengandung konten apapun yang melanggar hukum yang berlaku, peraturan atau hak pihak ketiga.
      5. Pihak Kedua menyatakan dan menjamin bahwa Pihak Kedua mematuhi semua undang-undang dan batasan dan peraturan ekspor yang berlaku dan bahwa tidak ada satupun produk atau Jasa yang diekspor atau diimpor dari dan tidak terlibat dan tidak melakukan transaksi dengan (i) setiap negara atau orang, perusahaan nasional atau yang termasuk negara dimana AS telah melakukan embargo barang termasuk, namun tidak terbatas, Iran, Kuba, Suriah dan Korea Utara; (ii) setiap orang di daftar Departemen Keuangan A.S dari Warga Negara yang Ditunjuk Khusus atau Daftar Orang yang Ditolak dari Departemen Perdagangan A.S.; atau (iii) negara atau orang, nasional atau perusahaan mana pun yang dikenai sanksi oleh Republik Indonesia, Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa, Uni Eropa, Yang Mulia Ratu dari Kerajaan Inggris atau negara-negara lain.
      6. Pihak Kedua selanjutnya menyatakan dan menjamin bahwa dirinya tidak terlibat dan tidak melakukan tindakan selanjutnya untuk mendapatkan tawaran, pembayaran, janji untuk membayar, atau memberi otorisasi atau persetujuan atas pembayaran atau pemberian uang, harta benda, hadiah atau hal lain yang bernilai, secara langsung atau tidak langsung, kepada "pegawai pemerintah" (termasuk pejabat atau pegawai pemerintah atau badan milik pemerintah atau entitas yang dikendalikan atau organisasi internasional publik, atau orang yang bertindak dalam kapasitas resmi untuk atau atas nama salah satu dari hal tersebut di atas, atau partai politik atau pejabat partai atau kandidat untuk jabatan politik) untuk mempengaruhi tindakan resmi atau mendapatkan keuntungan yang tidak semestinya; dan Pihak Kedua telah menjalankan bisnisnya sesuai dengan undang-undang, peraturan perundangan dan peraturan anti-korupsi yang berlaku dan tidak memiliki pelanggaran berdasarkan U.S. Foreign Corrupt Practices Act of 1977, 2010 UK Bribery Act 2010 atau undang-undang atau peraturan serupa dari yurisdiksi lainnya.
      7. Pihak Kedua selanjutnya menyatakan dan menjamin bahwa tidak ada karyawan, pejabat, direktur, atau pemilik tidak langsung dari Pihak Kedua, adalah pejabat pemerintah, pejabat partai politik atau kandidat partai politik, atau anggota keluarga dekat pejabat tersebut atau kandidat, sehingga salah satu pihak akan melanggar undang-undang, peraturan, atau peraturan yurisdiksinya dalam pelaksanaan dan kinerjanya berdasarkan Perjanjian Layanan. Jika selama masa Perjanjian Layanan ada perubahan dalam informasi yang terdapat dalam Ketentuan ini, Pihak Kedua setuju dan berjanji untuk segera menyampaikan pemberitahuan kepada Pihak Pertama.
      8. Pihak Kedua menyatakan dan menjamin bahwa operasional Pihak Kedua dilakukan dan telah dilakukan setiap saat sesuai dengan persyaratan pencatatan dan pelaporan keuangan yang berlaku dan undang-undang pencucian uang di Republik Indonesia dan semua yurisdiksi lainnya dimana Pihak Kedua melakukan bisnis atau operasi, peraturan dan peraturan di bawahnya dan peraturan, pedoman atau pedoman terkait atau sejenis lainnya, yang dikeluarkan, diatur atau diberlakukan oleh badan pemerintah atau diawali oleh atau sebelum pengadilan atau lembaga pemerintah (secara keseluruhan disebut "Undang-Undang Pencucian Uang") dan tidak ada tindakan, gugatan atau tuntutan oleh atau sebelum pengadilan atau badan pemerintah, otoritas atau badan atau arbiter yang melibatkan Pihak Kedua sehubungan dengan Undang-Undang Pencucian Uang sedang menunggu dan, sepengetahuan dari Pihak Kedua, tidak ada tindakan, tuntutan atau proses ditunda, diancam atau direncanakan.
  11. PERNYATAAN-PERNYATAAN
    1. Kecuali sebagaimana dinyatakan secara tegas dalam Perjanjian Layanan atau Ketentuan ini, produk dan jasa yang diberikan di bawah ini disediakan "apa adanya" dengan segala kesalahan dan tanpa pernyataan atau jaminan apapun. Seluruh risiko terhadap kualitas, kinerja, ketepatan, dan usaha yang memuaskan ditanggung Pihak Kedua. Penolakan garansi ini berlaku bagi Pengguna Akhir dan pengguna produk dan jasa Pengguna Akhir, menggantikan semua jaminan dan ketentuan baik dinyatakan, tersirat, atau berdasarkan undang-undang, Pihak Pertama dengan ini secara khusus mengecualikan, sejauh diizinkan menurut undang-undang, setiap pernyataan, persyaratan atau garansi, dinyatakan maupun tersirat, berkenaan dengan produk atau jasanya, termasuk jaminan tersirat tentang kelayakan jual, kesesuaian untuk tujuan, judul, dan pelanggaran tertentu berkenaan dengan produk dan jasa, dan apapun Jaminan tersirat yang timbul dari jalannya transaksi atau dalam pelaksanaannya.
    2. Pihak Kedua mengakui bahwa Pihak Pertama bukan lembaga keuangan. Setiap Pihak Pertama dan Afiliasinya bertanggung jawab hanya untuk pengiriman data dan/atau menfasilitasi transfer dana untuk melaksanakan atau mengarahkan pembayaran, otorisasi pembayaran atau layanan keuangan tertentu dan tidak bertanggung jawab atas perbuatan atau tindakan pihak ketiga, termasuk namun tidak terbatas pada (a) pengoperasian situs penyedia jasa internet ("ISP"), bank, pengelola keuangan, atau lembaga keuangan lainnya, (b) ketersediaan atau pengoperasian sistem operasi ISP, bank, pengelola keuangan atau lembaga keuangan lainnya, dan tidak bertanggung jawab atas keuangan atau non-keuangan (baik secara langsung atau tidak langsung) Kerugian atau setiap konsekuensi lainnya yang diderita atau timbul terhadapPihak Kedua sehubungan dengan kesalahan, kelalaian, kegagalan, keterlambatan atau kerusakan ISP, bank, pengelola keuangan atau lembaga keuangan lainnya.
    3. Pihak Kedua mengakui dan menegaskan bahwa ia menanggung semua risiko pengumpulan, termasuk namun tidak terbatas pada, penipuan kartu kredit dan jenis penipuan lainnya, sehubungan dengan penjualan produk atau jasanya.
    4. Pihak Kedua mengakui dan menegaskan bahwa Pihak Pertama tidak bertanggung jawab untuk mengakui jika ada pembelian, penjualan, sumbangan, pesanan, atau transaksi pembelian tertentu (masing-masing "Transaksi") sehubungan dengan Pihak Kedua adalah akurat atau benar, atau khas untuk bisnisnya. Pihak Kedua sepenuhnya bertanggung jawab untuk mengakui apakah Transaksi yang dilakukan oleh Pengguna Akhir salah atau mencurigakan (termasuk, namun tidak terbatas pada, pembelian yang tidak biasa atau besar, atau permintaan pengiriman yang tidak lazim ke negara asing). Pihak Kedua mengakui, menyetujui dan berjanji untuk melakukan pemeriksaan yang wajar terhadap Transaksi yang tampak mencurigakan dan/atau salah, dan jika perlu, hubungi Pengguna Akhir sehubungan dengan Transaksi yang mencurigakan atau salah tersebut sebelum memenuhi atau menyelesaikan Transaksi. Pihak Kedua sepenuhnya bertanggung jawab atas kerugian yang terjadi karena Transaksi yang salah atau salah sehubungan dengan penggunaan Jasa, dan Pihak Pertama tidak bertanggung jawab atau berkewajiban sehubungan dengan hal yang sama.
    5. Pihak Kedua hanya akan menggunakan Layanan untuk transaksi yang sah dengan Pengguna Akhir. Pihak Kedua bertanggung jawab atas hubungannya dengan Pengguna Akhir, dan Pihak Pertama dan Afiliasinya tidak bertanggung jawab atau memiliki kewajiban dalam bentuk apapun atas produk atau jasa yang dipublikasikan atau dijual oleh Pihak Kedua, atau dibeli oleh Pengguna Akhir dari Pihak Kedua menggunakan Layanan; atau jika Pihak Kedua menerima sumbangan, untuk komunikasi Pihak Kedua kepada Pengguna Akhir untuk tujuan penggunaan sumbangan tersebut. Pihak Kedua mengakui dan menegaskan bahwa hal itu semata-mata bertanggung jawab atas sifat dan kualitas produk atau jasa yang diberikan olehnya, dan untuk pengiriman, dukungan, pengembalian uang, pengembalian, dan jasa tambahan lainnya yang diberikan kepadanya kepada Pengguna Akhir, dan bahwa Pihak Pertama dan Afiliasinya tidak memiliki tanggung jawab atau kewajiban apapun sehubungan dengan hal yang sama. Pihak Pertama memiliki hak untuk mengakhiri Layanan dan Perjanjian Layanan segera setelah dugaan yang wajar bahwa Pihak Kedua terlibat dalam suatu transaksi(-transaksi) illegal dengan Pengguna Akhir dan/atau usaha illegal dan tidak akan bertanggung jawab atau memiliki kewajiban atas Kerugian yang muncul sehubungan dengan transaksi tersebut atau sehubungan dengan pihak manpun (termasuk, namun tanpa batasa, Pihak Kedua dan/atau Pengguna Akhir).
    6. Pihak Kedua memahami dan menyetujui (i) bahwa baik Pihak Pertama maupun pemberi lisensi pihak ketiga dapat menjamin ketepatan tarif pajak yang diperoleh dari otoritas yang mengenakan pajak, dan, (ii) bahwa Pihak Kedua menanggung tanggung jawab utama untuk pembayaran pajak yang benar yang berlaku untuk penjualan produk atau jasa Pihak Kedua.
    7. Untuk menghindari keraguan, Pihak Pertama tidak membuat suatu pernyataan, jaminan atau garansi sehubungan dengan kualitas, keaslian, kelayakan, ataupun pernyataan apapuhn sehubungan dengan sifat apapun dari barang atau layanan yang diberikan atau disediakan oleh Pihak Kedua dan tidak akan bertanggung jawab atau berkewajiban untuk suatu tuntutan sehubungan dengan hal tersebut atau sehubungan dengan pihak manapun (termasuk, namun tanpa batasan, setiap Pengguna Akhir).
  12. PEMBERIAN GANTI RUGI DAN TANGGUNG JAWAB
    1. Ganti Rugi Pihak Pertama: Pihak Pertama harus melindungi, mengganti kerugian dan menanggung, atas biaya sendiri, Pihak Kedua, afiliasinya dan masing-masing direktur, pejabat, karyawan dan perwakilan masing-masing, dan penerus dan penugasannya di atas (masing-masing, sebuah "Pihak Kedua Penerima Ganti Rugi") terhadap penyebab tindakan, klaim, gugatan, proses hukum, atau tindakan berdasarkan peraturan yang diajukan terhadap Pihak Kedua Penerima Ganti Rugi dan Kerugian (termasuk biaya dan pengeluaran yang wajar untuk penasihat hukum dan konsultan lainnya, biaya pengadilan, dan biaya-biaya penyelesaian perselisihan lainnya) yang diderta atau muncul oleh Pihak Kedua Penerima Ganti Rugi, sejauh tindakan tersebut didasarkan atau timbul dari klaim bahwa jasa atau produk Pihak Pertama melanggar hak kekayaan intelektual, paten, perdagangan rahasia, atau hak kekayaan intelektual lainnya dari pihak ketiga. Apabila suatu produk atau jasa dari Pihak Pertama menjadi, atau berdasarkan penilaian wajar Pihak Pertama diperkirakan sangat mungkin untuk menjadi subjek dari gugatan atas pelanggaran hak kekayaan ontelektual, Pihak Pertama dapat, berdasarkan pilihannya (i) memperoleh hak dari Pihak Kedua dan Pelanggannya untuk tetap menggunakan produk atau Jasa; (ii) mengganti atau mengubah produk dan layanan Pihak Pertama sehingga tidak lagi atau memperkecil kemungkinan bahwa produk atau jasa tersebut dianggap melanggar; atau (iii) apabila pilihan-pilihan sebelumnya secara komersial tidak memungkinkan, mengakhiri Perjanjian ini.
    2. Ganti Rugi Pihak Kedua: Pihak Kedua harus melindungi, mengganti kerugian dan menanggung, atas biaya sendiri, Pihak Pertama, afiliasinya dan masing-masing direktur, pejabat, karyawan dan perwakilan masing-masing, dan penerus dan penugasannya di atas (masing-masing, sebuah "Pihak Pertama Penerima Ganti Rugi") terhadap penyebab tindakan, klaim, gugatan, proses hukum, atau tindakan berdasarkan peraturan yang diajukan terhadap Pihak Kedua Penerima Ganti Rugi dan Kerugian (termasuk biaya dan pengeluaran yang wajar untuk penasihat hukum dan konsultan lainnya, biaya pengadilan, dan biaya-biaya penyelesaian perselisihan lainnya) yang diderta atau muncul oleh Pihak Kedua Penerima Ganti Rugi, sejauh tindakan tersebut didasarkan atau timbul dari (i) suatu layanan atau produk lain dari Pihak Kedua yang melanggar hak cipta, paten, rahasia dagang, atau hak kekeayaan intelektual pihak ketiga; (ii) suatu pelanggaran oleh Pihak Kedua atas suatu syarat, ketentuan, pernyataan dan jaminan yang dituangkan dalam Perjanjian Layanan dan Ketentuan ini; atau (iii) pemanfaatan Layanan ini oleh Pihak Kedua atau Pengguna Akhir tidak sesuai dengan suatu ketentuan dalam Perjanjian Layanan atau Ketentuan ini atau melanggar suatu peraturan mengenai pelrindungan data, Peraturan jaringan, atau hukum, aturan, atau regulasi lain yang berlaku.
    3. Pihak yang akan mengganti kerugian ("Pihak Pemberi Ganti Rugi") akan memberikan ganti rugi terhadap Pihak yang meminta ganti rugi ("Pihak Penerima Ganti Rugi") dari tuntutan tersebut dengan ketentuan bahwa Pihak Penerima Ganti Rugi segera memberitahukan secara tertulis dan dalam hal apapun selambat-lambatnya tiga (3) hari kerja setelah Pihak Penerima Ganti Rugi mengetahuo tuntutan tersebut (dengan ketentuan bahwa kegagalan untuk memberitahukan tidak akan mempengaruhi hak Pihak Penerima Ganti Rugi untuk menerima ganti rugi di bawah ini kecuali, dan hanya sejauh Pihak Pemberi Ganti Rugi benar-benar berprasangka secara demikian). Pihak Pemberi Ganti Rugi dapat menolak penyelesaian apapun yang melibatkan pembalasan yang bersifat sementara atau setara yang mempengaruhi Pihak Penerima Ganti Rugi atau pengakuan utang oleh Pihak Penerima Ganti Rugi tanpa menerima persetujuan tertulis dari Pihak Penerima Ganti Rugi.
    4. Pihak Pertama tidak bertanggung jawab kepada Pihak Kedua atas klaim berdasarkan:
      1. setiap dan semua Kerugian yang dikeluarkan oleh Pihak Kedua sehubungan dengan produk atau jasa dari Pihak Pertama yang telah dimodifikasi oleh pihak-pihak selain Pihak Pertama;
      2. setiap dan semua Kerugian yang timbul oleh Pihak Kedua sehubungan dengan penggunaan produk atau jasa Pihak Pertama oleh Pihak Kedua bersamaan dengan data yang menggunakan data tersebut menimbulkan klaim pelanggaran;
      3. setiap dan semua Kerugian yang dikeluarkan oleh Pihak Kedua sehubungan dengan kegagalan Pihak Kedua untuk memasang pembaharuan (upgrade) atau tambalan yang disediakan oleh Pihak Pertama dimana pembaharuan (upgrade) atau patch tersebut dapat menghindari Kerugian tersebut;
      4. setiap dan semua Kerugian yang dikeluarkan oleh Pihak Kedua sehubungan dengan penggunaan produk atau jasa Pihak Kedua oleh Pihak Kedua dengan cara yang tidak sesuai dengan Dokumentasi Jasa yang diberikan oleh produk atau jasa tersebut;
      5. penggunaan produk atau jasa Pihak Pertama oleh Pihak Kedua dengan perangkat lunak atau perangkat keras yang tidak diizinkan oleh Pihak Pertama, jika menggunakan perangkat lunak atau perangkat keras lain tersebut menimbulkan Kerugian yang disebabkan oleh Pihak Kedua,
      6. setiap dan semua Kerugian ang disebabkan oleh Pihak Kedua sehubungan dengan tidak adanya lisensi atau izin apapun sehubungan dengan kegiatan usaha dan operasi Pihak Kedua;
      7. setiap dan semua Kerugian yang dikeluarkan oleh Pihak Kedua sehubungan dengan klaim yang terkait dengan pelanggaran terhadap kekayaan intelektual yang dilakukan oleh Pihak Kedua; dan
      8. kerugian, denda, biaya, dan biaya klaim lainnya (termasuk diantaranya, biaya penasihat hukum dan profesional), dan kerugian yang diderita atau dibuat oleh Pihak Kedua sebagai akibat dari perbuatan melawan hukum gugatan (termasuk, antara lain, kelalaian dan kekeliruan), pelanggaran kewajiban perundang-undangan, kecurangan, penafsiran yang salah, kerusakan yang disengaja terhadap benda atau orang lain atau kesalahan lain yang disengaja atau tidak sengaja, dalam setiap kasus, yang berasal atau disebabkan oleh Pihak Kedua atau salah satu karyawan, direktur, petugas, perwakilan, agen atau afiliasinya.
    5. Dalam keadaan apapun (i), Pihak Pertama atau pemberi lisensi pihak ketiga lainnya tidak bertanggung jawab kepada Pihak Kedua atas kerugian atau biaya yang tidak langsung, tidak wajar, konsekuensial, khusus atau patut dicontoh atau kerugian yang diderita atau terjadi (walaupun Pihak Pertama atau salah satu dari pemberi lisensi pihak ketiga telah diberitahu tentang kemungkinan kerugian tersebut dan terlepas dari apakah masing-masing mengetahui atau memiliki alasan untuk mengetahui kemungkinan kerugian, cidera atau kerusakan yang dimaksud), termasuk, namun tidak terbatas pada, kehilangan pendapatan, keuntungan, itikad baik atau bisnis, penghematan yang diantisipasi, kehilangan reputasi, biaya keterlambatan, biaya data atau dokumentasi yang hilang atau rusak, atau utang pihak tersebut kepada pihak ketiga dari sifat yang timbul dari sumber manapun; atau (ii) seluruh tanggung jawab Pihak Pertama atau pemberi lisensi pihak ketiga kepada Pihak Kedua sehubungan dengan Perjanjian Layanan atau materi pokoknya, Ketentuan atau jasa ini berdasarkan kontrak, gugatan, kelalaian, ketat kewajiban atau teori hukum atau pemerataan lainnya, melebihi biaya yang dibayarkan atau dibayarkan kepada Pihak Pertama oleh Pihak Kedua berdasarkan Perjanjian Layanan atau (dalam kasus perselisihan yang melibatkan pemberi lisensi pihak ketiga dari Pihak Pertama) biaya yang dibayarkan atau dibayar kepada pemberi lisensi pihak ketiga tersebut selama periode enam bulan segera sebelum tanggal timbulnya tindakan selama jangka waktu enam bulan segera sebelum tanggal penyebab tindakan timbul.
    6. Pengecualian dan keterbatasan Ketentuan 12 di atas tidak berlaku untuk kewajiban di bawah ini mengenai ganti rugi atas pelanggaran hak kekayaan intelektual pihak ketiga oleh Pihak Kedua atau atas utang yang timbul karena cedera fisik atau kematian seseorang oleh Pihak manapun.
  13. INFORMASI RAHASIA
    1. Setiap Pihak ("Pihak Penerima") dengan ini menyetujui (i) untuk menjaga Informasi Rahasia Pihak lainnya ("Pihak Yang Mengungkapkan") dengan sangat ketat dan melakukan tindakan pencegahan yang wajar untuk melindungi Informasi Rahasia tersebut (termasuk, namun tidak terbatas atas semua tindakan pencegahan Pihak Penerima untuk menggunakan materi rahasia sendiri), (ii) tidak membocorkan Informasi Rahasia semacam itu atau informasi apapun yang diperoleh dari orang ketiga kecuali yang diperlukan untuk menyediakan atau menggunakan Jasa tersebut, (iii) tidak membuat setiap penggunaan apapun pada waktu Informasi Rahasia semacam itu kecuali sebagaimana dimaksud dalam ayat ini, dan (iv) bahwa setiap karyawan atau pihak ketiga yang diberi akses terhadap Informasi Rahasia semacam itu harus memiliki "kebutuhan untuk mengetahui" yang sah dan harus terikat secara tertulis untuk mematuhi kewajiban kerahasiaan Pihak Penerima, baik secara umum maupun khusus terhadap Perjanjian Layanan atau Ketentuan ini.
    2. Kecuali jika diatur dalam Perjanjian Layanan atau Ketentuan ini, dalam waktu tiga puluh (30) hari kalender setelah penghentian Perjanjian Layanan, Pihak Penerima harus memusnahkan semua materi yang merupakan Informasi Rahasia dan/atau Kekayaan Intelektual dari Pihak Yang Mengungkapkan dan memberikan kepada sertifikasi tertulis kepada Pihak Yang Mengungkapkan yang ditandatangani oleh petugas yang berwenang atau perwakilan dari Pihak Penerima bahwa semua informasi tersebut telah dimusnahkan. Terlepas dari hal tersebut di atas, masing-masing pihak dapat menyimpan Informasi Rahasia yang (i) disimpan pada arsip atau file cadangan atau (ii) diperlukan untuk mematuhi peraturan perundang-undangan, peraturan perusahaan kartu yang berlaku atau kewajibannya sesuai dengan Perjanjian Layanan (termasuk Ketentuan ini), dengan ketentuan bahwa pihak tersebut terus menjaga kerahasiaan Informasi Rahasia tersebut sesuai dengan persyaratan dalam Perjanjian Layanan dan Ketentuan-Ketentuan.
    3. Meskipun ada ketentuan dalam Perjanjian Layanan atau Ketentuan-Ketentuan yang bertentangan, masing-masing Pihak dapat mengungkapkan Informasi Rahasia dari Pihak lain sepanjang hal tersebut harus diungkapkan sesuai dengan perintah atau kewajiban yang sah dari badan pemerintah atau pengadilan yurisdiksi yang kompeten, dengan ketentuan bahwa pemilik Informasi Rahasia harus diberi pemberitahuan yang masuk akal tentang keleluasaan tatanan atau persyaratan tersebut dan kesempatan untuk mengajukan perlawanan.
    4. Untuk menghindari keraguan dan tanpa mengesampingkan ketentuan sebelumnya, masing-masih Pihak berhak untuk mengungkapkan keberadaan hubungan antara Pihak Pertama dan Pihak Kedua yang muncul berdasarkan hal ini dan dapat meliputi nama, nama dagang, merek dagang, atau simbol dari Pihak lainnya dalam material publikasi tanpa perlu persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Pihak lainnya.
  14. LAIN-LAIN
    1. Para Pihak harus melaksanakan semua tugasnya berdasarkan Perjanjian Layanan (termasuk Ketentuan-Ketentuan ini) sebagai kontraktor independen. Tidak satu pun dalam Perjanjian Layanan yang dapat ditafsirkan untuk memberi salah satu Pihak kuasa untuk mengarahkan atau mengendalikan kegiatan sehari-hari atas Pihak lainnya, atau menjadi Pihak sebagai prinsipal dan agen, pemberi kerja dan karyawan, pemberi waralaba dan penerima waralaba, mitra, ventura bersama, pemilik bersama, ataupun sebagai peserta dalam tanggung jawab bersama. Para Pihak memahami dan menyetujui bahwa, kecuali sebagaimana ditentukan secara khusus dalam Perjanjian Layanan, tidak ada Pihak yang memberi Pihak lain kuasa atau wewenang untuk membuat atau memberikan persetujuan, pernyataan, perwakilan, garansi, atau komitmen lainnya atas nama Pihak lainnya, atau untuk menandatangani kontrak atau menimbulkan utang atau kewajiban apapun, tersurat maupun tersirat, atas nama Pihak lainnya, atau untuk mengalihkan, melepaskan, atau mengecualikan hak, atau kepentingan dari Pihak lain tersebut.
    2. Dalam melaksanakan Layanan manapun berdasarkan Perjanjian Layanan dan Ketentuan-Ketentuan, dari waktu ke waktu, sejauh diizinkan berdasarkan hukum, Pihak Kedua dengan ini menyetujui untuk mengizinkan Pihak Pertama, atas kebijaksanaan Pihak Pertama, untuk mendelegasikan tugas dan kewajibannya berdasarkan Perjanjian Layanan ini kepada Afiliasinya yang manapun.
    3. Syarat dan Ketentuan ini ditampilkan dalam versi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Untuk mematuhi Undang-Undang Republik Indonesia No. 24 Tahun 2009 tertanggal 9 Juli 2009 tentang bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan ("UU No. 24"), Para Pihak setuju versi Bahasa Indonesia dari Syarat dan Ketentuan ini akan dianggap sebagai suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dari versi Bahasa Inggris. Dalam hal suatu kerancuan, keraguan atau inkonsistensi antara teks Bahasa Inggris dan teks Bahasa Indonesia, atau jika terdapat perselisihan sehubungan dengan makna atau interpretasi dari ketentuan-ketentuan tertentu, Para Pihak dengan ini setuju bahwa versi Bahasa Indonesia akan dianggap dengan sendirinya diubah untuk menyesuaikan dengan versi Bahasa Inggris. Setiap Pihak selanjutnya setuju bahwa tidak ada Pihak akan dengan cara atau forum apapun, atau dalam yurisdiksi manapun, membantah keabsahan, atau mengajukan keberatan terhadap, Syarat dan Ketentuan ini atau transaksi-transaksi yang dimaksud dalam Perjanjian ini atas dasar ketidakpatuhan terhadap UU No. 24.